buah yang tidak boleh dimakan saat haid

Saat kamu haid, mungkin mengalami berbagai gejala yang membuat kamu tidak nyaman seperti nyeri perut, pusing, kembung, hingga nyeri pada bagian payudara. Hal ini karena selama menstruasi dinding rahim berkontraksi sehingga menekan pembuluh darah di sekitarnya.

Ternyata, ada beberapa jenis makanan yang membuat nyeri menstruasi yang kamu alami menjadi lebih parah. Untuk mengantisipasi gejala saat haid semakin parah, kamu perlu menghindari konsumsi makanan seperti minuman berkafein, gandum olahan, hingga makanan dan minuman yang manis.

Tidak hanya itu, ada juga buah yang tidak boleh dimakan saat haid, seperti buah pepaya setengah matang. Hal ini karena bisa menyebabkan kontraksi spasmodik pada rahim. Kontraksi ini sendiri dihasilkan dari hormon oksitosin. Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Pengaruh buah pada gejala haid

mood swing saat haid

Efek buah pada gejala menstruasi pada dasarnya dapat mengurangi risiko gangguan gejala menstruasi seperti kram, pusing, kelelahan, kembung, diare, hingga mood yang tidak menentu.

Sementara buah-buahan dan sayuran merupakan sumber nutrisi dan serat yang penting dalam diet, dan membantu selama kamu menstruasi. Seperti semangka misalnya, buah ini bisa meredakan nyeri haid, salah satunya semangka.

Buah ini kaya akan air, sehingga akan membantu kamu tetap terhidrasi. Dengan begitu, gejala seperti sakit kepala saat menstruasi bisa dihindari. Selain semangka, asupan sayuran hijau, wortel, dan salmon juga dianggap sebagai makanan yang bisa mengatasi sakit kepala haid.

Sering Sakit Kepala saat Haid, Apakah Berbahaya?

Sebuah studi dari Spain University menemukan bahwa seseorang yang mengikuti diet vegetarian dan hanya makan lebih banyak buah dan sayuran dikaitkan dengan lebih sedikit kram dan mengurangi nyeri haid.

Buah yang tidak boleh dimakan saat haid

makanan untuk penderita jantung

Berikut berbagai buah dan makanan yang harus kamu hindari saat haid, antara lain:

1. Pepaya setengah matang

Sesuai penelitian, buah pepaya mentah atau setengah matang tidak aman dikonsumsi selama kehamilan dan menstruasi. Ditemukan bahwa pepaya mentah atau setengah matang menyebabkan kontraksi spasmodik rahim, mirip dengan kontraksi yang dihasilkan oleh hormon oksitosin.

Namun, para peneliti menyimpulkan bahwa makan pepaya matang aman selama periode menstruasi dan kehamilan dan tidak membahayakan bayi atau rahim yang sedang tumbuh.

Efek samping dari makan pepaya mentah atau setengah matang adalah terjadinya keguguran, hingga kerusakan atau ketidakteraturan pada bayi yang sedang tumbuh.

Selain itu, papain yang merupakan enzim pada pepaya setengah matang dapat meningkatkan kontraksi rahim dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan saat menstruasi. Jika kamu merasa sakit atau tidak nyaman setelah mengonsumsi pepaya, segera hentikan.

Jelas bahwa, pepaya setengah matang menjadi buah yang tidak boleh dimakan saat haid. Namun demikian, kamu tetap bisa konsumsi pepaya yang sudah matang saat haid.

Apakah Pepaya Muda untuk Ibu Hamil Berbahaya? Ini Faktanya!

2. Buah olahan

Makanan kaleng, daging olahan, dan barang-barang lain yang dibuat dengan bahan kimia dan pengawet dapat memperburuk kembung dan retensi air, termasuk buah olahan dalam kaleng. Kadar natrium yang tinggi tidak sehat setiap saat sepanjang bulan, tetapi mereka melakukan lebih banyak kerusakan selama menstruasi kamu.

3. Makanan yang manis

makanan yang manis

Cobalah untuk menghindari camilan manis, hal ini karena bisa kembung dan gas. Gula tinggi yang singkat pasti akan menyebabkan kecelakaan besar, membuat kamu merasa lebih buruk.

4. Alkohol

Alkohol juga harus kamu hindari saat haid, hal ini karena kehilangan darah saat haid bisa menyebabkan turunnya tekanan darah kamu, membuat kamu lebih rentan terhadap efek samping alkohol. Ini juga memperburuk kelelahan dan meningkatkan aliran menstruasi.

5. Makanan pedas

makanan pedas

Makanan pedas dapat menambah gas dan kembung ke daftar penyakit kamu. Jika kamu tidak bisa menghentikan makanan pedas, kamu mungkin lebih baik memilih pilihan yang lebih sehat seperti cabai segar.

Jus buah yang bagus untuk haid

Manfaat Jus Seledri

Selain buah yang tidak boleh dimakan saat haid, berbagai buah ini ternyata bagus kamu makan saat sedang haid, antara lain:

1. Jus apel, wortel, dan jeruk

Setelah wortel, ada apel dan jeruk yang bisa kamu andalkan sebagai makanan atau camilan sehat saat datang bulan. Apel dan jeruk kaya akan vitamin C, yang membuat kamu merasa lebih nyaman selama menstruasi.

Menurut para ahli, makanan yang tinggi vitamin C dapat mencegah peradangan, sehingga dapat mengurangi rasa sakit saat menstruasi. Berikut cara membuat jus ini.

2. Jus wortel dan nanas yang menyegarkan

Perpaduan nanas segar dan wortel manis bisa membuat kamu merasa lebih nyaman saat haid. Yang terpenting jika kamu meminum jus ini adalah dapat membantu meredakan nyeri saat menstruasi.

Pasalnya, nanas mengandung bromelain yang bisa membantu otot-otot dinding rahim menjadi lebih rileks. Sedangkan wortel tinggi vitamin A yang bagus.

3. Jus alpukat

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi. Mengandung 20 macam vitamin dan mineral yang semuanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Alpukat juga tidak mengandung kolesterol, sodium, dan lemak jenuh, sehingga bisa menjadi pilihan bagi kamu yang sedang menjaga pola makan. Serta mengandung potasium, vitamin E dan B6 yang dapat membantu menyeimbangkan hormon dalam tubuh.

Buah ini juga mengandung lemak sehat, magnesium, dan serat sehat untuk mendukung pembentukan darah untuk periode menstruasi yang optimal.

Cek Kalori Jus Alpukat dan Ragam Manfaatnya untuk Kesehatan!

4. Jus bit, seledri, apel dan mentimun

Selama hari-hari menstruasi kamu, kamu mungkin menjadi malas dan lesu. Terkadang,kamu juga mungkin merasa kesulitan untuk menyelesaikan tugas dan tugas sehari-hari. Jus berenergi tinggi ini mengandung bahan-bahan kuat seperti bit, seledri, apel dan mentimun.

Semua bahan ini akan meningkatkan tingkat energi kamu dan membuat kamu tetap energik sepanjang hari. Ini benar-benar jus terbaik untuk menstruasi.

5. Jus Blueberry dan Semangka

Blueberry dan semangka adalah pilihan yang sangat baik untuk meminimalkan kram perut saat haid. Blueberry kaya akan antioksidan dan serat yang sangat efektif untuk wanita. Antioksidan menghilangkan radikal bebas dari tubuh kamu dan membuang racun. Semangka meminimalkan retensi air dan menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh.

Buah yang tidak boleh dimakan saat haid sebaiknya kamu hindari. Untuk mengatasi gejala haid, kamu bisa konsumsi minuman dari kayu manis. Sebuah penelitian dari Alexandria University menunjukkan bahwa kayu manis mengurangi perdarahan menstruasi, nyeri, hingga muntah.

Share artikel ini
Reference