tanda tanda menstruasi

Tanda-tanda menstruasi setiap wanita umumnya sama, hanya saja intensitas dan gejala yang dirasakan terkadang berbeda. Bahkan beberapa wanita tidak mengalami tanda sama sekali, sehingga haid terjadi begitu saja.

Gejala menstruasi juga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari, sehingga perlu perhatian dan pengobatan khusus bila perlu. Tidak semua wanita memiliki siklus haid yang normal, sehingga akan sulit bagi mereka memprediksi tanda menstruasi.

Agar tidak salah, yuk kenali beberapa tandanya berikut ini!

Tanda menstruasi akan datang

Tanda Menstruasi Akan Datang

Sebagian wanita bisa mengalami beberapa tanda menstruasi atau bahkan mengalami semuanya. Jika kamu merasakannya, mungkin haid kamu akan segera tiba. Berikut tanda-tandanya:

1. Sindrom pre menstruasi (PMS)

Menjadi tanda paling umum bahwa menstruasi akan segera datang. Gejala PMS mencakup beberapa gejala emosional dan fisik yang mungkin dirasakan sekitar seminggu sebelum menstruasi, seperti:

  • Kurang fokus
  • Mudah menangis
  • Kecemasan
  • Amarah
  • Sedikit kram
  • Pegal pinggul

2. Muncul jerawat

Kulit menjadi tempat pertama yang memberi tahu bahwa menstruasi akan segera tiba. Wanita sering menghadapi jerawat terkait menstruasi, juga disebut jerawat siklus.

Perbedaan Jerawat Tanda Hamil dan Haid, Jangan Terkecoh!

3. Perubahan suasana hati (mood swing)

Estrogen adalah hormon yang dapat meningkatkan suasana hati, tingkat hormon ini diketahui turun sedikit sebelum menstruasi.

4. Kram

Kram menstruasi juga disebut dismenore primer, adalah nyeri berdenyut yang berasal dari rahim karena aktivitas otot yang membesar dan berkontraksi.

5. Nyeri payudara

Payudara menjadi sakit atau berat dan terasa lebih lembut sebelum menstruasi, karena pembengkakan hormon.

Payudara Nyeri Saat PMS? Bahaya Atau Tidak

6. Ngidam makanan

Tidak hanya wanita hamil, wanita yang menjelang haid pun bisa mengidam makanan tertentu karena perubahan hormon.

7. Mudah lelah

Kelelahan adalah tanda umum bahwa menstruasi sudah dekat. Kamu mungkin merasa lelah atau lesu tanpa alasan dan mungkin ingin beristirahat lebih dari biasanya.

8. Perut kembung

perut kembung saat haid

Retensi air adalah gejala umum dari fase ini. Kamu mungkin melihat perut kembung seperti begah dan membesar. Tenang saja, karena hal itu tidak bahaya dan akan mereda sendirinya.

9. Sembelit dan diare

Jika kamu mengalami sembelit atau diare dan gejala fisik lainnya, itu pertanda akan segera mendapatkan menstruasi, bahkan bisa saja keesokan harinya.

10. Peningkatan gairah seks

Jangan heran ketika kamu merasa gairah seks yang meningkat menjelang haid, hal ini dikarenakan perubahan hormon.

11. Sulit tidur

Perubahan kimia otak akibat perubahan hormonal bisa membuatmu berguling-guling di malam hari karena susah tidur.

Sulit Tidur Saat Haid? Ini Tips Hilangkan Insomnia dan Tidur Nyenyak

12. Perubahan keputihan

Sebagian wanita mengalami keputihan yang lebih sedikit sesaat sebelum hari menstruasi tiba.

13. Depresi atau cemas

Sekitar 5% dan 10% wanita mengalami kecemasan klinis dan depresi satu atau dua minggu sebelum menstruasi. Hal ini dikenal sebagai Premenstrual Dysphoric Disorder (PMDD).

14. Mudah tersinggung

Kamu juga mungkin menjadi murung dan lebih mudah tersinggung sebelum atau selama menstruasi. Hal ini juga menjadi efek samping dari perubahan hormon saat menjelang haid.

15. Sakit kepala

Salah satu efek paling umum dari penurunan kadar estrogen, yaitu fenomena migrain menstruasi. Felice Gersh, MD, seorang OB-GYN di Integrative Medical Group of Irvine, mengatakan sekitar 60% hingga 70% wanita yang menstruasi melaporkan mengalami sakit kepala sehubungan dengan menstruasi mereka.

Berapa hari menjelang haid?

bau darah haid dan darah awal kehamilan

Tanda-tanda menjelang menstruasi biasanya akan muncul sekitar 5 hari bahkan 2 minggu sebelumnya. Tidak ada waktu yang pasti kapan tanda haid akan muncul, tapi kamu bisa menghitungnya sendiri sesuai dengan siklus haid.

Tanda yang paling mudah dikenali biasanya ada pada perubahan atau gangguan secara fisik. Seperti kram perut, kembung, payudara nyeri, dan yang lainnya. Jika kamu mulai mengalami hal itu, biasanya tanda emosional lain akan segera muncul juga.

Mau Tahu Siklus Haid yang Normal? Ini Cara Perhitungannya

Cara hitung tanda-tanda menstruasi

Cara menghitung kemunculan tanda-tanda menstruasi sebenarnya tidak sulit, kamu hanya perlu mengingat kapan terakhir kali kamu mendapatkan darah haid. Jika siklus haid kamu normal, yaitu kamu mendapat haid sekitar 28 hari sekali, atau bisa juga dalam rentan waktu rata-rata 21-25 hari.

Kamu tinggal menghitung 1-2 minggu sebelum siklus menempati tanggal yang sama, biasanya pada saat itulah tanda-tanda haid akan terasa. Jika kamu mudah lupa atau terlalu sulit menghitung siklus, kamu bisa menggunakan aplikasi siklus menstruasi yang tersedia di smartphone.

Tanda-tanda haid memang dapat mengganggu keseharian dan produktivitas. Apalagi jika intensitasnya parah, pastikan kamu bisa mengatasinya dengan mengambil waktu sendiri atau mengonsumsi obat pereda nyeri.

Share artikel ini
Reference