cara mengobati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau

Telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau merupakan bentuk respons telinga pada rangsangan. Misalnya, jika kamu sering menggunakan earphone, produksi cairan dalam telinga dapat meningkat. Bila terus berlanjut tanpa perawatan yang tepat, cairan tersebut akan menumpuk, kotor, dan akhirnya terinfeksi dan mengeluarkan bau.

Bila kamu mendapati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau, sangat bijak kiranya untuk mengidentifikasi penyebab masalahnya muncul. Kotoran telinga yang berbau bisa mengindikasikan adanya masalah. Jika kotoran telinga berbau, itu mungkin disebabkan oleh kondisi medis atau komplikasi lainnya. Lalu, apa cara mengobati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau? Yuk, baca dulu fakta-faktanya.

Penyebab telinga mengeluarkan bau

Ada beberapa penyebab kotoran telinga mengeluarkan bau. Biasanya gejala lain juga muncul, dan mereka dapat membantumu mengidentifikasi masalah sampai ke akarnya.

1. Kotoran telinga yang berlebihan

Kotoran telinga yang berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan. Karena penyumbatan, lilin yang berlebihan mungkin berbau. Gejala tambahan dari kotoran telinga yang berlebihan adalah sakit telinga dan kesulitan mendengar.

2. Benda asing di telinga

Ada kemungkinan benda asing masuk ke telinga anak-anak dan orang dewasa. Anak-anak terkadang menaruh benda-benda seperti manik-manik, mainan kecil, dan makanan di telinga mereka karena penasaran. Anak-anak dan orang dewasa juga bisa kemasukan serangga di telinga mereka.

3. Kemasukan air

Kemasukan air biasanya disebabkan oleh air yang tertinggal di telinga setelah mandi atau berenang. Air membuat telinga bagian luar tetap lembab, yang menyebabkan infeksi. Telingamu mungkin terasa seperti masih di bawah air, dan infeksi dapat menyebabkan kotoran telinga berbau.

Gejala lain dari telinga kemasukan air meliputi, gatal di liang telinga, kemerahan di dalam telinga, nanah, hingga masalah pendengaran.

4. Kolesteatoma

Kolesteatoma adalah pertumbuhan kulit yang biasanya berupa kista. Mereka berkembang di belakang gendang telinga. Pertumbuhan kulit ini tidak bersifat kanker. Kamu mungkin mengalami kolesteatoma jika kamu telah mengalami banyak infeksi telinga tengah. Beberapa juga disebabkan bawaan atau cacat sejak lahir.

Kotoran telinga yang bau bisa menjadi salah satu gejala awal kolesteatoma. Gejala lainnya termasuk, perasaan ditekan di telinga, sakit di dalam atau di belakang telinga, dan penurunan fungsi otot wajah.

5. Kanker telinga

Kanker telinga sangat jarang terjadi, tetapi dapat terjadi di saluran telinga, telinga tengah, atau telinga bagian dalam. Ini dapat disebabkan oleh infeksi telinga yang sering, tetapi penyebab utamanya tidak diketahui. Kanker sel skuamosa adalah jenis kanker telinga yang paling umum. Jenis lainnya termasuk kanker sel basal, melanoma, karsinoma kistik adenoid, dan adenokarsinoma.

Gejala kanker telinga tergantung pada apakah itu terletak di saluran telinga, telinga tengah, atau telinga bagian dalam, dan mungkin termasuk, keluarnya cairan dari telinga yang mungkin termasuk darah, kelemahan di wajah, jika terletak di liang telinga, benjolan (jika terletak di saluran telinga), dan berdenging di telinga.

6. Infeksi telinga

Infeksi telinga biasanya terjadi di telinga tengah Anda. Mereka dapat berupa bakteri atau virus. Infeksi paling sering menyakitkan karena peradangan dan penumpukan. Infeksi telinga dapat menyebabkan drainase dan Anda mungkin merasakan bau yang tidak sedap.

Anak-anak dan orang dewasa dengan infeksi telinga mungkin juga memiliki tanda dan gejala seperti: sakit telinga, sering menarik telinga, kesulitan tidur atau mendengar, kehilangan keseimbangan, demam pada atau di atas 38˚C, dan sakit kepala.

Penyebab telinga keluar cairan kuning

Dalam kebanyakan kasus, keluarnya cairan dari telinga hanyalah kotoran telinga yang keluar dari tubuh. Ini alami. Kondisi lain yang dapat menyebabkan cairan kuning di telinga termasuk infeksi atau cedera.

1. Infeksi telinga tengah

Infeksi telinga tengah (otitis media) adalah penyebab umum keluarnya cairan dari telinga. Otitis media terjadi ketika bakteri atau virus masuk ke telinga tengah. Telinga tengah berada di belakang gendang telinga. Ini berisi tiga tulang yang disebut ossicles, yang sangat penting untuk pendengaran.

Infeksi telinga di telinga tengah dapat menyebabkan cairan menumpuk di belakang gendang telinga. Jika ada terlalu banyak cairan, ada risiko perforasi gendang telinga, yang dapat menyebabkan keluarnya cairan dari telinga.

