niacinamide untuk ibu hamil

Wanita hamil mengalami perubahan hormonal yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti jerawat, kulit kering dan masalah kulit lainnya. Ini sebabnya, normal untuk wanita hamil lebih menjaga kesehatan kulit dan mengatasi berbagai masalah tersebut. 

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan produk skincare untuk ibu hamil dengan kandungan niacinamide. Namun, apakah niacinamide untuk ibu hamil aman digunakan? dan apa saja manfaatnya? berikut ulasannya. 

Apa itu niacinamide?

Niacinamide adalah bentuk vitamin B3 (niacin) yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Vitamin yang satu ini juga berperan dalam mengubah makanan menjadi energi serta membantu sel-sel tubuh untuk melakukan reaksi kimia penting. 

Vitamin B3 sendiri umumnya ditemukan dalam produk hewani seperti unggas dan daging serta terdapat dalam makanan nabati seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, daging , dan biji-bijian. 

Dalam dunia dermatologi, zat yang satu ini kerap digunakan untuk mengatasi jerawat dan membantu menghilangkan bekas jerawat dan mencerahkan warna kulit. Niacinamide juga berguna untuk mengendalikan gejala rosacea. Fungsi lainnya adalah untuk membantu pembentukan protein pada kulit dan mencegah kulit dari kerusakan. 

Apakah niacinamide aman untuk kehamilan?

Niacinamide untuk ibu hamil
Niacinamide untuk ibu hamil

Niacinamide memang memiliki sejumlah manfaat untuk kulit. Namun, apakah kandungan yang satu ini aman untuk digunakan selama masa kehamilan? Niacinamide ternyata tergolong sebagai kandungan yang aman digunakan oleh ibu hamil. 

Kandungan ini dapat digunakan baik siang maupun malam hari. Selain itu, produk dengan kandungan niacinamide juga dapat digunakan dengan produk perawatan kulit lain yang aman untuk ibu hamil. 

Kandungan ini juga dapat menjadi pengganti retinol selama masa kehamilan. Jadi, ibu hamil dapat leluasa untuk menggunakan produk dengan kandungan ini. Namun, tidak ada salahnya untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter kandungan perihal penggunaan kandungan niacinamide pada saat kehamilan. 

5 manfaat niacinamide untuk ibu hamil

Niacinamide bukan hanya aman untuk digunakan oleh ibu hamil namun juga dapat memberikan banyak manfaat untuk mengatasi masalah kulit selama kehamilan. Berikut beberapa manfaatnya:

1. Meregenerasi sel kulit 

Jika kamu mengalami hiperpigmentasi karena kehamilan. Kamu bisa menggunakan niacinamide untuk membantu mengatasinya. Pasalnya, niacinamide memiliki nutrisi penting yang berguna sebagai exfoliant yang akan menghilangkan sel kulit mati dan mempercepat regenerasi sel kulit yang baru. 

Niacinamide juga berguna untuk meratakan warna kulit dan menyamarkan noda kulit kamu. Jika ingin hamil yang lebih maksimal, kamu juga bisa mengkombinasikan niacinamide dengan vitamin C yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. 

2. Mengurangi produksi sebum berlebih

Salah satu masalah kulit paling umum selama masa kehamilan adalah jerawat. Masalah kulit yang satu ini terjadi karena produksi minyak berlebih yang menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan komedo dan jerawat. Niacinamide dapat mengurangi jumlah sebum sehingga dapat mencegah munculnya jerawat selama kehamilan dan menyusui. 

Face oil untuk kulit berminyak

3. Mengecilkan pori-pori besar

Kulit berminyak juga dapat menyebabkan pori-pori menjadi lebih besar. Produk perawatan kulit yang dapat membantu mengecilkan pori-pori adalah niacinamide, bahkan kandungan ini juga dapat mencegah minyak yang menyebabkan sumbatan pada pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. 

4. Mengurangi efek radikal bebas

Niacinamide juga dapat mengurangi efek radikal bebas serta kerusakan kulit yang disebabkan karena paparan sinar matahari. Selain itu, niacinamide juga dapat menenangkan dan menghaluskan kulit. 

Gunakan niacinamide dengan tabir surya jika ingin keluar rumah untuk memberikan perlindungan maksimal dari paparan sinar UV. 

5. Melembapkan kulit

Salah satu alasan mengapa niacinamide digunakan sebagai bahan perawatan kulit adalah kemampuannya untuk melembapkan kulit. Dengan begitu, kulit menjadi tampak lebih sehat dan mengatasi kulit kering

Kamu juga bisa menggunakan niacinamide dengan asam hialuronat yang dapat menghilangkan garis halus dan membuat kulit menjadi lebih cerah. 

Efek samping niacinamide untuk ibu hamil 

Niacinamide untuk ibu hamil sangat aman untuk digunakan selama dalam dosis yang tepat. Batas penggunaan vitamin B3 ini adalah 35 mg gr per hari. Kadar ini tidak akan menyebabkan kemerahan dan gatal serta efek samping lainnya. 

Namun, penggunaan dalam kadar yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan pada ginjal, sakit kepala, mual, perut tidak nyaman dan meningkatkan resistensi insulin. Guna meminimalisir efek samping tersebut, baiknya konsultasikan penggunaan niacinamide dengan dokter untuk mencegah hal yang tidak diinginkan. 

Share artikel ini
Reference