arti mimpi pacar selingkus

Hayoo, siapa nih yang sering mimpi pacarnya selingkuh? Kalau kamu salah satunya, kamu mungkin juga bertanya-tanya tentang apa arti mimpi pacar selingkuh yang sebenarnya.

Hanya karena pacar kamu selingkuh di mimpi, bukan berarti kamu harus benar-benar curiga sama dia, lho! Faktanya, mimpi pacar selingkuh adalah salah satu jenis mimpi buruk yang paling umum.

Ini sudah dibuktikan penelitian, dan hasilnya 1 dari 4 orang mengalami mimpi ini. Daripada terus penasaran, yuk kita bahas tentang arti mimpi pacar selingkuh, ciri-ciri pacar selingkuh menurut psikologi, hingga tips agar pacar jangan selingkuh!

Arti mimpi pacar selingkuh

Daripada gelisah memikirkan tafsir mimpi tersebut, yuk simak dulu arti mimpi pacar berselingkuh menurut psikologi berikut ini!

Kamu mengalami trust issues 

Mimpi yang kamu alami tersebut mungkin bukan tentang dia, tapi justru tentang kamu. Memimpikan pacar selingkuh bisa berarti kamu memang sedang mengalami trust issues atau masalah kepercayaan dengan pacar kamu. 

Trust issues memang kerap diwujudkan dengan berbagai bentuk, mulai dari kamu yang semakin protektif dan gampang cemburu, sampai alam bawah sadar yang terus merasa bahwa pacar kamu mungkin selingkuh.

Baca juga: Punya Pacar Posesif, Inilah Cara Menghadapainya!

Kamu menyimpan emosi pada pasangan

alasan pasangan toxic

Kamu sedang marah ke pacar? Kamu sedih karena dia sibuk dan kamu merasa dia tidak punya waktu untukmu? Hal-hal seperti ini bisa memicu emosi yang lebih besar di tengah hubungan kalian, mulai dari marah, kecewa, cemas, dan sedih yang luar biasa.

Ketika ini terjadi, alam bawah sadar ku akan terus mengingatnya meski kamu sedang tidur. Banyak ahli mengatakan bahwa mimpi dapat menjadi pertanda bahwa kamu sedang mengalami stres dalam hubunganmu.

Banyak juga ahli yang mengatakan bahwa mimpi adalah cara otak mempersiapkan hal-hal yang lebih buruk yang mungkin akan terjadi di masa depan.

Luka lama yang belum sembuh

Kamu terus-menerus bermimpi pacar kamu selingkuh? Jika iya, kamu mungkin merasakan kesedihan yang luar biasa di mimpi itu karena kamu merasa dikhianati. Meskipun hanya mimpi, emosi yang ditinggalkan ternyata  bisa sangat dalam.

Jika ini terjadi, coba flashback ke masa lalumu. Apakah kamu pernah dikhianati dan kamu belum bisa berdamai dengan diri sendiri? Karena trauma yang tidak kamu sadari ini, berbagai ketakutan akan pengkhianatan bisa terwujud dalam bentuk mimpi.

Baca juga: Yuk, Merdeka dari Trauma Sakit Hati dan Move On!

Kamu dan pasangan perlu memperbaiki hubungan 

Cara menjadi pasangan romantis

Mimpi pacar selingkuh artinya bisa jadi kamu dan pasangan perlu membangun hubungan komunikasi yang lebih kuat. Cobalah terbuka antara satu sama lain.

Jika hubungan komunikasi tidak dibangun dengan baik dan tidak ada keterbukaan di antara kalian, kamu mungkin malah meragukan kesetiaan pasanganmu.

Jika kamu dan pacar sedang menghadapi masalah dalam hubungan, jangan gengsi untuk minta maaf, lalu ajak pasangan menyelesaikannya pelan-pelan. Bangun kembali hubungan kalian dengan komunikasi yang lebih baik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Cemburu pada Pasangan!

Ciri-ciri pacar selingkuh menurut psikologi

Kamu mungkin masih ragu dengan jawaban di atas, sehingga kamu masih terus bertanya-tanya tentang arti mimpi pacar selingkuh. Nah, agar kamu lebih yakin, yuk cari tahu ciri-ciri pacar selingkuh menurut psikologi!

Lebih memperhatikan penampilan

Jika pacar kamu tiba-tiba mulai berolahraga dan makan lebih sehat, itu bisa menjadi tanda bahwa mereka berusaha tampil lebih menarik bagi seseorang (mungkin kamu, tapi mungkin juga orang lain).

Jika tanpa alasan ia mengubah style, misal berpakaian lebih modis, menggunakan lebih banyak pewangi, ini bisa mengindikasikan bahwa ia selingkuh.

Apalagi jika tiba-tiba sibuk dengan hal-hal tertentu, misalnya tiba-tiba sering meeting di kantor, tiba-tiba rajin mengunjungi tempat-tempat tertentu, dan sebagainya. 

Merahasiakan hal-hal di HP

Begini ciri-ciri pasangan berbohong

Salah satu ciri pacar yang selingkuh adalah penggunaan HP yang lebih sering dibanding sebelumnya. Saat kalian bertemu, ia terlihat asyik dengan HP-nya.

Namun, saat kalian jauh, ia justru merespons telepon atau chat kamu dengan lama. Selain itu, jika kamu meminta menggunakan HP-nya, ia mungkin akan melontarkan berbagai alasan agar kamu tidak menyentuh HP-nya sama sekali.

Baca juga: Bagaimana Ciri-Ciri Pasangan Berbohong dan Begini Cara Mengetahuinya!

Sering tidak bisa dihubungi

Jika pacar kamu selingkuh, ia cenderung tidak menjawab telepon atau membalas chat kamu. Kamu juga mungkin akan mendengar berbagai alasan yang terdengar normal, misalnya ia mengatakan ia sedang sibuk meeting, HP-nya kehabisan baterai, ia tidak memegang HP seharian, dan sebagainya. 

Sering tiba-tiba mengubah jadwal janjian

ciri hubungan toxic relationship

Ketika pacar kamu yang biasanya tidak terlalu sibuk tiba-tiba sering membatalkan janji dengan alasan banyak pekerjaan, atau berbagai alasan lain, ini mungkin menjadi salah satu indikasi bahwa ia sedang dekat dengan orang lain.

Jika sebelumnya ia tidak pernah melakukan perjalanan bisnis tapi tiba-tiba ia terus mendapat jadwal bisnis, mungkin memang ada sesuatu yang ia sembunyikan.

Ia juga mungkin akan mengabaikan berbagai acara penting dan membatalkan janji di hari spesial kalian untuk alasan-alasan yang terkadang tidak masuk akal.

Keintiman emosional memudar

Orang yang saling mencintai pastinya memiliki keterikatan emosional satu sama lain. Namun, jika salah satu atau keduanya mulai menjalin hubungan lagi dengan orang lain, keintiman emosional ini mungkin akan memudar karena cintanya yang terbagi. 

Menghindari topik yang berkaitan dengan perselingkuhan

Jika kamu mencurigai pasanganmu selingkuh, coba pancing dia untuk membahas topik-topik yang berkaitan dengan perselingkuhan. Jika ia memang selingkuh, biasanya ia tidak akan nyaman dengan topik ini.

Baca juga: Ciri-Ciri Orang Selingkuh dan Cara Menghadapinya!

Tips agar pacar tidak selingkuh

frekuensi hubungan suami istri

Menjaga pasangan tidak selingkuh mungkin akan sia-sia, jika pasangan kamu memang sulit untuk berkomitmen. Sebenarnya sikap selingkuh yang dilakukan oleh pasangan terjadi dengan sadar.

Artinya orang yang selingkuh sengaja menduakan pasangan karena alasan tertentu, bisa karena memang tertarik dengan lawan jenis lain, dll. Namun, ada beberapa tips yang bisa dijadikan cara untuk melanggenggkan hubungan. Yuk, simak berikut ini!

Jalin hubungan dengan komitmen

Saat menjalani hubungan, kamu dan pasangan harus punya komitmen yang jelas. Coba buat perjanjian dengan pasanganmu tentang apa yang akan terjadi jika salah satu diantara kalian selingkuh.

Tentunya, membicarakan hal seperti ini harus dengan kepala dingin. Samakan definisi “selingkuh” menurut kalian. Apakah sekedar makan berdua dengan lawan jenis termasuk selingkuh? Jangan sampai ada kesalahpahaman.

Penuhi kebutuhan dalam hubungan

Jika kebutuhan dalam hubungan, baik emosional dan fisik, dapat terpenuhi, sangat kecil kemungkinan pasanganmu akan berpaling kepada orang lain.

Cari tahu lebih dalam tentang pasanganmu, apa yang dia butuhkan? Apakah dia sudah nyaman dengan bagaimana kalian menjalani hubungan sejauh ini?

Habiskan waktu bersama

Tidak bisa dipungkiri, terkadang hubungan bisa saja membosankan. Cobalah habiskan waktu bersama dengan pasanganmu dengan melakukan berbagai aktivitas yang jarang kalian lakukan, misalnya liburan, mencoba hobi baru, atau melakukan hal-hal lain bersama.

Pahami pasanganmu

Hal ini memang terdengar sederhana, tapi banyak orang gagal menerapkannya. Apalagi untuk memahami pikiran dan kebutuhan seseorang tidaklah mudah.

Coba bangun komunikasi yang baik dengan pasanganmu, dengarkan keluh-kesahnya, dan tanyakan langsung apa yang bisa kamu bantu. Kamu juga bisa belajar memahaminya dengan menggali informasi dari teman atau keluarganya.

Jangan cemburu berlebihan

Jika kamu terus-menerus mencurigai pasanganmu selingkuh tanpa alasan yang jelas, hal ini justru bisa membuatnya merasa tidak nyaman.

Hindari cemburu berlebihan. Saat kamu mencurigainya, jangan langsung marah atau memberikan perlakuan negatif. Coba cari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Cemburu memang wajar, tapi cobalah fokus untuk membuat dirimu lebih baik.

Nah, itu dia beberapa tips agar pacar kamu tidak selingkuh. Kalau kamu mimpi pacar selingkuh, jangan langsung sedih, khawatir, atau cemburu ya! Coba cari tahu dulu kebenarannya.

Share artikel ini
Reference