2. Telinga perenang atau kemasukan air

Otitis eksterna, umumnya dikenal sebagai telinga perenang, terjadi ketika bakteri atau jamur menginfeksi saluran telinga. Ini biasanya terjadi ketika kamu menghabiskan waktu lama di air. Terlalu banyak kelembaban di dalam telinga dapat merusak kulit di dinding saluran telingamu. Hal ini memungkinkan bakteri atau jamur masuk dan menyebabkan infeksi.

Namun, telinga perenang tidak eksklusif untuk perenang. Ini dapat terjadi setiap kali ada kerusakan pada kulit saluran telinga yang mungkin terjadi jika kamu memiliki kulit yang teriritasi akibat eksim.

3. Trauma

Trauma pada saluran telinga juga dapat menyebabkan keluarnya cairan. Hal seperti itu dapat terjadi saat membersihkan telinga dengan kapas jika kamu mendorongnya terlalu dalam.

Peningkatan tekanan, seperti saat kamu di pesawat atau scuba diving, juga dapat mengakibatkan trauma pada telinga. Situasi ini juga dapat menyebabkan gendang telinga kamu pecah atau robek.

Trauma lainnya ialah trauma akustik, yakni kerusakan pada telinga akibat suara yang sangat keras. Dalam kasus akustik dapat menyebabkan gendang telinga pecah juga. Namun, kasus-kasus ini tidak biasa.

4. Penyebab yang kurang umum

Kondisi keluarnya cairan telinga ialah otitis eksterna ismalignan, komplikasi telinga perenang yang menyebabkan kerusakan pada tulang rawan dan tulang di dasar tengkorak.

Hal lainnya termasuk patah tulang tengkorak, dan mastoiditis, yang merupakan infeksi tulang mastoid di belakang telinga.

Gejala telinga keluar cairan kuning

Keluarnya cairan kuning dari telinga biasanya tidak perlu dikhawatirkan. Namun, siapa pun yang mengalami gejala yang mengkhawatirkan harus menemui dokter segera.

Gejala yang mungkin timbul dapat berupa:

  1. Adanya debit cairan yang bertahan selama lebih dari beberapa hari
  2. Garis-garis nanah putih atau kuning dalam cairan;
  3. Gejala lain bersama dengan kekuningan, seperti demam dan sakit kepala
  4. Gangguan atau perubahan pendengaran
  5. Kemerahan dan pembengkakan di saluran telinga itu sendiri

Untuk mendiagnosis secara akurat penyebab keluarnya cairan kuning dari telinga, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu. Mereka mungkin mencari tanda-tanda kerusakan pada telinga luar dan saluran telinga dan memeriksa apakah gendang telinga telah pecah.

Jika dokter melihat ada benda asing di telingamu, mereka mungkin mencuci saluran telinga untuk membersihkannya atau memerintahkan pengujian lebih lanjut atau prosedur lain untuk mengeluarkan benda tersebut.

Dalam beberapa kasus, dokter mungkin mengambil sampel cairan telinga untuk pengujian guna menemukan penyebab yang mendasarinya, seperti mengidentifikasi kuman penyebab infeksi.

Cara mengobati telinga mengeluarkan cairan

Perawatan untuk kedua masalah tersebut tergantung pada penyebabnya. Dalam beberapa kasus, kondisimu mungkin tidak memerlukan perawatan medis. Yuk, simak cara mengobati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau.

Misalnya, American Academy of Pediatrics menjelaskan pendekatan “tunggu dan lihat” selama 48 jam, disertai dengan tindak lanjut yang cermat, sebagai salah satu pilihan untuk mengobati sakit telinga ringan pada anak-anak.

Tanda-tanda infeksi telinga biasanya mulai hilang dalam satu atau dua minggu pertama, tanpa pengobatan apa pun. Obat nyeri mungkin diperlukan untuk mengatasi rasa sakit atau ketidaknyamanan. Jika anakmu berusia di bawah enam bulan atau mengalami demam di atas 38°C, dokter dapat meresepkan obat tetes telinga antibiotik.

Sebagian besar kasus trauma telinga juga sembuh tanpa pengobatan. Jika kamu memiliki robekan di gendang telinga yang tidak sembuh secara alami, dokter dapat menempelkan kertas khusus pada robekan tersebut. Tambalan ini membuat lubang tetap tertutup saat gendang telinga kamu sembuh. Jika tambalan tidak berfungsi, dokter akan memperbaiki telinga dengan operasi menggunakan tambalan kulitmu sendiri.

Untuk masalah dengan penyebab telingan perenang, dokter akan memberimu obat tetes telinga antibiotik untuk digunakan selama sekitar satu minggu. Dalam kasus yang parah, antibiotik oral juga akan diperlukan. Untuk hasil yang terjamin, cara mengobati telinga mengeluarkan cairan kuning dan berbau sebaiknya konsultasi ke dokter.

Share artikel ini
Reference