flek coklat berhari-hari

Ladies, pernahkah kamu merasa bingung ketika melihat bercak coklat ada di celana dalam namun kamu belum waktunya mengalami datang bulan? Bercak coklat yang keluar dari vagina seringkali membuat wanita merasa bingung, apakah hal ini normal atau ciri penyakit ya?

Keluar flek coklat berhari hari padahal belum memasuki siklus haid bisa terjadi karena berbagai macam penyebab lho, ladies. Yuk cari tahu apa yang menjadi penyebab dari flek coklat yang sering terjadi pada wanita.

Apa itu flek coklat?

Flek atau bercak coklat umumnya datang ketika wanita hendak memasuki masa haid, warna darah haid normal memiliki warna yang lebih gelap dua tingkat dari perdarahan pada umumnya. Semakin gelap darah yang keluar pada saat menstruasi, mulai dari warna merah tua hingga coklat, maka darah tersebut berusia lebih tua atau aliran darahnya lambat.

Darah menstruasi juga dapat berwarna merah terang atau darah segar yang disebabkan karena laju perdarahan yang cepat dan biasanya baru saja terjadi. Lalu apa yang menjadi sebab dari flek coklat yang keluar jauh sebelum masa haid dimulai?

10 Penyebab keluar flek coklat berhari hari

Flek yang berwarna kecoklatan ternyata bisa disebabkan karena berbagai macam hal. Flek coklat yang terjadi pada wanita bisa disebabkan karena hal berikut ini:

1. Tanda kehamilan

Flek coklat bisa menjadi tanda bahwa pembuahan berhasil. Flek ini bisa menjadi tanda kehamilan yang biasanya disebut dengan perdarahan implantasi. Jenis perdarahan ini umumnya terjadi pada 1-2 minggu setelah sel telur telah dibuahi.

Jenis fleknya berwarna coklat atau merah muda dan terkadang ada gejala lain yang menyertainya seperti sering buang air kecil, payudara terasa sakit, mual, muntah dan merasa lelah.

2. Gejala PMS

Flek coklat bisa terjadi karena kamu akan memasuki masa menstruasi atau PMS. Biasanya setelah adanya flek hitam, maka darah haid akan segera mengalir dan ini bukan hal yang perlu kamu khawatirkan.

3. Sisa darah menstruasi

Flek coklat bisa disebabkan karena cairan keputihan yang bercampur dengan darah tua sisa haid periode sebelumnya. Sisa darah ini menempel pada rahim dan bisa luruh sewaktu-waktu dan bukan karena masalah kesehatan tertentu.

4. Memakai alat kontrasepsi

Flek coklat yang terjadi karena kamu baru saja memasang alat kontrasepsi adalah hal yang umum terjadi. Selain itu, flek coklat bisa terjadi karena posisi KB spiral yang berada di dalam tubuh sedikit bergeser posisinya sehingga menyebabkan perdarahan hingga keluar flek coklat.

5. Cedera pada vagina

Cedera pada vagina bisa menjadi penyebab munculnya keluar flek coklat berhari hari hingga muncul darah. Cedera vagina bisa terjadi karena hubungan atau penetrasi yang kasar dan bisa juga terjadi karena kondom atau tampon yang tersangkut pada vagina.

6. Keguguran

Keguguran merupakan kondisi ketika kehamilan tidak mengalami perkembangan. Gejala flek coklat sering terjadi pada pada wanita yang mengalami keguguran. Embrio dan janin tidak berkembang dan muncul gumpalan darah, perdarahan dan flek kecoklatan.

7. Perimenopause

Flek coklat yang muncul pada usia 40-50 tahun bisa menjadi tanda dari perimenopause. Masa ini adalah peralihan sebelum masa menstruasi berhenti total atau biasanya disebut menopause. Terdapat gejala lain seperti perubahan suasana hati, sulit tidur, vagina kering, sensasi panas dari dalam tubuh hingga berkeringat.

8. Ovulasi

Sebanyak 3 persen wanita dapat mengalami flek coklat pada saat ovulasi. Perdarahan ringan ini bisa terjadi dalam siklus menstruasi ketika ovarium melepaskan sel telur dan biasanya terjadi pada 11-21 hari setelah hari pertama haid terakhir.

9. Polip rahim atau serviks

Polip adalah pertumbuhan jaringan abnormal kecil yang dapat terjadi pada sejumlah tempat, termasuk di rahim dan leher rahim. Polip umumnya bersifat jinak dan tidak bersifat kanker polip rahim bisa menyebabkan keluar flek coklat berhari hari dan bisa menjadi tanda yang perlu kamu waspadai segera.

10. Sindrom ovarium polikistik

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) bisa menjadi penyebab perdarahan yang tidak teratur. Kondisi ini terjadi karena ovarium atau kelenjar adrenal memproduksi banyak hormon pria. Beberapa wanita tidak mengalami menstruasi ketika mengalami PCOS. Gejala lainnya seperti nyeri panggul, haid tidak teratur, jerawat dan kemandulan.

Flek coklat sebelum haid

Flek coklat umum terjadi pada wanita sebelum mengalami menstruasi. Kondisi ini bisa terjadi dan disebabkan karena beberapa hal berikut ini:

  • Stres
  • Kehamilan
  • Perimenopause
  • Efek samping alat kontrasepsi
  • Infeksi organ kewanitaan

Keluar flek coklat berhari hari pada wanita sebelum haid merupakan hal yang sering terjadi dan cara untuk menguranginya seperti hindari stress, jaga berat badan, ganti alat kontrasepsi dan lakukan pemeriksaan pap smear (deteksi kanker serviks) secara rutin.

Flek coklat setelah haid

Flek coklat yang sering dialami wanita setelah haid bisa jadi merupakan sisa darah menstruasi yang menempel pada rahim dan keluar sewaktu-waktu. Sisa darah ini berwarna lebih gelap jika dibandingkan dengan darah biasanya. Flek darah tidak lagi berwarna merah terang karena telah teroksidasi setelah menempel atau mengendap di rahim.

Tekstur dari keluar flek coklat berhari hari setelah haid ini lebih kental, bergumpal, lengket dan kering. Umumnya wanita mengalami flek coklat ini 1-2 hari setelah haid selesai dan biasanya akan datang dan pergi selama satu sampai 2 minggu ke depan. Flek ini normal dan jika tidak disertai dengan gejal tertentu, maka kamu tidak perlu ke dokter ya, ladies.

Baca juga: Kenapa sudah selesai menstruasi tapi keluar darah lagi?

Apakah keluar flek coklat berhari hari berbahaya

Flek coklat yang terjadi pada wanita memang tidak selalu menandakan munculnya penyakit yang terjadi pada wanita. Meskipun begitu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter apabila mengalami hal seperti di bawah ini:

  • Keluar flek coklat berhari hari atau selama beberapa minggu
  • Flek hitam selalu terjadi seusai berhubungan seks
  • Aroma flek coklat tidak sedap
  • Muncul flek disertai rasa sakit atau kram perut
  • Flek coklat muncul dengan vagina gatal

Flek coklat dengan tanda-tanda ini bisa menjadi patokan untuk kamu segera memeriksakan diri ke dokter.

Kapan harus konsultasi ke dokter

Keluar flek coklat berhari hari yang tidak dapat dijelaskan diantara periode bisa kamu konsultasikan segera dengan tenaga kesehatan ya, ladies. Meskipun terkadang bukan hal yang perlu dikhawatirkan, namun cobalah untuk mencatat kapan flek muncul dan gejala apa yang menyertai sehingga kamu bisa memberikan informasi yang detail ke dokter.

Share artikel ini
Reference