manfaat saffron untuk rahim

manfaat saffron untuk rahim

Beberapa tahun belakangan ini, rempah saffron sedang banyak digemari karena terkenal dengan khasiatnya untuk kesehatan. 

Selain bisa meningkatkan suasana hati, manfaat saffron untuk rahim juga tidak kalah menarik, lho.

Penasaran? Yuk, bahas selengkapnya di bawah ini!

Apa itu saffron?

Pertama-tama, apakah kamu sudah tahu apa itu saffron? Yap, saffron adalah rempah-rempah yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk tujuan kuliner dan pengobatan.

Bahan alami ini berasal dari bunga crocus sativus, yang hanya tumbuh di daerah tertentu. Saffron juga sering digunakan dalam masakan sebagai bahan pewarna dan aroma, lho.

Nah, salah satu manfaat utama dari saffron adalah kemampuannya untuk meningkatkan suasana hati dan mengurangi gejala depresi. 

Senyawa yang disebut safranal dan crocin dalam saffron dapat membantu meningkatkan produksi serotonin, neurotransmitter yang bertanggung jawab untuk mengatur suasana hati dan emosi. 

Bahkan, beberapa penelitian bahkan menunjukkan bahwa saffron dapat sama efektifnya dengan obat antidepresan dalam mengobati depresi ringan hingga sedang. Menarik, ya?

Manfaat saffron untuk rahim

Tak hanya manfaat di atas saja, saffron juga berperan penting untuk kesehatan rahim, lho. Sebab, saffron dapat membantu mengurangi gejala PMS pada wanita, seperti mengurangi gejala menstruasi seperti nyeri dan perubahan suasana hati. 

Hal ini dikarenakan senyawa dalam saffron diketahui memiliki efek analgesik dan anti-inflamasi, yang dapat membantu meredakan rasa sakit dan peradangan terkait PMS.

Namun, hindari menggunakan saffron ketika hamil karena bisa meningkatkan risiko maag, masalah pencernaan, dan tekanan darah tinggi.

Khasiat bunga saffron

Selain untuk rahim, perlu diketahui bahwa ada berbagai khasiat bunga saffron yang baik untuk kesehatan tubuh dan mental, seperti di bawah ini.

  • Mengobati disfungsi ereksi

Disfungsi ereksi (DE) adalah kemampuan mempertahankan ereksi pada pria. Dari berbagai obat herbal yang ada, saffron merupakan salah satu solusi terbaiknya. Untuk itu, kamu bisa mengobatinya dengan konsumsi saffron 30 miligram dalam sehari.

  • Mengatur tekanan darah

Fluktuasi detak jantung dan tekanan darah sering terjadi pada wanita yang sedang hamil. Namun, mengonsumsi saffron selama kehamilan dapat membantu masalah ini karena ada kandungan antioksidan bernama crocin, picrocrocin, safranal, dan crocetin yang diketahui dapat menurunkan tekanan darah tinggi. 

  • Menambah antioksidan

Saffron mengandung antioksidan yang cukup tinggi dan baik untuk tubuh. Sebab, zat ini bisa membantu melawan kerusakan sel dan mencegah kanker atau penyakit lainnya.

Penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan dalam saffron sehat untuk otak dan sistem saraf.

Crocetin, crocin dan safranal, tiga antioksidan yang ditemukan dalam saffron, dapat membantu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar.

Zat ini juga dapat membantu mencegah kondisi neurologis, seperti penyakit Parkinson.

  • Mengobati kejang

Saffron digunakan sebagai obat antikejang dalam pengobatan rakyat Iran. sebab, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa rempah ini dapat mempersingkat beberapa jenis kejang.

  • Mengobati depresi

Rempah ini juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan mental lho, seperti mengobati depresi. Depresi adalah gangguan kesehatan mental yang memengaruhi jutaan orang di seluruh dunia. Namun, efektivitasnya harus ditelurusi dan diteliti lebih lanjut lagi.

  • Menjaga berat badan

Ngemil adalah kebiasaan umum yang dapat menyebabkan kamu bertambah berat badan. Menurut penelitian, saffron dapat membantu mencegah ngemil dengan menahan nafsu makan.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang saffron, seperti manfaatnya untuk rahim dan kesehatan mental.

Kesimpulannya, saffron merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Jadi, kamu bisa menggunakannya sesuai kebutuhan, ya. 


Penulis: Nabila Ramadhani

Share artikel ini
Reference