perbedaan telat haid karena stres dan hamil

Apakah ada perbedaan telat haid karena stres dan hamil? Jawaban singkatnya adalah tidak. Sejauh penelusuran kami, belum ada penelitian yang menunjukkan perbedaannya. Namun yang pasti, stres dapat memicu berbagai masalah kesehatan termasuk memengaruhi pola haid.

Stres dapat menyebabkan haid terlambat dengan cara mengganggu pola hormonal. Hormon kamu harus memenuhi tingkat tertentu dan mengikuti pola tertentu untuk memicu ovulasi dan menstruasi. Jika stres menghalangi hal ini dapat menyebabkan siklus yang kacau. 

Bisakah stres sebabkan telat haid?

Hipotalamus adalah bagian otak yang mengontrol menstruasi. Sensitif terhadap faktor eksternal seperti olahraga, tidur, stres, atau pekerjaan. Ketika bekerja dengan benar, hipotalamus melepaskan bahan kimia yang merangsang kelenjar pituitari, yang kemudian merangsang ovarium untuk melepaskan hormon estrogen dan progesteron pemicu menstruasi.

Kortisol, yang merupakan hormon yang dibuat tubuh saat sedang stres, dapat mendatangkan malapetaka pada interaksi hipotalamus/hipofisis/ovarium dan mengakibatkan menstruasi yang tidak teratur.

Bergantung pada bagaimana tubuhmu mentolerir stres, kortisol dapat menyebabkan menstruasi tertunda atau tidak ada menstruasi sama sekali (amenore). Jika stres berlanjut, kamu bisa tidak menstruasi untuk waktu yang lama.

Ladies, Ini Ciri-Ciri Telat Haid Karena Stres!

Stres yang lebih ringan mungkin memiliki dampak yang lebih kecil, dan stres yang berat mungkin memiliki dampak yang lebih dramatis yang bertahan lebih lama. Semakin tinggi kadar kortisol, semakin besar kemungkinan kamu mengalami menstruasi yang hilang atau tidak teratur.

Beda gejala haid dan tanda hamil

program hamil untuk haid tidak teratur

Berikut ini adalah gejala-gejala umum haid dan tanda kehamilan.

Perubahan suasana hati

Kram perut bisa menjadi gejala haid dan awal kehamilan. Merasa mudah tersinggung, cemas, atau sedih, atau menangis, umum terjadi pada awal kehamilan dan hari-hari menjelang menstruasi.

Gejala PMS ini biasanya hilang begitu menstruasi dimulai. Namun, jika perubahan suasana hati terus berlanjut dan seseorang melewatkan menstruasi, ini mungkin menunjukkan kehamilan.

Sembelit

Perubahan hormon adalah penyebab umum sembelit pada wanita. Karena fluktuasi hormon dapat memperlambat gerakan usus.

Wanita hamil kemungkinan besar mengalami konstipasi dalam dua trimester pertama, sementara wanita dengan masalah usus terkait PMS biasanya mengalami kelegaan setelah menstruasi dimulai.

Nyeri payudara

Perubahan payudara adalah gejala umum dari PMS dan awal kehamilan. Perubahan tersebut dapat meliputi:

  • nyeri
  • payudara terasa lembut
  • pembengkakan
  • berat
  • sensitif
  • jaringan payudara bergelombang

Tingkat keparahan gejala ini bervariasi di antara individu. Namun, pada orang dengan PMS, gejala yang berhubungan dengan payudara biasanya paling signifikan sebelum periode menstruasi, dan biasanya membaik selama periode atau setelah berakhir.

Pada awal kehamilan, payudara mungkin terasa sangat lembut saat disentuh, dan seringkali menjadi lebih berat. Area di sekitar puting mungkin terasa perih atau perih. Beberapa wanita juga mengembangkan pembuluh darah biru yang lebih terlihat di dekat permukaan payudara.

Gejala payudara selama kehamilan dimulai 1 atau 2 minggu setelah pembuahan dan dapat bertahan hingga persalinan.

Telat Haid 1 Bulan: Penyebab dan Cara Mengatasinya

Kelelahan

Hormon progesteron berkontribusi terhadap kelelahan sebelum menstruasi. Kelelahan biasanya hilang setelah menstruasi dimulai. Bagi wanita dengan menstruasi yang berat, rasa lelah yang berlebihan bisa berlangsung sepanjang periode tersebut. Ini juga bisa menjadi tanda anemia defisiensi besi.

Kelelahan juga merupakan gejala umum kehamilan awal. Ini sering berlanjut sepanjang trimester pertama, dan beberapa wanita merasa lelah selama 9 bulan penuh. Sulit tidur dan sering buang air kecil di malam hari dapat memperburuk kelelahan kehamilan.

Pendarahan atau bercak

Bercak ringan atau perdarahan dapat terjadi pada awal kehamilan. Ini disebut pendarahan implantasi, dan biasanya terjadi 10–14 hari setelah pembuahan. Banyak wanita tidak mengalami pendarahan implantasi karena darah yang keluar lebih ringan daripada menstruasi.

PMS biasanya tidak menyebabkan bercak, meski menstruasi bisa sangat ringan pada hari pertama. Biasanya, perdarahan menstruasi berlangsung selama 4 atau 5 hari, dan menyebabkan kehilangan darah yang lebih signifikan daripada bercak implantasi.

Gejala yang lebih mungkin menandakan kehamilan meliputi:

Haid yang terlewatkan

Kehilangan menstruasi adalah salah satu tanda kehamilan yang paling jelas. Jika haid terlambat 1 minggu dan kemungkinan hamil, lakukan tes kehamilan. Banyak tes yang sangat sensitif dan dapat mendeteksi hormon kehamilan beberapa hari sebelum terlambat haid.

Mual

Cara mengatasi mual saat haid

Mual dan muntah sering terjadi pada awal kehamilan. Mual mempengaruhi hingga 80 persen ibu hamil. Mual dan muntah biasanya dimulai sebelum minggu ke-9 kehamilan. Biasanya, gejala ini mereda pada trimester kedua, namun beberapa wanita mengalami mual selama kehamilan.

Perubahan puting

Meskipun perubahan payudara dapat terjadi selama PMS dan kehamilan, perubahan pada puting payudara jarang terjadi sebelum haid. Jika areola, area berwarna di sekitar puting susu, menjadi lebih gelap atau membesar, ini bisa menandakan kehamilan. Perubahan ini dapat terjadi sedini 1 atau 2 minggu setelah pembuahan.

Beberapa gejala lebih cenderung mengindikasikan kehamilan dini daripada periode haid yang akan datang. Namun, kamu hanya bisa memastikan dengan melakukan tes kehamilan di rumah atau mengunjungi dokter.

Cara melancarkan haid karena stres

Mandi 

Stres tidak dapat dihindari, tetapi respons terhadap stres dapat dikendalikan. Ini berarti mandi yang sangat menenangkan 3 kali seminggu dengan garam epsom dan minyak esensial bisa membantu. 

Atur Pola Tidur 

Tidur yang buruk atau jadwal tidur yang campur aduk (begadang lewat tengah malam dan bangun larut malam) semuanya membuat situasi stres. Tidur yang buruk secara fisiologis akan menyebabkan tingginya kadar hormon stres. 

Saat kamu berada di tempat tidur pada pukul 22.00 dan bangun pada pukul 06.30, Anda akan merasa lebih memegang kendali dan memiliki waktu di pagi hari untuk fokus dan siap menghadapi hari. 

Cobalah Maca

Mengonsumsi kopi di pagi hari dan alkohol di malam hari dapat meningkatkan kadar kortisol dan membuat kamu lebih stres dalam jangka panjang. Karena itu, cobalah bubuk akar maca sebagai penambah energi. Zat adaptogen yang ada di dalamnya dapat memberimu semangat tanpa merusak jadwal tidur!

—–

Penulis: Rahmadina Firdaus

Share artikel ini
Reference