cara berkomunikasi yang baik

cara berkomunikasi yang baik

Komunikasi adalah kunci utama seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari.

Sebab, manusia merupakan makhluk sosial yang membutuhkan bantuan orang lain di dalam kehidupannya. Maka dari itu, cara berkomunikasi yang baik juga sangat dibutuhkan setiap orang.

Nah, di dalam kehidupan sehari-hari, ada beberapa jenis komunikasi juga, lho. Beberapa jenis komunikasi yang perlu kamu ketahui adalah:

  • Komunikasi verbal. Mengirimkan informasi melalui kata-kata seperti berbicara melalui suara atau ucapan.
  • Komunikasi tertulis. Sesuai dengan namanya, jenis komunikasi tertulis ini menyampaikan informasi melalui tulisan. Tulisan yang disampaikan tersebut biasanya melalui media seperti ponsel atau surat.
  • Komunikasi visual. Di sini, komunikasi yang terjalin biasanya akan didukung oleh gambar. Jadi, seseorang yang berkomunikasi dengan jenis visual akan mendapatkan informasi melalui gambar atau video.
  • Komunikasi non-verbal. Sedangkan untuk komunikasi non-verbal, yaitu komunikasi yang berbentuk gestur tubuh atau kontak mata.

Dengan berbagai jenis komunikasi di atas, apakah penting untuk memiliki cara berkomunikasi yang baik? Lalu, bagaimana caranya? Yuk, cari tahu semua jawabannya di artikel ini!

Pentingnya kemampuan komunikasi

Secara sederhana, memiliki cara berkomunikasi yang baik bisa menjadi salah satu hal yang cukup efektif untuk meningkatkan hubungan di lingkungan sekitar.

Nah, hubungan yang terbentuk atas dasar komunikasi yang baik itu biasanya akan lebih kuat juga, lho.

Bahkan, tidak jarang juga kalau komunikasi jadi cara yang sangat penting untuk meningkatkan produktivitas seseorang. Itu dia beberapa pentingnya kemampuan komunikasi di kehidupan sehari-hari.

Manfaat berkomunikasi dengan baik

Namun selain kepentingan tersebut, cara berkomunikasi yang baik juga bisa mendatangkan berbagai manfaat, nih. Terutama, dari sisi hubungan dan lingkungan sekitar.

Agar kamu semakin paham seberapa pentingnya cara berkomunikasi yang baik, cari tahu manfaatnya dahulu, yuk!

1. Membangun kepercayaan

Manfaat utama dalam menyampaikan cara berkomunikasi yang baik adalah mampu membangun kepercayaan seseorang.

Jika kamu berinteraksi dengan orang lain, lalu menjadi pendengar serta memberikan saran dengan sudut pandang terbaik, orang tersebut akan membangun kepercayaannya kepada dirimu secara perlahan.

Lama-kelamaan, kepercayaan tersebut akan terus tumbuh dan kamu bisa menjadi salah satu tangan kanan seseorang, lho. Menarik, bukan?

2. Menyelesaikan masalah atau konflik

Selain menjadi orang yang bisa dipercaya, manfaat dari cara berkomunikasi yang baik adalah bisa menyelesaikan masalah. Sebab, jurus terjitu dalam menyelesaikan masalah adalah dengan berkomunikasi.

Jika komunikasi mampu terjalin dengan baik dan lancar, maka kesalahpahaman yang terjadi pun bisa segera teratasi.

3. Membangun hubungan yang baik

Cara berkomunikasi yang baik juga bisa membangun hubungan baik di antara 2 orang atau lebih, lho. Malahan, komunikasi terbilang menjadi kunci sukses untuk berjalannya sebuah hubungan yang sehat. Baik dari sisi lingkungan, keluarga, pertemanan, pekerjaan, hingga percintaan.

4. Meningkatkan produktivitas

Dalam lingkungan pekerjaan, meningkatkan sisi produktivitas sangatlah penting. Untuk mencapainya, kamu bisa memulai dengan melatih cara berkomunikasi yang baik. Mengapa demikian?

Hal itu dikarenakan komunikasi yang baik bisa membuat karyawan mengerti pekerjaannya secara lebih jelas.

Dengan begitu, sisi produktivitas pun akan meningkat karena tidak adanya kendala besar dalam mengerjakan pekerjaan yang sedang dilakukan.

Dilihat dari berbagai manfaat di atas, ternyata cara berkomunikasi yang baik bisa membuat seseorang lebih unggul di lingkungannya, ya.

Jadi, pastikan kamu melatih kemampuan berkomunikasi agar bisa membangun kepercayaan dan hubungan yang baik dengan banyak orang.

Bagaimana caranya? Yuk, kita bahas!

Cara berkomunikasi dengan baik

Nah, kamu bisa mempelajari berbagai cara berkomunikasi yang baik melalui beberapa langkah-langkah di bawah ini, ya.

1. Berusahalah untuk berbicara dengan jelas

Pertama-tama, usahakanlah untuk berbicara dengan jelas saat berkomunikasi. Pada dasarnya, berkomunikasi adalah bagaimana kamu mampu memilih kata yang tepat untuk dibicarakan.

Nah, kunci agar pemilihan katamu bisa tepat dimengerti oleh lawan bicara adalah dengan berbicara yang jelas, singkat, padat.

Pastikan jika semua informasi yang ingin disampaikan sudah diingat-ingat sebelumnya. Dengan begitu, kamu mampu menyampaikan berbagai hal yang penting kepada lawan dalam satu kali berbicara.

Selain itu, hindari juga penggunaan kata-kata yang tidak terlalu penting dan berlebihan, ya.

2. Perhatikan cara berkomunikasi non-verbal

Selain berkomunikasi dalam bentuk verbal, ternyata cara berkomunikasi yang baik juga bisa ditentukan dari hal non-verbal seperti gerakan, lho. Komunikasi non-verbal bisa dikemas dalam bentuk sinyal kepada lawan bicara.

3. Perhatikan nada suara saat berbicara

Saat berbicara, jagalah nada suara untuk tidak terlalu tinggi atau rendah. Usahakan nada suara tetap stabil agar tidak terlihat adanya emosi saat kamu sedang berbicara.

Selain itu, adanya nada suara yang terlalu tinggi atau rendah bisa mengisyaratkan arti yang berbeda kepada pendengar.

4. Bangunlah lingkungan yang positif

Tidak kalah penting, membangun lingkungan yang positif juga bisa menjadi salah satu cara berkomunikasi yang baik. Jika lingkunganmu positif, orang-orang di sekitar pun akan lebih mempercayai informasi yang akan kamu berikan.

Dengan begitu, kepercayaan di antara kamu dan orang-orang di sekitar akan terbangun secara positif.

Biasakanlah untuk selalu membuat lingkungan terbuka satu sama lain. Bicarakan segala hal yang mungkin bisa menjadi masalah.

Dengan mengikuti beberapa langkah-langkah cara berkomunikasi yang baik di atas, kamu bisa memiliki hubungan yang baik dengan sekitar, lho.

Jadi, tidak ada salahnya untuk melatih cara berkomunikasi. Apalagi, komunikasi sangat penting dan menjadi kemampuan dasar yang diperlukan setiap orang saat ini.

Share artikel ini
Reference