cara mengatasi telat haid pada anak

Menstruasi menjadi tanda umum sata anak perempuan memasuki usia pubertas. Selain itu masih ada tanda lain seperti mulai tumbuh payudara dan rambut pada kemaluan. Namun bagaimana jika anak memasuki usia pubertas namun belum mendapat haid?

Sebagai orang tua, kamu mungkin memang akan khawatir ketika haid belum juga terjadi sehingga mencari tahu bagaimana cara mempercepat haid datang. Apalagi saat usianya sudah lebih dari 16 tahun. Lalu, adakah cara cepat menstruasi untuk anak yang belum menstruasi? Yuk simak jawabannya di sini.

Penyebab haid telat haid pertama

Haid pertama atau menarche rata-rata terjadi pada usia 12 tahun dan tanda-tanda pubertas akan mengawali langkah anak menuju dewasa ini. Beberapa penyebab telat datang haid pertama pada anak antara lain:

Kelebihan berat badan

Siklus haid yang normal biasanya memerlukan level lemak normal, jika anak memiliki masalah pada kelebihan berat badan, maka hal ini dapat menjadi penyebab haid yang telat. Cobalah untuk mengontrol berat badan anak sehingga tetap ideal dan lebih sehat.

Rendahnya berat badan

Tidak hanya kelebihan berat badan yang memicu terlambatnya haid, berat badan rendah juga dapat berkaitan dengan hormon anak. Berat badan anak yang 10% kurang dari berat badan normal dapat mengurangi kinerja hormon yang membuat siklus haid terganggu.

Menjalani pengobatan

Apakah anak sedang menjalani pengobatan tertentu? Beberapa obat bekerja dalam tubuh namun dapat memengaruhi hormon sehingga haid datang terlambat. Jenis obat seperti obat alergi, depresi, kanker hingga tekanan darah tinggi dapat memicu efek samping ini.

Riwayat haid keluarga

Riwayat keturunan dapat menjadi penyebab mengapa anak mendapatkan haid terlambat. Jika anak ibu atau saudara yang mengalami kondisi serupa, anak juga dapat mengalaminya. 

Stres berlebihan

jenis jenis stress

Tekanan psikis hingga menjadi stres bisa jadi penyebab anak mendapat haid terlambat. Tidak hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa stress terhadap banyak hal sehingga perlu diatasi dengan segera.

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

Masalah pada organ tubuh

Masalah pada organ yang berkaitan dengan organ intim bisa jadi penyebab haid terlambat. Jika anak mengalami masalah pada rahim, vagina, uterus atau tuba falopi, maka hal ini dapat menjadi sebab haid datang terlambat.

Olahraga ekstrem

Olahraga ekstrem dapat membuat kalor dan lemak tubuh berkurang. Hal ini dapat memicu kesuburan pada anak sehingga perlu dikomunikasikan lagi bentuk olahraga agar tidak memengaruhi siklus normal haid.

Beberapa penyebab yang telah diketahui dokter mungkin akan menjadi cara tepat untuk menangani masalah haid pada anak. Kamu perlu mendengar beberapa rekomendasi yang bisa dilakukan agar haid segera datang.

Ciri Fisik Pubertas pada Anak Perempuan, Apa Saja?

Cara cepat haid untuk anak telat haid

tanda-tanda haid pada anak

Cara cepat menstruasi untuk anak yang belum menstruasi tentunya memiliki tahapan yang tidak sebentar dan perlu berkonsultasi dengan dokter ahli. Beberapa cara untuk mempercepat haid pada anak, antara lain:

Perubahan diet dan atur kalori

Jika dokter telah mengetahui bahwa ketidakseimbangan berat badan menjadi sebab haid datang terlambat, mungkin dokter akan menyarankan perubahan diet yang dapat memperbaiki berat badan sehingga dapat sesuai dan normal. Asupan kalori dan nutrisi lain juga akan disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Penyesuaian aktivitas fisik

Olahraga ekstrem bisa menjadi sebab haid terlambat sehingga perlu melakukan penyesuain terhadap aktivitas fisik. Jika anak memang suka olahraga, anak akan diarahkan untuk melakukan kegiatan fisik yang lebih aman sehingga tidak mengganggu siklus menstruasinya.

Terapi gangguan makan

Gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia perlu ditangani dan dibantu oleh psikiater atau psikolog. Gangguan makan dapat memicu siklus haid berantakan sehingga anak perlu memperbaiki pola makannya.

Terapi hormon

Terapi hormon biasanya akan ditawarkan jika anak tak kunjung haid pada usia akhir pubertasnya. Terapi dilakukan seperti alat kontrasepsi yang akan merangsang hormon haid menjadi normal.

Yuk Kenali 6 Jenis Hormon Reproduksi Wanita Ini

Rekomendasi asupan makanan

Dokter juga akan memberikan rekomendasi asupan makanan yang dapat mempercepat haid datang secara alami. Beberapa makanan atau minuman dapat meningkatkan hormon estrogen dan menurunkan progesterone sehingga haid pada anak akan segera datang.

Relaksasi 

Relaksasi dapat menjadi cara ampuh untuk menenangkan tubuh dan pikiran sehingga stress dapat segera menghilang. Relaksasi diperlukan sebagai bagian dari perawatan agar hormon kortisol penghambat estrogen, dapat diturunkan. Relaksasi dapat dilakukan  sendiri di rumah dengan cara yoga atau meditasi.

Tidak ada cara cepat menstruasi untuk anak yang belum menstruasi ya, tentunya cara alami ini dapat dilakukan mulai sedini mungkin agar anak tetap sehat dan memiliki siklus haid yang tepat.

Bagaimana menyikapi kondisi anak belum haid

Haid adalah proses alami yang tidak dapat diatur apakah bisa dipercepat atau diperlambat. Umumnya haid akan datang pada usia pubertas 12 tahun, pada beberapa kasus anak-anak bisa mendapat haid pertama pada usia 10-16 tahun. Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), munculnya rambut pada kemaluan dan payudara yang tumbuh juga tanda ketika anak mulai memasuki usia pubertas.

Sebagai orang tua, kamu tak perlu cemas ketika anak-anak belum mendapatkan haid sebelum usia 16 tahun karena masih dianggap normal. Haid biasanya akan datang setelah 2 tahun fase pubertas dimulai. Namun bagaimana jika anak tak kunjung mendapatkan haid setelah berusia 16 tahun? Bisa jadi ada beberapa penyebabnya.

Anak dapat diajak ke dokter guna melakukan konsultasi dan dokter tentu akan melakukan beberapa pemeriksaan jika pada usia tersebut, anak belum mendapatkan haid pertamanya. Umumnya dokter akan memeriksa kadar hormon anak yang menjadi salah satu cara untuk mengetahui mengapa haid tak kunjung datang.

Dokter juga akan melakukan pemeriksaan menyeluruh seperti kondisi fisik, psikologis, riwayat kesehatan hingga pengobatan yang mungkin sedang dijalankan. Apa saja penyebab haid telat?

8 Cara Agar Cepat Haid untuk Anak, Terapi Hormon Salah Satunya!

Share artikel ini
Reference