Sate Padang mungkin menjadi salah satu makanan favorit banyak orang. Sate Padang paling enak dinikmati selagi hangat. Biasanya sate ini dinikmati dengan potongan ketupat dan juga kerupuk kulit. Nyam!

Buat kamu pecinta Sate Padang, kira-kira berapa ya kalori Sate Padang ini? Mengingat bahan utama sate ini adalah daging sapi dan kuah kental, apakah mengonsumsi sate ini bikin gagal diet? Daripada bingung, yuk simak ulasannya berikut ini!

Sekilas tentang Sate Padang

berapa kalori sate padang

Sate padang sendiri berasal dari Sumatera Barat. Meski begitu, kamu bisa menemukan warung Sate Padang menjamur di berbagai wilayah di Indonesia. Bahkan banyak warung sate padang yang satenya sudah tidak lagi dibuat oleh orang Padang langsung, lho.

Jika kamu salah satu pecinta nasi padang, kamu tidak bisa memikirkan enaknya saja. Kamu juga harus tahu apa saja kandungan nutrisi dan berapa kalori Sate Padang dalam satu porsi.

Jika ternyata kalorinya tinggi dan kamu makan dalam jumlah besar, ini bisa merusak pola diet kamu, lho! Jadi, berapa kalori sate padang sebenarnya? Berikut rinciannya.

Berapa Kalori yang Dibutuhkan Saat Diet? Ternyata Segini!

Kalori Sate Padang

Dikutip dari  Fatsecret, seporsi sate padang mengandung sekitar 161 kalori. Jumlah kalori ini memang tidak terlalu tinggi. Angka tersebut belum termasuk tambahan satu ketupat. Satu ketupat kira-kira memiliki kalori 60-70-an kalori. Jika ditotal kalori Sate Padang dengan ketupat sekitar 230-an kalori. 

Kalori tersebut memang tidak terlalu tinggi. Namun sayang, Sate Padang juga mengandung lemak yang cukup banyak. Seporsinya setara dengan sekitar 38% dari lemak yang dibutuhkan tubuh. Oleh karena itu, konsumsi Sate Padang tetap tidak boleh berlebihan.

Berapa Kalori Nasi Padang? Begini Cara Menyantap Lebih Sehat!

Tips tetap sehat makan daging sate

kalori sate ayam

Meskipun kalorinya tidak terlalu tinggi, namun karena lemaknya yang tinggi membuat kamu wajib membatasi konsumsi makanan ini. Berikut beberapa tips tetap sehat makan daging sate. 

Konsumsi dengan porsi yang pas 

Asupan berlebihan dari Sate Padang dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Jadi, mengonsumsinya dengan porsi yang tepat itu penting. Kamu sebaiknya makan kalori Sate Padang tidak lebih dari 1-2 porsi per minggu untuk menghindari risiko penyakit. 

Ketahui perbandingan nutrisi 

Mengonsumsi Sate Padang ternyata dapat memenuhi kebutuhan nutrisimu. Namun, bukan berarti makanan ini harus dikonsumsi secara berlebihan. Biar tubuh tetap sehat dan tidak memicu penyakit, penting untuk mengetahui perbandingan nutrisi makanan, sehingga kamu tidak mengonsumsinya  secara berlebihan.

Meskipun kandungan protein dalam kalori Sate Padang cukup tinggi, namun lemaknya yang tinggi juga perlu kamu pertimbangkan.  Belum lagi jika Sate Padang ini dimakan bersama dengan lontong atau nasi.

Mengolah dengan tepat 

Jika mau, kamu bisa membuat Sate Padang di rumah dengan mempelajari resep pembuatannya di internet. Dengan demikian, kamu tahu dan bisa mengukur bahan-bahan yang kamu masukkan ke dalamnya.

Konsumsi dengan sayuran

Agar tidak memicu kolesterol tinggi, kamu bisa mengonsumsi sate padang dengan menambahkan sayuran, atau konsumsi buah setelah memakannya. Dengan konsumsi makanan berserat tinggi, tubuhmu bisa memiliki pencernaan yang lebih lancar dan mengurangi penyerapan kolesterol dari daging.

Itu dia beberapa informasi yang perlu kamu ketahui tentang kalori sate padang serta bagaimana cara mengonsumsinya agar tetap sehat. Kamu sendiri pecinta Sate Padang, bukan?

Share artikel ini
Reference