kalori mie gelas

Saat ini terdapat banyak sekali jenis mie instan, mulai dari mie kuah, mie goreng hingga mie gelas yang siap disantap kapan saja dan dimana saja.

Biasanya mie gelas sering dijadikan pengganjal lapar pada saat perjalanan karena cara menyeduhnya yang praktis dan tidak memerlukan banyak waktu.

Namun kalori mie gelas juga harus diwaspadai karena terlalu masih tinggi dalam 1 cup mie gelas saja.

Asalkan kamu tahu cara mengantisipasi dalam mengonsumsinya, makan mie gelas tentu tak akan menjadi masalah besar. Yuk intip dulu berapa kalori mie gelas yang perlu kamu waspadai.

Kalori mie gelas

mie gelas

Mie gelas mempunyai banyak varian rasa mulai dari ayam bawang, original, kari, soto, bakso dan masih banyak lagi.

Tentunya semua varian akan memiliki kandungan dan nutrisi yang sedikit berbeda meskipun mempunyai berat yang sama. Kalori dan kandungan lain dalam mie gelas akan menyesuaikan dengan isian dan topping yang tersedia.

Menurut situs fatsecret, berikut informasi kalori mie gelas berisi 28 gram berdasarkan masing-masing rasa dan variannya:

Mie gelas

  • 120 kalori
  • 5 gr lemak
  • 16 gr karbohidrat
  • 3 gr protein

Mie gelas ayam bawang

  • 120 kalori
  • 5 gr lemak
  • 16 gr karbohidrat
  • 3 gr protein

Mie gelas kari ayam

  • 120 kaloro
  • 4 gr lemak
  • 18 gr karbohidrat
  • 2 gr protein

Baca juga:

Varian lain dari mie gelas mempunyai kandungan dan nutrisi yang hampir sama dalam setiap penyajiannya.

Jumlah kalori yang cukup tinggi untuk penyajian yang cukup sedikit ini memang memicu rasa lapar tetap ada dan terkadang ingin menambahkan jenis makanan lain sehingga hal ini perlu kamu waspadai.

Konsumsi mie gelas terlalu banyak juga dapat memungkinkan banyak risiko kesehatan karena mengandung bahan pengawet dan juga garam.

Sama halnya saat mengonsumsi mie instan jenis lain, harus dibarengi dengan konsumsi jenis makanan sehat lain agar dapat mengimbanginya. Konsumsi mie instan hanya sebagai selingan dan bukan makanan utama.

Apakah boleh mengonsumsi mie instan saat diet?

Cari Tahu Berapa Kalori Lemper Kesukaanmu di Sini!

Bolehkah makan mie instan saat diet

kalori pop mie

Pada saat diet rendah kalori, konsumsi mie instan memang harus dibatasi karena dalam makanan ini mengandung bumbu penyedap, natrium dan pengawet yang sebaiknya dihindari dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Alasan membatasi makan mie instan pada saat diet antara lain:

  • Mie instan umumnya mengandung kalori yang cukup tinggi sehingga tidak disarankan digunakan sebagai makanan utama pada saat diet dan dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.
  • Terdapat kandungan natrium pada mie instan yang cukup tinggi sehingga dikhawatirkan akan memicu penyakit serius seperti tekanan darah tinggi jika dikonsumsi terlalu banyak dan sering.
  • Mie instan mengandung msg dan penyedap yang tinggi sehingga rasanya memang lezat dan nikmat saat disantap. Sebaiknya pada diet kurangi mengonsumsi msg dan lebih fokus pada makanan plain yang rendah garam.
  • Gangguan pencernaan bisa terjadi saat terlalu banyak mengonsumsi mie instan, terlebih pada jenis mie yang sulit untuk dicerna.

Kalori mie gelas yang cukup tinggi memang tidak akan banyak menyumbang berat badan tubuh yang berlebih, namun kebiasaan makan mie instan akan memberi dampak buruk jika terus dilakukan.

Cobalah untuk konsumsi maksimal 3x seminggu dan lengkapi dengan pola makan hidup yang sehat. Apa saja tips dalam mengonsumsinya? Yuk simak di bawah!

6 Manfaat Bubur Ayam dengan Kalori Rendah, Yuk Intip Resepnya!

Tips mengonsumsi mie gelas saat diet

apa boleh ibu hamil makan mie instan

Kalori mie gelas dan mie instan jenis lain memang menjadikan makanan ini terkadang mencuri tugas dari makanan utama, sebaiknya mie instan tidak dijadikan makanan pokok dan hindari mengonsumsinya terlalu sering.

Agar tidak menambah banyak berat badan, yuk ikuti tips konsumsi mie instan berikut ini:

1. Mie instan rendah kalori

Terdapat beberapa pilihan mie instan yang mengklaim kandungan gizinya lebih sehat dari jenis mie lainnya. Pilih yang rendah kalori dan tidak merusak program diet kamu. 

2. Makan setengah porsi

Agar dapat meminimalisir kalori yang masuk dalam sehari, makan setengah porsi mie dan bumbunya agar tetap aman dan kalori terkontrol.

Jika porsi mie instan yang kamu pilih masih terbilang kecil, maka konsumsi 1 porsi maksimal 3x seminggu saja.

3. Ganti bumbu rendah natrium

Cara lain dalam membuat mie instan yang lebih sehat adalah mengganti bumbu instan yang terdapat dalam mie dengan bumbu lain seperti kecap ikan, pasta, minyak wijen atau jenis bumbu lainnya.

Mie instan akan lebih sehat dan terbebas dari kandungan natrium yang cukup tinggi.

4. Tambah sayuran

Menambahkan sayuran akan membuat mie instan jadi bertambah nilai gizinya. Hindari makan bersama nasi karena kalorinya akan semakin bertambah. Pilih jenis sayuran yang tinggi vitamin c, a, folat dan serat.

5. Tambah protein

Menambahkan ekstra protein akan membuat mie tampak lebih nikmat dan sehat tambahkan telur rebus atau daging sehingga sajian mie instan akan lebih bervariasi dan sehat.

Kalori mie gelas dan mie instan yang cukup tinggi bisa diminimalisir dengan membatasi konsumsinya. Pilih saja jenis mie gelas rendah kalori yang aman untuk program penurunan berat badan kamu.

Share artikel ini
Reference