manfaat niacinamide untuk wajah
Hidup Sehat Style & Makeup

11 Manfaat Niacinamide Untuk Wajah Glowing Bebas Jerawat

Imelda Rahmawati | Maret 10, 2022
Share

Apa bahan skincare yang sedang naik daun? Beberapa mungkin menjawab niacinamide. Manfaat niacinamide untuk wajah memang tak diragukan lagi. Beberapa wanita menganggap niacinamide sebagai holy grail mereka, karena ampuh membuat wajah mulus dan bersih.

Penasaran dengan manfaat niacinamide? Berikut ini kamu akan tahu manfaat dan efek sampingnya.

Apa manfaat niacinamide?

Niacinamide adalah vitamin B, salah satu dari dua bentuk vitamin B3 yang terlibat dalam banyak fungsi seluler penting kulit. Secara umum, niacinamide dapat membantu membangun protein di kulit dan mengunci kelembapan untuk mencegah kerusakan lingkungan. Sebuah studi menunjukkan bahwa niacinamide aman digunakan oleh semua kalangan usia.

Manfaat niacinamide untuk wajah meliputi:

1. Memperbaiki kerusakan keratin. Niacinamide adalah obat terbaik untuk memperbaiki keratin kulit. Keratin adalah keluarga dari protein skleroprotein dan merupakan materi dasar penyusun lapisan kulit manusia.

2. Memperkuat skin barrier. Skin barrier adalah pelindung lapisan kulit. Kerusakan padanya adalah awal dari masalah kulit. Bahan skincare ini bisa memperkuat skin barrier yang mungkin rusak karena terlalu banyak eksfoliasi atau penggunaan skincare yang tidak cocok.

3. Meminimalkan kemerahan. Penggunaan niacinamide dapat mengurangi peradangan yang dapat membantu meringankan kemerahan akibat eksem, jerawat, dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

4. Meminimalkan tampilan pori. Menjaga kulit tetap halus dan mengurangi secara alami ukuran pori dari waktu ke waktu.

5. Mengatur minyak. Manfaat retensi kelembapan tidak hanya untuk mereka yang memiliki jenis kulit kering. Niacinamide juga dapat membantu mengatur jumlah minyak yang diproduksi kelenjar sebaceous.

6. Melindungi dari kerusakan akibat sinar matahari. Niacinamide secara bersamaan dapat membangun kembali sel-sel kulit yang sehat sekaligus melindunginya dari kerusakan yang disebabkan oleh sinar ultraviolet.

7. Mengobati hiperpigmentasi. Beberapa penelitian telah menemukan konsentrasi niacinamide 5 persen dapat membantu dalam meringankan bintik-bintik gelap. Manfaat terlihat setelah empat hingga delapan minggu. Manfaat ini mungkin karena peningkatan produksi kolagen.

8. Meminimalkan garis halus dan kerutan. Membantu dalam mengurangi beberapa tanda kerusakan akibat sinar matahari yang menyertai penuaan. Ini termasuk garis-garis halus dan kerutan.

9. Melindungi dari stres oksidatif. Penggunaan rutin membantu membangun sel-sel di kulit sekaligus melindunginya dari tekanan lingkungan, seperti sinar matahari, polusi, dan racun.

10. Mengobati jerawat. Bahan ini berguna untuk jerawat parah, terutama bentuk peradangan seperti papula dan pustula. Seiring waktu, kamu mungkin melihat lebih sedikit beruntusan dan tekstur kulit lebih mulus. Nah, niacinamide mengurangi produksi sebum, yang dapat membantu mencegah jerawat dan juga mengurangi kilau.

11. Mengurangi kerutan dan photoaging, dengan memastikan sel berfungsi dengan baik dan membantu memperbaiki kerusakan DNA.

Tips menggunakan niacinamide untuk wajah

Niacinamide relatif mudah ditemukan dalam produk perawatan kulit seperti masker dan serum. Cobalah cari niacinamide dengan kandungan rata-rata 5 persen. Produk kecantikan itu biasanya juga disertai beberapa bahan lain yang mendukung perawatan kulit.

1. Kombinasi dengan retinol

Banyak ahli kulit setuju, bahwa retinol dan niacinamide adalah kombinasi yang direkomendasikan untuk mencapai hasil yang lebih cepat. Manfaat niacinamide yang menenangkan juga dapat memerangi efek samping negatif dan iritasi, yang sering menyertai keajaiban retinol dalam melawan kerutan.

2. Lawan jerawat dengan menambah AHA

Untuk melawan jerawat, gunakan niacinamide dengan asam salisilat dan asam beta-hidroksi. Efek anti-inflamasi dan penguatan penghalang kulit dari niacinamide juga menjadikannya pilihan yang baik, untuk dipasangkan dengan asam alfa-hidroksi (AHA), atau eksfoliasi kimia yang berpotensi menyebabkan beberapa iritasi kulit. Menggabungkan keduanya juga meningkatkan kemanjuran niacinamide, karena AHA mengelupas sel-sel kulit mati yang dapat mempersulit niacinamide menyerap dengan baik di kulit.

Menggabungkan kekuatan pengurang minyak niacinamide dengan kemampuan asam salisilat untuk melarutkan minyak berlebih, adalah cara yang bagus untuk membantu menjaga pori-pori tetap bersih dan terhindar dari jerawat.

3. Atasi wajah kering dengan hyaluronic acid

Punya wajah kering? Gunakan niacinamide dengan hyaluronic acid atau asam hialuronat. Saat digunakan bersama, selalu gunakan asam hialuronat terlebih dahulu, diikuti oleh niacinamide. Dengan mengikuti tips kecantikan ini, Anda akan dapat menarik banyak hidrasi ke kulit yang kering. Setelah itu, aplikasikan niacinamide untuk membantu mengatur produksi sebum dan membantu mengecilkan pori-pori.

4. Hati-hati menggabungkan niacinamide dengan vitamin C

Bahan lain yang masih dalam perdebatan ialah menggabungkan niacinamide dengan vitamin C. Hal ini karena vitamin C dianggap dapat menonaktifkan niacinamide. Banyak ahli kecantikan, menyarankan untuk menggunakannya secara terpisah setelah 15 menit. Intinya, jika kamu menggunakan produk yang mengandung vitamin C dan niacinamide, kemungkinan produk tersebut telah melalui uji secara khusus sehingga keduanya dapat bekerja sama. Tetapi jika kamu menggunakan dua produk berbeda dengan bahan-bahan ini, tunggu 15 menit di antara aplikasi, atau simpan satu untuk penggunaan pagi dan yang lainnya untuk penggunaan malam hari.

Setelah mengetahui manfaat niacinamide untuk wajah, kamu jadi makin yakin untuk mencobanya, kan? Tenang saja, saat ini sudah banyak produk niacinamide yang melalui proses penelitian dan halal tersedia di pasaran. Selamat mencoba.

Reference
Share