titik pijat refleksi
Gaya Hidup Hidup Sehat

Ini Dia Titik Refleksi Kaki Untuk Asam Urat Yang Redakan Nyeri

Imelda Rahmawati | Maret 27, 2022
Share

Pijat refleksi kaki untuk asam urat merupakan salah satu metode yang bisa kamu gunakan untuk mengurangi sakit asam urat. Asam urat adalah suatu kondisi yang terjadi ketika metabolisme menjadi rusak yang menyebabkan kristal asam urat menumpuk di persendian, paling sering di sekitar jempol kaki. Nah, ada titik refleksi kaki untuk asam urat yang bisa kamu pijat untuk meredakan nyeri.

Pijat refleksi kaki adalah pijat kaki terapeutik yang membantu relaksasi dan menyeimbangkan kondisi tubuh. Titik pijat didasarkan pada pemahaman bahwa ada titik-titik refleks pada kaki yang berhubungan dengan struktur dan fungsi ke berbagai bagian tubuh. Menerapkan tekanan pada refleks ini menggunakan pijatan lembut dapat mempengaruhi keadaan tubuh dalam banyak cara.

Secara umum, pijat refleksi menempatkan tubuh ke keadaan relaksasi yang mendalam yang kemudian merangsang sistem penyembuhan tubuhmu sendiri untuk menjadi lebih aktif. Hal ini berpotensi mempengaruhi proses penyembuhan alami.

Selain itu, pijat refleksi kaki untuk asam urat atau sekedar relaksasi dapat membantu meredakan ketegangan kaki dan perlengketan yang terbentuk saat ada peradangan, memungkinkan gerakan yang lebih leluasa. Pijat memiliki keuntungan besar, tetapi ini bukan pengganti perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk mengatasi kondisi yang menyakitkan dari penyakit asam urat, ya.

Titik refleksi kaki untuk asam urat

Berikut ini adalah titik-titik refleksi kaki untuk asam urat:

  • Di telapak kaki, tepatnya berada di tengah kaki. Ini disebut Ginjal 1. Kamu bisa menekan dengan ibu jari atau menginjak bola golf.
  • Penghubung antara tulang pergelangan kaki bagian dalam dan tendon achilles. Ini disebut Ginjal 3.
  • Lekukan antara tulang pergelangan kaki bagian luar dan tendon achilles. Ini disebut Kandung Kemih 60. Kamu dapat menekan titik-titik ini dengan mencubit di sebelah tendon Achilles.
  • Ada satu lagi di tulang pergelangan kaki bagian dalam. Ini adalah bagian di bawah tulang pergelangan kaki bagian dalam. Ini disebut Ginjal 6.
  • Yang terakhir terletak selebar empat jari dari tulang pergelangan kaki bagian dalam. Jika diukur dari tulang pergelangan kaki, kamu akan menemukan titik ini di tulang kering bagian bawah. Ini disebut Limpa 6 atau SP 6.

Tekan titik-titik ini selama satu menit sembari menarik napas dalam-dalam. Juga, bila kamu tidak memiliki varises, pijat kaki bagian bawah secara teratur terutama jika ada bagian yang nyeri. Ini akan membantu menurunkan kadar asam urat.

Selain dengan jari, kamu bisa menggunakan rolling pin, bola kecil, tongkat halus, dan sebagainya. Pastikan permukaan tidak licin, tajam, atau terlalu kasar untuk mencegah kulit dari luka.

Apakah pijat refleksi untuk asam urat aman?

Harap dicatat, perawatan refleksi akan terlalu menyakitkan selama serangan asam urat, tetapi sangat aman ketika kaki dapat disentuh dengan nyaman sebelum atau sesudah serangan asam urat. Saat kamu menyentuh bagian yang tidak sesuai, selama tidak berlebihan, tidak akan menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.

Tips pijat refleksi yang aman

Supaya hasilnya maksimal, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan:

  1. Cobalah untuk rileks baik tubuh maupun pikiran kamu. Kamu dapat menutup mata dan menarik napas dalam-dalam beberapa kali sebelum memulai.
  2. Temukan tempat yang tepat. Kenali titik pijat yang benar dan pastikan menekan tempat yang tepat. Cobalah untuk menekan di titik tengah rasa sakit. Karena titik pijat sangat kecil, jika tidak merasakan efek apa pun, cobalah tempat lain.
  3. Pijat dengan lembut. Tekan titik-titik tekanan dengan lembut dan hanya selama 1 hingga 3 menit.
  4. Kamu dapat menggunakan ibu jari atau buku jari.
  5. Hindari menekan luka.
Reference
Share