Banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh, salah satunya dengan berjalan kaki setiap hari.

Olahraga ini sangat sederhana dan mudah dilakukan kapan saja, dimana saja, bahkan dapat dibarengi dengan melakukan pekerjaan ringan lainnya.

Olahraga dengan berjalan kaki diketahui mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan. Salah satunya memiliki manfaat untuk promil dan secara khusus manfaat jalan kaki untuk kesehatan tubuh itu sendiri. Yuk simak apa saja manfaat jalan kaki di sini!

Manfaat jalan kaki untuk kesehatan

manfaat jalan kaki untuk promil

Jalan kaki ternyata hampir dapat dilakukan setiap hari. Di dalam rumah pun untuk menuju ke ruangan lainnya kamu bisa memanfaatkan momen tersebut untuk sedikit berolahraga.

Namun, memang jalan kaki yang nyaman untuk berolahraga perlu juga menggunakan sepatu dan pakaian yang nyaman serta mempunyai durasi yang lebih spesifik.

30 menit berjalan kaki setiap harinya sudah bisa menjadi pengalaman olahraga yang seru dan menyenangkan.

Ada banyak manfaat jalan kaki untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan, berikut manfaatnya:

1. Turunkan risiko penyakit kronis

25 tips menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penyakit kronis dapat menyerang tubuh jika kurang berolahraga. Jalan kaki bisa menjadi pilihan mudah olahraga untuk mengurangi kadar gula dalam darah dan menekan darah tinggi. 

Selain itu, dapat juga mengurangi risiko stroke, jantung, diabetes dan jenis penyakit kronis lainnya. Dengan berjalan kaki, tekanan darah akan stabil dan meningkatkan kesehatan.

2. Membuat suasana hati membaik

Sama halnya seperti makan cokelat, ternyata rutin berjalan kaki juga dapat menjadi cara untuk meningkatkan suasana hati menjadi semakin baik.

Ada rasa senang dan gembira yang dapat terbawa saat tubuh bugar karena sering berjalan kaki. Produktivitas semakin meningkat dan sistem saraf bekerja dengan optimal.

3. Kurangi varises

Daftar penyebab varises
Gambar dan kondisi varises setelah melahirkan

Varises disebabkan pembuluh darah vena yang bengkak, kondisi ini sering muncul pada area kaki dan betis.

Lakukan olahraga jalan kaki selama 30 menit setiap hari dapat mengurangi bengkak dan pembuluh darah yang menonjol pada kaki.

4. Perkuat otot betis dan paha

Paha dan betis yang besar bagi sebagian orang memang dapat mengganggu penampilan.

Untuk mengecilkan dan melatih kekuatan, jalan kaki selama 30 menit bisa terus dilakukan sehingga penampilan akan menjadi lebih baik serta kekuatan kaki akan bertambah.

5. Meringankan nyeri pada sendi

Dalam stiud yang diterbitkan oleh American Journal of Preventive Medicine tahun 2019, disebutkan bahwa orang dewasa banyak mengalami nyeri sendi pada bagian tubuh bawah.

Hal ini dapat diatasi dengan olahraga seperti jalan kaki sehingga persendian akan semakin kuat dna nyeri berkurang. Setidaknya luangkan waktu berjalan kaki 10 menit setiap hari.

6. Perbaiki kualitas tidur

tidur yang cukup

Pola tidur dan istirahat yang baik akan membantu kualitas hidup setiap harinya.

Jika kesulitan tidur, maka cobalah rutin berjalan kaki untuk mengurangi gangguan tidur seperti stress dan kecemasan.

Pola olahraga yang rutin akan membantu mengatasi gangguan tidur yang terus datang dan merusak kesehatan.

7. Memacu kreativitas

Dalam beberapa penelitian disebutkan bahwa jalan kaki bisa dijadikan media untuk berpikir lebih kreatif.

Manfaat jalan kaki untuk mendapatkan sumber vitamin dan terbebas dari rasa cemas sehingga kreativitas perlahan akan meningkat dengan sendirinya.

8. Turunkan berat badan

Untuk menjaga metabolisme tubuh berjalan dengan jalan, kamu dapat mencoba olahraga ringan seperti jalan kaki setiap hari demi mendapatkan tubuh yang ideal.

Ada 200 kalori yang bisa dibakar jika rutin melakukan jalan kaki setiap harinya. Pada akhirnya lemak perut akan berkurang dan berat badan jauh lebih ideal.

9. Melancarkan sistem pencernaan

masalah pencernaan

Gangguan pencernaan sering terjadi karena tubuh tidak banyak bergerak setelah makan berat.

Untuk mengatasinya, lakukan olahraga ringan seperti jalan kaki selama 30 menit agar meringankan gejala dan permasalah pada sistem pencernaan.

Gula darah juga akan semakin membaik sehingga tidak melonjak membahayakan tubuh.

10. Tingkatkan sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan tubuh yang menurun dapat memberikan peluang penyakit masuk ke dalam tubuh lebih besar seperti gejala flu atau jenis penyakit lain akibat paparan radikal bebas.

Untuk menguatkan sistem imun, olahraga ringan bisa terus setiap hari dilakukan seperti jalan kaki dengan intensitas yang rutin.

Sistem kekebalan tubuh perlahan akan terbentuk dan lebih kuat dari sebelumnya serta dapat menahan berbagai gejala yang parah dari berbagai keluhan kesehatan lain.

Selain untuk manfaat kesehatan secara umum seperti diatas, disebutkan bahwa ada manfaat jalan kaki untuk promil yang bisa didapatkan oleh pasangan suami istri yang menginginkan keturunan, apakah ini benar?

6 Fakta Manfaat Buah Duwet Untuk Promil, Yuk Intip!

Apakah jalan kaki bisa meningkatkan peluang hamil?

manfaat jalan kaki untuk program hamil

Pada dasarnya setiap pasangan suami istri memang menginginkan memiliki keturunan baik cepat atau lambat.

Ada banyak faktor yang mempengaruhi kesuburan pada pria dan wanita sehingga mudah memperoleh keturunan seperti kesehatan tubuh, mental, dan sistem reproduksi yang baik. Namun benarkah ada manfaat jalan kaki untuk promil?

Fattanya, dengan melakukan olahraga jalan kaki secara rutin, kebiasaan ini memang dapat meningkatkan peluang pasangan promil untuk segera memiliki keturunan.

Olahraga akan memberikan manfaat yang sangat baik untuk tubuh wanita sehingga baik untuk mempersiapkan kehamilan.

Tingkatkan Peluang Kehamilan, Ini Manfaat EVOO untuk Promil

Jalan kaki juga sangat disarankan sebagai olahraga ringan ibu hamil agar memiliki kondisi yang fit setiap harinya. Jalan kaki bisa dilakukan dimana dan kapan saja serta tidak membutuhkan banyak alat tambahan sehingga bisa menjadi pilihan.

Jenis olahraga untuk meningkatkan peluang kehamilan ini tentu perlu dibarengi dengan penerapan promil yang baik seperti makan makanan sehat, olahraga dan istirahat yang cukup serta rutin berkonsultasi dengan dokter jika ada masalah dalam organ reproduksi. Jangan ragu untuk sempatkan jalan kaki setiap hari, ya! 


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference