bercak putih di tenggorokan

Sore Throat. Closeup Of Beautiful Young Woman Hand Touching Her Ill Neck. Healthcare and medical concept.

Bercak putih di tenggorokan bisa sangat mengganggu atau bahkan tidak sama sekali. Semua itu tergantuk pada penyebab bercak putih tersebut timbul. Tak mau itu terjadi? Yuk, kenali berbagai penyebab bercak putih dan cara mengatasinya.

Penyebab bercak putih di tenggorokan

Ada beberapa kemungkinan penyebab bintik putih di tenggorokan. Namun, yang paling sering menjadi penyebabnya ialah kuman.

  • Radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri Streptococcus (group A strep)
  • Tonsilitis. Kedua amandel di belakang tenggorokan menyaring kuman agar kamu tetap sehat, tetapi kuman itu bisa terperangkap di dalam dan menyebabkan infeksi.
  • Oral thrush, sejenis infeksi jamur di mulut yang disebabkan oleh Candida albicans
  • Mononukleosis (infeksi mononukleosis atau demam kelenjar disebabkan oleh virus Epstein-Barr, dan salah satu gejalanya adalah tonsilitis parah, yang menyebabkan bintik-bintik putih pada amandel.
  • Leukoplakia, biasanya disebabkan oleh merokok atau mengunyah tembakau

Berbeda penyebab, berbeda pula gejala yang ditimbulkan. Tapi ini tidak berlaku khusus. Beberapa gejala yang mungkin timbul umumnya ialah rasa pedih, gatal, atau terbakar pada tenggorokan. Rasa tersebut akan ter-notice saat kamu mengunyah.

Saat tenggorokan kering, gejala tersebut dapat semakin parah yang menyebabkan batuk sulit dihentikan. Bila terus dibiarkan, penyebab-penyebab di atas bisa terjadi yang akhirnya menimbulkan bercak-bercak putih di tenggorokan.

Ada sejumlah alasan mengapa kamu bisa memiliki bintik-bintik putih di amandel. Kemungkinan besar penyebabnya tidak serius, tetapi temui dokter jika kamu memiliki gejala mengkhawatirkan yang disebutkan di atas.

Cara mencegah bercak putih di tenggorokan

Mencegah lebih baik dari mengobati karena menjadi sakit rasanya sungguh tidak mengenakkan, bukan? Maka dari itu cara terbaik untuk mencegah bercak putih ditenggorokan yang paling utama adalah hidrasi yang cukup.

Kamu mungkin bosan mendengar ini, tapi hidrasi adalah benar merupakan kunci utama Kesehatan tubuh. Kekurangan cairan justru menyebabkan beragam masalah pada tubuh.

Cara lainnya ialah hindari asap kotor seperti kendaraan, rokok, pembakaran, bahan kimia lain. Gunakan masker dan bersihkan hidung dan tenggorokan sesering mungkin dengan air biasa atau air garam.

Hindari pula mengonsumsi alkohol dan minuman asam lainnya, tembakau, dan terutama bahan kimia lain yang mungkin masuk ke mulut dan tertelan.

Cara menghilangkan bercak putih di tenggorokan

Pengobatan yang dapat dilakukan untuk bintik-bintik putih di tenggorokan tergantung pada penyebabnya. Misalnya saja, bitnik putih yang disebabkan oleh radang tenggorokan, maka pengbatannya adalah antibiotik karena disebabkan oleh bakteri streptokokus. Berikut cara dan pengobatan lainnya.

1. Tonsilitis: jika disebabkan oleh virus, istirahat dan hidrasi yang cukup adalah kuncinya. Jika disebabkan oleh bakteri, antibiotik dapat diresepkan.

2. Sariawan mulut: dapat kamu obati dengan obat antijamur

3. Mononukleosis: penyebab penyakit ini oleh virus Epstein-Bar. Cara pengobatannya adalah istirahat dan hidrasi yang cukup. Kamu bisa mengonsumsi obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID) seperti ibuprofen (Advil dan Motrin) atau naproxen (Aleve) untuk membantu meredakan demam dan nyeri tubuh

4. Batu amandel: batu amandel dapat hilang dengan sendirinya. Pun bila kamu membutuhkan obat, kamu dapat menggunakan antibiotik untuk infeksi atau antihistamin untuk mengobati masalah sinus atau alergi. Cara lainnya yakni perawatan laser (laser tonsil kriptolisis), kriptolisis koblasi, dan operasi pengangkatan amandel (tonsilektomi)

5. Amandel membesar tanpa tanda-tanda infeksi dapat sembuh sendiri. Jika kamu memiliki masalah menelan, operasi pengangkatan amandel (tonsilektomi) mungkin direkomendasikan

6. Herpes mulut: obat yang bisa kamu gunakan yakni antivirus oral seperti asiklovir, famsiklovir dan valasiklovir, salep antivirus topikal seperti asiklovir dan penciclovir, dan anestesi topikal over-the-counter (OTC) atau obat anti-inflamasi untuk meredakan gejala

7. Leukoplakia: karena penyebabnya adalah rokok, maka kamu harus berhenti merokok. Begitupun dengan mengonsumsi tembakau dan alcohol. Dokter dapat menyarankan operasi pengangkatan bercak putih jika bisa menjadi kanker

8. Lichen Planus: yakni rasa terbakar atau sakit pada gusi. Lichen Planus dapat hilang dengan sendirinya, namun juga dapat bertahan bahkan bertahan selama bertahun-tahun. Kamu bisa menggunakan obat kumur dan semprotan untuk meredakan gusi yang terbakar atau sakit. Kortikosteroid ataupun imunosupresan

Cara menghilangkan bercak putih di tenggorokan memang susah-susah gampang. Dari pada menerka-nerka kondisi kerongkongan, lebih baik periksakan ke dokter. Terutama bila kamu menderita gejala selama lebih dari dua minggu.

Share artikel ini
Reference