cara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid

Orang Indonesia pasti sudah tak asing lagi dengan rempah bernama kayu manis. Rempah yang satu ini memang memiliki berbagai manfaat, termasuk untuk haid. Penasaran ingin membuat ramuan kayu manis? Yuk, intip cara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid di artikel ini!

Manfaat ramuan kayu manis untuk kesehatan

Sebelum membahas tentang cara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid, kamu perlu mengetahui dahulu manfaatnya. Berikut penjelasannya:

1. Sebagai antiinflamasi

Kayu manis adalah sumber antioksidan yang baik sehingga dapat mengurangi peradangan dalam tubuh yang membuat kamu lebih sehat dan dapat mencegah penyakit.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Kayu manis telah terbukti dapat mengendalikan kadar gula darah yang bermanfaat bagi penderita diabetes dan orang-orang yang berisiko terhadap diabetes. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa kayu manis memperlambat pemecahan karbohidrat setelah makan.

3. Membantu melancarkan pencernaan

Kayu manis dan rempah-rempah lain seperti lada dan jahe dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri yang ditemukan dalam prebiotik yang baik untuk membantu pencernaan.

4. Menurunkan tekanan darah

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kayu manis dapat menurunkan tekanan darah. Tekanan darah yang rendah penting untuk mencegah serangan jantung dan stroke.

5. Baik untuk kesehatan jantung

Penelitian terbaru telah menghubungkan kayu manis dengan penurunan tekanan darah, kolesterol, dan gula darah yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

6. Menjaga kesehatan otak

Selain kelima manfaat di atas, mengonsumsi kayu manis dapat mendukung fungsi kognitif dan memori.

7. Memiliki sifat antikanker

Kayu manis memiliki sifat antimikroba, antioksidan, dan antikanker. Studi menunjukkan ekstrak kayu manis dapat membantu menghentikan penyebaran sel kanker.

Namun, perlu kamu ingat kalau kanker merupakan kondisi yang serius. Walau kayu manis dapat membantu, tetapi kamu harus berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsinya.

5 Manfaat aroma kayu manis, bisa naikin mood kamu!

Manfaat ramuan kayu manis untuk wanita

manfaat kayu manis untuk memperlancar haid

Kayu manis adalah salah satu rempah yang sangat efektif untuk mengatasi masalah yang berkaitan dengan menstruasi. Berikut penjelasan detail mengenai manfaat ramuan kayu manis untuk wanita:

1. Mengurangi gejala menstruasi atau PMS

Banyak orang yang sedang menstruasi mengklaim air rebusan kayu manis atau teh kayu manis dapat membantu mengurangi kram atau nyeri.

Rempah yang satu ini dapat menurunkan kadar prostaglandin, meningkatkan kadar endorfin, dan meningkatkan sirkulasi darah. Inilah alasannya kayu manis dapat mengurangi kram menstruasi.

2. Mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi

Dismenore adalah istilah medis untuk rasa tidak nyaman yang muncul sebelum dan selama menstruasi. Nah, kayu manis memiliki manfaat untuk mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi.

3. Memperlancar haid tidak teratur

Kayu manis mengandung antioksidan dan antiinflamasi yang meningkatkan kualitas dan kuantitas darah sehingga dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Selain itu, kayu manis adalah vasodilator yang memperlebar pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah untuk mengatur siklus menstruasi yang tidak menentu.

10 Makanan Untuk Penderita PCOS yang Menyehatkan!

Cara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid

Cara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid sangat mudah. Kamu hanya cukup merebus air dan masukkan batang kayu manis. Untuk takaran, cukup menggunakan 1 batang kayu manis per 1 cangkir air.

Ramuan atau air rebusan kayu manis rasanya sedikit manis dan pedas sehingga kamu tidak perlu menambahkan apa pun ke dalamnya jika tidak ingin khasiatnya hilang.

Namun, kalau ingin mencampurkan bahan lainnya, rasa teh kayu manis juga enak jika dicampur dengan perasan lemon segar dan sedikit madu. Saat kamu menambahkan perasan lemon, akan membuat warnanya lebih terang. 

Itulahcara membuat ramuan kayu manis untuk memperlancar haid serta khasiatnya untuk kesehatan dan wanita. Apakah kamu tertarik mencobanya? Semoga informasi di artikel ini bermanfaat ya, Yoonies!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference