Setiap tahun mudik selalu menjadi bagian yang tak pernah ketinggalan sebagai salah satu cerita lebaran.

Ada banyak cara untuk melakukan mudik menuju kampung halaman mulai dari membawa kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum.

Bagi kamu dan keluarga yang akan mudik untuk lebaran tahun ini, yuk simak apa saja tips mudik aman dan nyaman sehingga mudik akan jauh lebih menyenangkan!

Tips mudik aman dan nyaman 

tips mudik sehat

Ada beberapa tips mudik aman dan nyaman yang perlu kamu ketahui. Cek daftarnya dan sesuaikan dengan pemilihan transportasi kamu saat mudik nanti ya!

1. Cek kondisi keamanan rumah

Untuk memastikan perjalanan selama mudik menjadi aman dan nyaman, salah satu hal utama yang perlu kamu lakukan adalah cek kondisi keamanan rumah yang akan kamu tinggal selama mudik. Apalagi jika rumah kamu akan benar-benar kosong tanpa penjagaan.

Mulailah tulis apa saja yang menjadi kebutuhan seperti cabut selang listrik, selang air, kunci semua pintu dan buat keamanan ganda.

Selain itu kamu juga perlu melaporkan kepada RT atau RW setempat agar mereka tahu kapan kamu akan mudik dan kapan akan kembali. 

Hal ini bisa menjadi cara orang tersebut akan memberi kabar jika sewaktu waktu ada sesuatu yang terjadi di rumah kamu. Mudik tentu akan aman jika rumah tinggal sudah aman bukan?

Haid saat Mudik? Jangan Panik, Ini Cara Menjaga Vagina Tetap Bersih!

2. Cek kendaraan jika membawa kendaraan pribadi

Banyak orang yang memutuskan untuk membawa kendaraan pribadi untuk mudik seperti membawa mobil atau motor. Tips mudik aman dan nyaman ini bisa diterapkan agar perjalanan menjadi lebih tenang.

Pastikan cek kendaraan pribadi dan sesuaikan dengan kapasitas penumpang serta barang apa yang akan kamu bawa. Pastikan kendaraan sedang dalam kondisi fit dan sudah kamu servis sebelumnya.

3. Membawa perlengkapan otomotif

Jika membawa kendaraan pribadi, pastikan alat-alat otomotif juga dibawa. Kondisi jalanan yang macet bisa saja terjadi atau jika kendaraan mengalami kondisi yang tidak terprediksi.

Pada masa lebaran biasanya bengkel menjadi lebih ramai sehingga perlengkapan otomotif dasar bisa kamu siapkan untuk berjaga-jaga.

4. Pesan tiket jauh-jauh hari

tips mudik aman dan nyaman

Nah bagi keluarga yang mudik menggunakan transportasi umum seperti pesawat, kereta, bus atau travel, segera pesan tiket dari jauh-jauh hari.

Banyak alasan untuk tidak menunda pembelian tiket karena pada masa mudik, tiket biasanya akan jauh dengan mahal dan cepat habis. Persiapkan pesan tiket agar perjalanan mudik menjadi nyaman dan tenang.

5. Gunakan pakaian yang nyaman

Saat mudik dan berpuasa, tubuh bisa menjadi cepat Lelah karena pemilihan pakaian yang salah.

Gunakan pakaian yang paling nyaman saat dalam perjalanan mudik seperti pakaian yang menyerap keringat dan tidak membuat perjalanan menjadi kurang nyaman.

6. Membawa sanitary kit 

Membawa sanitary kit saat perjalanan mudik bisa jadi terlupakan bagi Sebagian besar orang. Bawalah alat Kesehatan, obat, pembalut, dan perlengkapan lain yang mungkin dibutuhkan saat dalam perjalanan.

Bawa dalam tas kecil yang dapat diakses lebih cepat sehingga segala kondisi bisa segera dapat teratasi.

Tips mudik aman dan nyaman ini perlu dilakukan agar kamu tidak perlu panik saat ada anggota keluarga yang tiba-tiba sakit, terluka atau mendapat haid selama dalam perjalanan.

7. Persediaan makanan dan minuman di jalan

tips mudik aman dan nyaman

Membawa persediaan makanan dan minuman untuk mudik perjalanan saat penting seperti untuk berbuka puasa atau cemilan jika ada anak kecil atau sedang tidak berpuasa.

Umumnya saat mudik segala tempat makan akan lebih ramai sehingga menyita banyak waktu hanya untuk membeli makanan. Jika Sudah tersedia, maka kondisi akan lebih tenang.

8. Baterai, pulsa, dan kuota

Saat ini mudik memang Sudah banyak difasilitasi seperti tempat charger yang banyak dan juga wifi yang mungkin ada dalam transportasi umum.

Namun untuk berjaga-jaha selalu penuhi baterai, power bank, pulsa dan kuota sehingga tak perlu kehabisan di tengah jalan. 

9. Bawa cukup uang tunai

Membawa uang tunai yang cukup banyak menjadi salah satu cara untuk menghindari mencari atm yang terkadang sulit ditemukan selama perjalanan.

Tidak semua toko atau restoran dapat menyediakan pembayaran tanpa uang cash sehingga akan lebih aman saat membawa uang cash dalam jumlah yang cukup.

Tips Mudik Sehat agar Tetap Bugar dan Terhindar dari Masalah Kesehatan

10. Aplikasi maps untuk pantau perjalanan

Pernah kebingungan dalam perjalanan karena jalan yang tampak baru? Tidak ada salahnya sedia maps untuk memantau perjalanan jika terkena macet.

Aplikais ini bisa menjadi pemantau saat ada kemacetan dan mencari jalan alternatif yang bisa membantu perjalanan mudik menjadi lebih cepat.

11. Istirahat jika Lelah

Perjalanan mudik yang umumnya memakan waktu berjam-jam memang melelahkan, khususnya untuk supir jika memang membawa kendaraan pribadi.

Selalu fokus saat perjalanan dan istirahat jika lelah saat mudik. Ada banyak rest area yang dapat digunakan untuk beristirahat entah itu tidur atau sekedar menyegarkan kembali pikiran. Jangan paksakan tetap membawa kendaraan jika sudah Lelah dan mengantuk, ya.

12. Kondisi tubuh yang fit

Memiliki kondisi tubuh yang fit akan menjadi perjalanan yang menyenangkan daripada tubuh yang sedang sakit atau tidak bugar.

Mulailah berlatih minum vitamin dan banyak berolahraga agar pada saat mudik dan pulang ke kampung halaman untuk merayakan lebaran, kondisi tubuh akan tetap dalam kondisi prima.

Beberapa tips mudik aman dan nyaman ini bisa kamu pikirkan mulai dari sekarang. Mudik menjadi jauh lebih nyaman dan menyenangkan hingga sampai ke kampung halaman.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference