Menstruasi merupakan siklus bulanan wanita dimana darah dari vagina keluar selama beberapa hari karena sel telur yang tidak dibuahi sperma. Siklus ini terjadi 21-35 hari sekali dengan durasi 2-7 hari.

Pada beberapa wanita, terkadang menstruasi muncul dengan siklus dan durasi yang tidak normal. Bagaimana cara mengatasi menstruasi tidak berhenti mengalir hingga menyebabkan kesehatan memburuk? Yuk simak ulasan ini, ladies!

Penyebab menstruasi tidak berhenti

Sebelum mengetahui cara mengatasi menstruasi tidak berhenti atau menorrhagia, sebaiknya kamu mencari tahu apa yang menjadi sebab menstruasi kamu menjadi berbeda saat ini, apalagi jika riwayat siklus kamu termasuk lancar dan normal sebelumnya.

Menstruasi yang tidak berhenti bisa disebabkan dari hormon sehingga penyakit pada organ reproduksi. Kamu perlu berkonsultasi dengan dokter mengenai penyebab utama dari menstruasi tidak berhenti sehingga penanganan akan tepat dilakukan.

Berbagai aspek tentu akan dipertimbangkan seperti riwayat media, penyakut, usia, dan kondisi kesehatan. Beberapa gangguan yang dapat harus diwaspadai jika menstruasi tidak berhenti antara lain:

Tes pemeriksaan

fungsi usg transvaginal

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan dapat merekomendasi satu atau lebih tes atau prosedur untuk mengetahui penanganan tepat mengatasi menstruasi yang tidak berhenti:

  • Tes darah. Sampel darah akan dievaluasi untuk mengecek apabila kekurangan zat besi, gangguan tiroid atau pembekuan darah.
  • Pap smear. Dalam tes ini sel-sel dari leher rahim akan diuji dan dikumpulkan serta melihat apakah ada perubahan/peradangan yang bersifat kanker/penyebab kanker.
  • Biopsy endometrium. Mengambil sampe dari jaringan rahim untuk diperiksa oleh ahli patologi.
  • USG. Metode pencitraan memakai gelombang suara untuk melihat gambar rahim, ovarium dan panggul.

Beberapa cara dalam mengatasi menstruasi tidak berhenti dapat disimak dalam ulasan berikut ini.

Cara mengatasi menstruasi tidak berhenti dengan pembedahan

operasi pengangkatan rahim

Cara mengatasi menstruasi tidak berhenti dapat dilakukan dengan operasi atau pembedahan. Cara ini bisa digunakan sebagai piliha jika obat tidak mempan digunakan untuk mengatasi haid tanpa henti. Jenis pembedahan antara lain:

1. Kuret & dilatasi

Mengikis dan menyedot jaringan lapisan rahim dapat mengurangi perdarahan menstruasi. Namun prosedur ini tidak cukup hanya dilakukan sekali untuk dapat menghentikan haid berlebih. Kuret dan dilatasi dapat dilakukan setiap kali haid berlebihan datang.

2. Operasi histeroskopi

Mengatasi menstruasi yang tidak berhenti juga bisa dilakukan dengan operasi. Operasi ini dilakukan untuk melihat bagian rahim melalui sebuah alat khusus.

Prosedur pembedahan ini dapat memperbaiki jika ada kelainan rahim sehingga haid berhenti dan juga dapat mengobati fibroid dan polip rahim.

3. Ablasi/reseksi endometrium

Mengangkat sebagian lapisan rahim melalui proses ablasi bertujuan agar aliran darah terkendali. Prosedur ini memiliki risiko sulit hamil dan sebaiknya dikonsultasikan lebih lanjut jika ada keinginan memiliki keturunan.

4. Histerektomi

Jika haid tidak berhenti dan rahim parag, maka histerektomi dapat dilakukan untuk membuat haid berhenti. Prosedur ini dilakukan dengan mengangkat rahim dan membuat wanita tak bisa hamil. 

11 Cara Menghentikan Haid yang Berkepanjangan, Alami hingga Medis

Cara mengatasi menstruasi tidak berhenti dengan obat

cara mengatasi menstruasi tidak berhentiCara mengatasi menstruasi tidak berhenti dengan terapi medis lebih dulu direkomendasikan yang lebih invasif. Jika kamu mengalami pendarahan menstruasi yang hebat dan membutuhkan bantuan, berikut ini adalah pilihan terapi medis yang disarankan ahli kesehatan:

5. Obat pereda nyeri Nonsteroidal Anti-Inflammatories (NSAID)

Obat-obatan pereda nyeri seperti naproxen (aleve), ibuprofen (motrin), dan resep nsaid diclofenac (cataflam) atau asam mefenamat (ponstel) akan bekerja seperti hormon yang mengganggu pembekuan darah. Dengan obat ini, aliran darah akan berhenti 25-35%

6. Kontrasepsi oral

Kontrasepsi ini akan mengurangi perdarahan menstruasi hingga 60% atau mengatasi menstruasi yang tidak berhenti dengan cara mencegah terjadinya ovulasi dan penipisan endometrium.

Kontrasepsi oral yang bisa kamu konsumsi misalnya pil KB. Baik obat pereda nyeri atau kontrasepsi bekerja dengan baik dalam mengurangi pendarahan.

8 Efek Samping Pil KB Yang Wajib Kamu Ketahui

7. Progestin

Merupakan obat yang diresepkan untuk menoragia yang dapat mengurangi perdarahan hingga 15%. Progestin akan bekerja untuk mengurangi efek estrogen dan memperlambat pertumbuhan lapisan rahim.

Terdapat sejumlah efek seperti sakit kepala, bengkak dan depresi yang membuat wanita banyak berhenti menggunakan obat ini.

8. IUD

Alat kontrasepsi yang ditanam dalam rahim ini dapat mengobati pendarahan menstruasi dan sebagai metode pencegah kelahiran. Jenis obat ini direkomendasi untuk wanita yang telah melahirkan.

9. Danazol

Cara mengatasi menstruasi yang tidak berhenti selanjutnya bisa dilakukan dengan konsumsi obat Danazol. Danazol merupakan bentuk hormon testosterone pria yang menghalangi aksi estrogen dalam tubuh. Menstruasi dapat berhenti 4-6 minggu dan mempunyai efek jerawat dan payudara yang mengecil.

10. Desmopressin Nasal Spray

Bentuk hormon buatan ini dapat memengaruhi tekanan darah, mengatur tubuh menggunakan air dan fungsi ginjal. Obat ini dapat menghentikan pendarahan pada haid yang berlebihan dan mengalami kelainan darah yang cukup menjadi pilihan pasien dengan haid tidak berhenti.

11. Asam Traneksamat (Lysteda)

Obat ini merupakan antifibrinolitik yang dapat mengurangi darah dengan cara menggumpalkan darah haid. Dokter akan menyarankan obat ini pada saat haid terlalu deras sehingga membantu meringankan.

12. Gonadotropin-Releasing Hormone (GNRH) Agonists

Mempunyai biaya yang relatif tinggi, obat ini digunakan dalam jangka pendek dan efek samping yang parah. Obat ini membuat wanita mengalami menopause sementara dan dalam jangka panjang menyebabkan osteoporosis.

Sering Telat Datang Bulan? Ini Pilihan Obat Untuk Melancarkan Haid

Cara menghentikan menstruasi tidak berhenti secara alami

menu makanan sehat

Mengurangi rasa tak nyaman karena haid yang tidak kunjung berhenti juga dapat dilakukan dengan cara alami, lho. Berikut cara mengatasi menstruasi tidak berhenti secara alami:

13. Konsumsi suplemen zat besi

Zat besi akan membantu menghentikan pendarahan karena ada bukti medis bahwa kekurangan zat ini akan membuat pendarahan menjadi lebih banyak. Konsumsi suplemen zat besi yang juga dapat mencegah anemia saat perdarahan berlebih.

14. Tambah Asupan vitamin

Cara mengatasi menstruasi tidak berhenti selanjutnya adalah dengan tambah asupan vitamin. Vitamin c akan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh dan menguatkan aliran darah sehingga dapat menghentikan haid yang berlebihan.

15. Bantal pemanas atau dingin

Letakkan bantal pemanas pada bagian tubuh yang nyeri akibat menstruasi seperti di bagian perut dan punggung selama 20 menit. Lakukan ini jika darah haid mengalir lebih deras dari biasanya.

Cara lain dalam mengatasi haid yang tidak kunjung berhenti adalah dengan mengonsumsi banyak air putih, menjaga stamina tubuh tetap terjaga dengan asupan makanan penuh gizi hingga membatasi aktivitas harian saat haid sedang deras-derasnya ya, ladies!

Share artikel ini
Reference