pembalut keputihan

Sering terjadi pada wanita baik sebelum maupun setelah menstruasi, keputihan bisa menyebabkan celana dalam terasa lembab. Untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan pembalut keputihan.

Pembalut dengan jenis ini akan membantu menyerap cairan keputihan sehingga daerah intim tetap kering. Lalu, apa itu pembalut keputihan, bagaimana fungsinya, dan seperti apa bentuknya? Berikut adalah rangkumannya.

Apa itu pembalut keputihan?

Pembalut keputihan atau disebut sebut sebagai pantyliner adalah jenis pembalut tipis yang dibuat untuk menyerap dan menahan keputihan. Sesuai dengan namanya, pembalut ini tidak dibuat untuk menyerap darah menstruasi yang banyak.

Terlepas dari fungsinya yang berbeda, cara menggunakan pembalut untuk keputihan sama dengan pembalut pada umumnya. Jadi, kamu cukup menempelkan pantyliner ke celana dalam. Lantas, apa saja jenis-jenis yang bisa kamu coba?

Jenis-jenis pembalut keputihan

Sama seperti pembalut biasa pada umumnya yang hadir dalam beraneka ragam bentuk, bahan, jenis, dan ukuran, ternyata juga memiliki beberapa pilihan. Berikut 2 jenis pembalut keputihan yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Pembalut keputihan sekali pakai

Jenis yang paling umum adalah pantyliner sekali pakai. Artinya, pembalut jenis ini hanya digunakan untuk satu kali pemakaian dan dibuang setelahnya. Agar tetap bersih dan segar sepanjang hari, gantilah pantyliner setiap 3-5 jam.

Pantyliner Dapat Digunakan Setiap Hari? Ini Manfaatnya

2. Pembalut keputihan cuci ulang

Pernah mendengar pembalut kain atau pembalut cuci ulang? Beberapa pembalut sekarang hadir dalam bentuk yang lebih ramah lingkungan. Setelah pemakaian, kamu bisa mencuci dan menggunakannya kembali sebanyak lebih dari satu kali.

Seperti apa bentuk dan ukurannya?

Memang benar jika pembalut jenis ini memiliki bentuk yang serupa dengan pembalut biasa pada umumnya. Akan tetapi, pembalut ini memiliki ukuran yang sangat tipis dan kecil sehingga banyak penggunanya merasa seperti tidak mengenakan pembalut.

Selain kecil dan nyaman, pantyliner keputihan hadir dalam berbagai bentuk entah itu memiliki sayap ataupun tanpa sayap. Sementara, jika kamu memilih yang berbahan kain, kamu mungkin akan menemukan warna, bahan, dan daya serap yang beragam.

Terlepas dari bentuk dan jenis pembalut di atas, pastikan kamu juga mengetahui fungsi dari pembalut keputihan.

Apa saja fungsinya?

jenis pembalut keputihan

Pembalut keputihan dirancang melindungi celana dalam dari cairan keputihan, menjaga daerah intim tetap kering, segar, dan bersih sepanjang hari. Tentu saja fungsinya tidak sekedar melindungi dan menjaga daerah intim dari kelembaban keputihan.

Jika kamu tertarik atau akan menggunakan pantyliner, ketahuilah berbagai fungsi dan manfaat yang ditawarkan seperti:

  • Menyerap cairan keputihan sehari-hari
  • Mengatasi inkontinensia urin ringan
  • Menyerap darah menstruasi ringan di akhir periode mens
  • Menyerap bercak noda darah menstruasi
  • Bisa digunakan bersama dengan tampon ataupun menstrual cup
  • Menjaga kelembapan daerah intim
  • Menjaga kebersihan pakaian dalam
  • Menyerap cairan postpartum ringan

Selain beberapa fungsi di atas, kamu juga bisa menggunakan jenis pembalut ini setelah berhubungan seks. Jenis pembalut ini bisa menampung sedikit tetesan atau cairan yang keluar setelah melakukan hubungan seksual.

Baik itu yang sekali pakai maupun kain, pastikan kamu memilih sesuai dengan kebutuhan. Bila kamu masih bingung dengan pembalut keputihan yang aman, coba ikuti tips di bawah ini.

Tips memilih pembalut keputihan yang aman

Pembalut berukuran kecil dan tipis yang satu ini memang sangat nyaman untuk digunakan. Kamu tidak boleh sembarangan memilih karena berisiko memicu iritasi dan gatal. Berikut tips memilih pembalut keputihan yang aman:

  • Hindari pantyliner yang beraroma atau menggunakan parfum
  • Hindari yang berbahan serat sintetis
  • Pilihlah pantyliner keputihan dengan ekstrak kapas untuk mengatasi kulit sensitif

Saat kamu memakai pembalut keputihan, pastikan kamu menggantinya setiap 3-5 jam sekali. Sebisa mungkin, hindari pemakaian di malam hari karena bisa memicu infeksi.

Tidak lupa, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan termasuk mencuci tangan dengan sabun netral sebelum dan setelah menggunakan pembalut.

Bagaimana? Tertarik untuk menggunakan pembalut kecil dan tipis ini? Kamu bisa dapatkan langsung di website kami, Yoona Official Shop dengan mendaftar akun dan dapatkan promo gratis ongkir.

Share artikel ini
Reference