cara merawat miss v agar bersih keset harum rapat

Apabila kamu ingin memiliki miss V yang bersih, keset, harum, dan rapat, tentunya kamu perlu melakukan perawatan khusus. Lantas, bagaimana cara merawat miss V agar bersih keset harum rapat?

Memiliki vagina atau miss V yang bersih, keset, harum, dan rapat tentu menjadi dambaan bagi semua wanita. Namun, sayangnya untuk mendapatkan hal tersebut tentu tidaklah mudah. Terlebih, aroma vagina dapat dipengaruhi oleh banyak hal.

Apa penyebab miss V bau tidak sedap?

Semua vagina secara alami menghasilkan aroma. Bau yang dikeluarkan vagina merupakan cerminan gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan secara keseluruhan. Tak hanya itu, bau vagina juga bergantung pada tingkat pH, atau seberapa asam vaginamu. Memiliki pH yang sehat mencegah infeksi yang menyebabkan bau busuk pada vagina. 

Berikut beberapa penyebab miss V mengeluarkan bau tidak sedap:

1. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterial adalah salah satu penyebab paling umum dari bau vagina. Masalah kesehatan organ reproduksi ini menyerang 15%-50% wanita usia reproduksi, yaitu 15-44 tahun.

Kondisi ini terjadi karena adanya ketidakseimbangan bakteri sehat pada vagina. Adapun gejala awal saat seseorang mengalami vaginosis bakterialis yaitu  berupa bau amis, yang bisa berkembang menjadi cairan berbusa, berwarna abu-abu, atau kehijauan. Bahkan, beberapa wanita mengeluhkan rasa gatal pada vaginanya.

2. Trikomoniasis

Trikomoniasis adalah infeksi menular seksual (IMS) non-virus yang paling umum di dunia. Trikomoniasis adalah penyakit parasit yang biasanya tidak menimbulkan banyak gejala.

Meski begitu, beberapa orang mengalami gejala, namun tidak kentara seperti keputihan berwarna hijau kekuningan dengan bau yang tidak sedap, dan vulva bisa menjadi sedikit merah dan gatal. 

3. Kandiasis

Infeksi jamur juga disebut kandidiasis vagina adalah kondisi umum yang lebih mungkin terjadi pada orang yang sedang hamil, memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, menderita diabetes, baru-baru ini mengonsumsi antibiotik, dan sedang menggunakan kontrasepsi hormonal.

Saat seseorang mengalami kandiasis, biasanya gejala yang dialami dapat berupa rasa gatal dan iritasi pada lubang vagina dan/atau keluarnya cairan kental seperti dadih. Namun, terkadang bau seperti rotilah yang pali menonjol dari gejala kandiasis. 

4. Infeksi saluran kemih

Jika vagina dan urinemu mengeluarkan bau seperti amonia (bau yang menyengat), bisa jadi kamu mengalami infeksi saluran kemih. Hal ini lebih mungkin terjadi jika ISK tidak diobati.

Pasalnya, ‘infeksi yang tidak diobati juga tidak hanya dapat menyebabkan demam, tapi juga dapat menyebabkan bau yang tidak sedap dan sangat menyengat.

5. Penyebab lain, seperti makanan, obat, dan siklus haid

Selain beberapa penyebab miss V bau tidak sedap seperti yang disebutkan di atas, ada beberapa faktor yang bisa mengubah bau vaginamu, di antaranya: 

  • Makanan: Sama seperti beberapa makanan yang dapat mengubah bau mulut, makanan yang kamu makan juga dapat mengubah aroma vaginamu. Faktanya, mengonsumsi bawang bombay, bawang putih, asparagus, kari, dan daging merah dapat menyebabkan miss V berbau tak sedap.
  • Obat-obatan: Obat-obatan tertentu juga dapat mengubah bau vagina, lho! Obat tersebut di antaranya antibiotik dan obat kortikosteroid yang dapat menyebabkan terlalu banyak jamur tumbuh di vagina sehingga menimbulkan bau tidak sedap.
  • Menstruasi: Saat menstruasi tiba, kamu mungkin akan menyadari bahwa vagina memiliki bau yang berbeda atau lebih kuat dari biasanya. Selain darah, ada juga jaringan dari rahim, bahkan mungkin bakteri dari rahim yang dikeluarkan saat kamu sedang menstruasi hingga menyebabkan bau tak sedap.

11 Cara Menghilangkan Bau Miss V Setelah Haid, Ampuh Hilangkan Bau Tak Sedap!

Cara merawat miss V agar bersih keset harum rapat

cara merawat miss v agar bersih keset harum rapat wajib wanita tahu

Berikut beberapa cara untuk merawat miss V agar bersih keset harum rapat yang bisa kamu lakukan:

1. Hindari konsumsi makanan dengan bau menyengat 

Rempah-rempah, makanan yang diasap, bawang merah, bawang putih, brokoli, asparagus, dan kopi semuanya ada dalam daftar makanan yang terkadang bisa mengubah vagina bau.

Tak hanya itu, mengonsumsi daging, produk susu, dan alkohol dalam jumlah berlebihan juga bisa membuat vagina berbau menyengat dan asam, lho! Oleh karena itu, hindari konsumsi dengan bau menyengat untuk mencegah timbulnya bau pada miss V.

2. Bersihkan vagina dengan baik

Kamu bisa menjaga kebersihan vagina untuk membantu mengurangi bau vagina. Beberapa tipsnya antara lain:

  • Menyeka vagina dari depan ke belakang, karena ini mencegah kotoran masuk ke dalam vagina
  • Buang air kecil segera setelah berhubungan seks
  • Menggunakan sabun lembut bebas pewangi pada bagian vulva saja
  • Mengganti pakaian dalam setiap hari, atau saat pakaian dalam berkeringat dan kotor
  • Mencuci pakaian dalam dengan produk tanpa pewangi
  • Mandi setelah berkeringat, karena keringat yang terperangkap dapat meningkatkan bau vagina
  • Bila timbul bau yang tidak sedap, basuhlah vulva dengan air

3. Hindari memakai pakaian ketat

Cara merawat miss V agar bersih, keset, harum, dan rapat, pastikan kamu menghindari pemakaian pakaian ketat yang dapat menyebabkan gesekan dan kelembaban di area intim. 

Pakaian ketat dapat mengganggu sirkulasi udara di sekitar miss V, menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan seperti katun, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim.

4. Konsumsi daun sirih

Daun sirih dikenal memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang dapat membantu menjaga kesehatan miss V. Kamu dapat mengonsumsi daun sirih secara langsung atau dengan cara memasukkannya ke dalam minuman hangat. 

Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mencuci miss V. Caranya, seduh daun sirih dengan air hangat dan gunakan airnya untuk membersihkan area intim. Selain memiliki sifat antiseptik, daun sirih juga dipercaya dapat membuat miss V keset dan harum.

5. Senam kegel

Senam Kegel merupakan latihan otot dasar panggul yang dapat membantu mengencangkan otot-otot di sekitar miss V. Latihan ini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan organ intim, tetapi juga dapat membantu mengatasi masalah inkontinensia urin. Lakukan senam Kegel secara teratur untuk menjaga elastisitas dan kekencangan otot-otot di sekitar miss V.

Bentuk Miss V Seperti Jengger Ayam? Ini Dia Penyebabnya!

Itulah beberapa cara merawat miss V agar bersih keset harum rapat. Pastikan kamu menerapkan ini secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference