apakah air kelapa boleh diminum saat haid

Siapa sih yang gak suka air kelapa? Apalagi air kelapa muda! Di Indonesia, air kelapa adalah minuman yang dikenal enak dan menyegarkan. Kamu mungkin jarang menemukan orang yang tidak menyukai minuman ini.

Selain enak dan menyegarkan, air kelapa adalah minuman yang juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, lho! Hal ini dikarenakan air kelapa juga dapat membantu mengisi kembali tubuh dengan elektrolit dan mineral. 

Meskipun demikian, ternyata masih banyak orang yang masih meragukan khasiat minuman yang satu ini, terutama meragukan soal keamanannya bagi orang yang sedang dalam masa haid. Jadi, apakah boleh minum air kelapa saat haid? Yuk, simak jawabannya di artikel berikut ini!

Apakah boleh minum air kelapa saat haid?

Banyak mitos saat menstruasi yang beredar di masyarakat tentang minum air kelapa saat haid, mulai dari air kelapa yang bisa menyebabkan darah menjadi kental, hingga keputihan yang berlebihan. Padahal hal ini belum tentu disebabkan karena konsumsi air kelapa, tetapi karena ketidakseimbangan hormon atau adanya infeksi.

Namun, benar tidaknya hal ini memang belum terbukti secara ilmiah. Air kelapa sendiri memiliki berbagai manfaat bagi tubuh karena mengandung elektrolit dan mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Karena kandungan elektrolit di dalamnya, cairan ini sering menjadi alternatif minuman yang sehat.

Elektrolit sendiri merupakan mineral penting termasuk kalium, natrium, kalsium, dan magnesium yang memiliki banyak fungsi dalam tubuh. Bahkan bukan hanya itu, air kelapa juga mengandung berbagai vitamin, yaitu vitamin B1, B2, B3, B6, C dan asam folat.

Bahkan bagi kamu yang sedang dalam program penurunan berat badan, air kelapa juga bisa menjadi pilihan yang tepat, lho! Hal ini dikarenakan air kelapa tergolong minuman bebas lemak dan kolesterol, rendah kalori dan rendah gula.

Ternyata bukan hanya itu. Air kelapa juga mengandung fitoestrogen, yaitu zat alami pada tumbuhan yang secara struktural mirip dengan estrogen dalam tubuh manusia. Estrogen merupakan hormon pada wanita yang berperan penting dalam siklus menstruasi. Karena kandungannya yang beragam, minum air kelapa saat haid tentu saja diperbolehkan.

Makan Timun saat Haid Bikin Darah Haid Tak Lancar, Mitos atau Fakta?

Ragam manfaat minum air kelapa saat haid

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air kelapa memiliki banyak kandungan yang sangat baik bagi kesehatan. Oleh karena itu, kamu tidak perlu ragu tentang manfaat yang bisa didapatkan dengan minum air kelapa, termasuk saat kamu haid. Beberapa manfaatnya adalah:

Mengatasi dismenore

dismenore adalah

Salah satu penyebab kram saat haid adalah kadar kalium tubuh yang terlalu rendah. Sementara itu, air kelapa merupakan minuman yang dapat memberikan asupan kalium bagi tubuh.

Dengan kata lain, minum air kelapa saat haid dapat membantu mengurangi risiko kram perut. Faktanya, minum air kelapa selama haid juga dapat meredakan gas, nyeri payudara, dan keinginan makan berlebihan yang terkait dengan PMS.

Ladies, Ini Tips Sederhana Atasi Dismenore Atau Kram Menstruasi

Mencegah dehidrasi

Wanita yang sedang menstruasi rentan mengalami dehidrasi dan anemia karena kehilangan banyak cairan. Akibatnya, gejala nyeri haid seperti sakit kepala dan kram perut bisa bertambah parah.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Medicine & Science in Sports and Exercise menunjukkan bahwa air kelapa dapat membantu mencegah dehidrasi dengan mengisi kembali cairan tubuh yang hilang.

Mengobati sembelit

Air kelapa adalah obat alami untuk diare dan sembelit. Kandungan elektrolit yang tinggi dalam air kelapa dapat membantu meredakan gejala diare atau sembelit yang sering dialami sebagian wanita saat haid.

Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan air kelapa sebagai obat diare alami dibandingkan dengan oralit yang ada di pasaran.

Makanan Penyebab Sembelit Yang Perlu Kamu Waspadai

Menjaga stabilitas mood

mood swing saat haid

Kandungan mineral air kelapa berperan penting dalam menjaga kestabilan mood. Senyawa ini bahkan dapat membantu melawan gejala depresi dan beberapa gangguan terkait kesehatan mental lainnya.

Mood Swing saat Haid Bisa Diatasi dengan Cara Ini lho, Girls!

Mencegah migrain

Kandungan magnesium dalam air kelapa dapat mencegah migrain atau sakit kepala. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa mineral ini dapat mengobati migrain dan mengurangi gejala akut.

Rendah kalori

Secangkir air kelapa mengandung 45 kalori, sehingga baik dikonsumsi, bahkan untuk wanita yang sedang haid. Academy of Nutrition and Dietetics merekomendasikan air kelapa sebagai pengganti jus atau soda, yang juga mengandung mineral dan elektrolit.

Kaya kalium

Kandungan kalium yang tinggi pada air kelapa menjadikan buah ini sebagai minuman sehat bagi wanita yang sedang haid. Dalam sekitar 250 mililiter air kelapa, sudah ada kandungan kalium yang setara dengan pisang, salah satu bahan makanan dengan sumber kalium terlengkap.

Tubuh Kekurangan Kalium? Waspada Penyakit Hipokalemia

Kaya magnesium

Magnesium mendukung distribusi kalsium dan kalium di otot tubuh sehingga tubuh lebih rileks, terutama saat haid. Dengan cara ini, kamu bisa terhindar dari kram perut dan nyeri selama haid.

Tinggi asam amino

Air kelapa mengandung asam amino yang cukup tinggi untuk membantu tubuh merespons stres, termasuk saat kamu haid. Air kelapa juga mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin dibanding susu sapi. Kandungan-kandungan ini bisa menjaga kesehatan jantung.

Nah, kamu gak perlu bertanya-tanya lagi apakah boleh minum air kelapa saat haid diperbolehkan atau tidak. Yuk, bagikan artikel ini agar lebih banyak orang tahu!

Share artikel ini
Reference