macam bentuk vagina

Apakah bentuk vagina semuanya sama? Mungkin pertanyaan itu pernah terlintas di pikiran kamu ya ladies. Faktanya, setiap wanita memiliki bentuk vagina yang berbeda-beda, dan itu sangat wajar.

Bisa dikatakan bahwa bentuk, warna, ukuran hngga aroma Miss V berbeda-beda pada setiap orang. Namun tidak ada bentuk Miss V yang ideal karena semuanya memiliki fungsi yang sama.

Salah satu yang terlihat mencolok adalah bibir vagina atau yang kerap disebut labia. Terdapat 2 bibir vagina yaitu labia major dan labia minora. Banyak faktor yang menyebabkan macam bentuk vagina menjadi berbeda. Yuk simak dulu apa saja bentuk vagina wanita!

Macam macam bentuk vagina wanita

macam bentuk vagina

Macam bentuk vagina terdapat dapat dipengaruhi oleh berbagai factor seperti perubahan homorn, usia, hingga masa kehamilan. Banyak wanita yang mengalami kekhawatiran mengenai bentuk bibir vagina mereka, tentunya ini bukan hal serius ya ladies. 

Labia major berada di luar sedangkan labia minora membuka jalan menuju lubang vagina. Bentuk labia memang berbeda-beda, yuk coba simak di sini.

1. Labia minor asimetris

Macam bentuk yang pertama ada labia minor asimetris. Pada bentuk ini, labia minor lebih tebal, lebih besar, dan lebih panjang sehingga disebut sebagai asimetris. Bentuk ini juga termasuk yang sangat umum pada vagina wanita.

2. Labia major melengkung

Bentuk lain dari Miss V itu melengkung seperti tapal kuda terbalik atau seperti kurva bundar dengan ujung merata. Jika memiliki bentuk ini, kemungkinan besar labia minora terbuka.

3. Labia minor menonjol

Macam bentuk vagina selanjutnya ada labia minor menonjol. Labia minor yang menonjol keluar membuat Miss V akan mengintip keluar atau lebih kelas. Biasanya memiliki ukuran yang lebih panjang dari labia major.

4. Labia major menonjol

Selain labia minor menonjol, ada pula labia major menonjol. Pada bentuk ini, labia major berbentuk menonjol dan menjulur ke bawah. Kulit labia bengkak, tipis, atau mungkin tebal dan longgar.

5. Labia minor menjuntai dan panjang

Masih ada macam bentuk vagina lainnya, yaitu labia minor menjuntai dan panjang. Pada bentuk ini, labia minor menonjol akan menjuntai hingga beberapa senti dan melebihi labia major.

6. Labia major menjuntai dan panjang

Bentuk Miss V ini akan menonjol dengan kulit longgar dan tipis. Labia minor akan menjuntai, lipatannya menggantung keluar dan bisa melewati pakaian dalam. Kondisi ini menyebabkan labia minor menjadi terbuka.

7. Labia terbuka dan kecil

Labia major rata, bersandar pada tulang kemaluan dan hanya memperlihatkan sedikit saja labia minor.

8. Labia tertutup dan kecil

Bentuk Miss V ini tertutup dan merupakan jenis paling umum yang dimiliki oleh wanita.

9. Terlibat bibir dalam

Terakhir, ada macam bentuk vagina yang terlihat bibir dalam. Bentuk Miss V berukuran sama antara labia major dan minor. Miss V tidak akan keluar dari lipatan pakaian dalam. Labia minor pada bentuk ini dapat tertarik ke kedua sisi labia major saat wanita sedang dalam posisi duduk.

Nah, setelah mengetahui beberapa macam bentuk vagina, sebenarnya apa saja fungsi dari organ intim wanita?

7 Bentuk Vagina Normal, Begini Penjelasannya!

Fungsi vagina

Sistem reproduksi pada wanita terbagi menjadi 2, yaitu reproduksi luar dan dalam. Berdasarkan fungsinya, menurut lama Kids Health, organ reproduksi, termasuk vagina mempunyai fungsi berikut ini:

  • Memproduksi sel telur
  • Sebagai tempat pembuahan
  • Organ yang dapat melindungi dan memelihara sel telur setelah dibuahi sperma sehingga dapat berkembang seutuhnya menjadi janin.
  • Sebagai alat untuk berhubungan seksual
  • Melahirkan bayi

Ciri-ciri Vagina Sehat: Warna, Bentuk, Bau, Hingga Cara Merawatnya

Anatomi vagina

Secara struktur, terdapat beberapa organ reproduksi bagian luar pada vagina wanita, yaitu:

  • Labia major: Bagian terluar yang berfungsi melindungi organ reproduksi dalam. Labia majora mengandung kelenjar minyak dan keringat.
  • Labia minora: Bibir kecil ini terletak di dalam labia majora. Labia minora mengelilingi pada bukaan vagina dan uretra.
  • Kelenjar bartholin: Kelenjar ini menghasilkan cairan sekresi dan terletak pada lubang vagina.
  • Klitoris: Merupakan tonjolan kecil yang sensitif berupa lipatan kulit yang hampir mirip kulup pada ujung penis. Tempat dimana kedua labia minor bertemu. 

Struktur dan fungsi organ reproduksi dalam wanita yaitu:

  • Vagina: Vagina merupakan suatu saluran yang menjadi penghubung bagian organ intim luar dengan serviks. Vagina juga sebagai jalan lahir bayi.
  • Rahim: Berbentuk seperti buah pir yang menjadi tempat dimana janin berkembang, mempunyai rongga dan terbagi menjadi 2 bagian yaitu serviks (bagian bawah rahim) dan korpus (tubuh dari rahim)
  • Ovarium: Kelenjar dengan bentuk oval kecil, letaknya pada kedua sisi rahim yang berfungsi menghasilkan hormon dan telur.
  • Tuba falopi:  Merupakan saluran semput dan melekat pada bagian atas rahim. Fungsi saluran tuba adalah terowongan bagi ovum saat melakukan perjalanan ke rahim dari ovarium. Pembuahan sel telur terjadi pada tuba falopi dan telur akan bergerak ke lapisan dinding rahim.

Fungsi dan macam bentuk vagina cukup beragam ya? Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan organ intim wanita karena organ ini cukup rentan terhadap bakteri dan jamur ya, ladies!

Share artikel ini
Reference