Dampak pacaran backstreet

Ada banyak cara dalam mencintai pasangan, salah satunya dengan menunjukkan kedekatan di depan public. Namun ada juga lho pasangan yang memilih untuk berhubungan dengan cara backstreet atau diam-diam. Sekilas hal itu tampak biasa, padahal ada dampak pacaran backstreet, lho.

Eits, tapi sebelum buru-buru menyudahi hubungan karena backstreet, coba simak dulu penjelasan pengertian dan dampak pacaran backstreet berikut ini!

Apa itu pacaran backstreet?

Pacaran backstreet sebenarnya berbeda denganrelationship in private. Private relationship lebih fokus pada seseorang yang tidak ingin hubungannya dicampuri oleh orang lain dan ingin agar hubungan romantis hanya dinikmati oleh diri sendiri dan pasangan. Lalu bagaimana denganbackstreet?

Pacaranbackstreet adalah cara menjalani hubungan secara diam, tersembunyi, dan tidak diketahui oleh orang sekitar. Ada kemungkinan seseorang yang menjalani hubunganbackstreet jika melanjutkan ke jenjang pernikahan bisa jadi tanpa persetujuan baik oleh orang tua atau keluarga.

Baca juga: Apa itu Long Distance Relationship, Tak Selalu Gagal!

Ciri-ciri orang pacaran backstreet

Cara keluar dari Toxic Relationship

Hubungan pacaranbackstreet yang dilakukan oleh seseorang mungkin akan memunculkan tanda atau reaksi berikut yang dapat terlihat, seperti:

1. Protektif terhadap ponsel atau alat komunikasi

Seorang anak yang menyembunyikan hubungan dari orang tuanya atau orang dewasa yang tidak ingin diketahui hubungan romantisnya dengan orang lain akan mulai protektif terhadap ponsel atau alat komunikasi yang digunakan.

Alat inilah yang menjadi penghubung utama dengan pasangannya sehingga jika jatuh ke tangan orang lain, tentu akan timbul masalah.

2. Sikap berubah meski tidak tampak janggal

Terdapat perubahan sikap yang cukup jelas meskipun tidka terlalu janggal. Seseorang dengan hubunganbackstreet akan sering berubah perasaan atau suasana hati tanpa diketahui apa yang menjadi sebab pastinya. Perubahan selera juga mungkin terjadi seperti makanan, fashion, hobi.

Perubahan sikap bisa jadi pengaruh pasangannya namun berdampak pada apa yang tengah mereka lakukan saat ini.

3. Terkadang ada rencana yang tidak dapat dijelaskan

Seseorang dengan hubungan backstreet mungkin tidak dapat menjelaskan dengan detil apa yang akan atau telah mereka lakukan karena tidak ingin diketahui mengenai pasangan dan status hubungannya.

4. Betah di luar rumah

Kamu perlu curiga, jika seseorang betah di luar rumah. Bisa jadi mereka sedang menjalin hubungan backstreet, supaya tak diketahui oleh orang di rumah. Kemungkinan pula, mereka akan sering terlambat atau pergi terlalu cepat di tempat yang tidak diketahui orang lain atau orang terdekatnya.

5. Lingkungan pergaulan berubah

Menjalani hubungan percintaan sejatinya tidak hanya melibatkan dua orang saja, namun jika sudah ada komitmen untuk melanjutkan ke hubungan yang lebih serius, tentu saja kedua belah pihak keluarga akan memiliki peran yang besar dalam hubungan sampai terjadi pernikahan.

Kaitannya dengan backstreet saat berpacaran, bisa jadi ada dampak khusus yang membuat keluarga tidak menerima atau setuju dengan pasangan kamu.

Terkadang perbedaan dengan keluargalah yang membuat pacaran backstreet menjadi praktik yang sering dilakukan anak remaja hingga dewasa. Adakah dampak pacaran backstreet bagi mental dan kesehatan hubungan?

Dampak pacaran backstreet bagi mental

rebound relationship

Dampak pacaran backstreet bagi seseorang, apalagi yang masih remaja atau beranjak dewasa dapat memengaruhi mentalnya. Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan pacaran backstreet seperti:

1. Takut akan penolakan

Alasan ini menjadi salah satu alasan pasangan melakukan backstreet karena penolakan orang terdekat, misalnya orang tua.

Penolakan bisa terjadi karena berbagai faktor seperti dianggap bukan sebagai pasangan ideal, melanggar budaya atau agama yang sering memicu perdebatan.

2. Tidak mendapat persetujuan orang terdekat

Perasaan cinta dan kasih sayang mungkin bisa terhambat oleh restu atau persetujuan orang tua sehingga memilih backstreet untuk tetap menjalani hubungan dengan pasangan.

3. Selingkuh

Selingkuh dianggap tercela oleh berbagai pihak sehingga praktik ini mendasari seseorang untuk berhubungan backstreet sehingga tidak diketahui oleh orang lain.

Baca juga: Ciri- Ciri Suami Selingkuh dan Penyebab Utamanya!

4. Menghindari omongan orang

Backstreet dilakukan saat hubungan dilakukan untuk menghindari gossip atau omongan orang lain, misalnya di lingkungan kantor yang terkadang tidak membolehkan berhubungan romantis dengan teman atau rekan kerja.

5. Kurang komitmen

Dilansir dari Psychology Today, dampak pacaran backstreet ternyata bukan hal yang bisa disepelekan, lho. Ada dampak mental yang bisa memicu berbagai masalah psikologis bagi seseorang.

Terkadang hubungan yang diketahui oleh orang lain akan menjadi proteksi atau komitmen tambahan yang tidak disadari oleh pasangan.

Jika hubungan backstreet yang dilakukan, maka komitmen akan lebih rendah sehingga membatasi kedekatan psikologis dan bahkan terjadi pemutusan hubungan sepihak sewaktu-waktu karena tidak ada ikatan yang kuat dan mendalam.

Baca juga: 10 Pertanyaan untuk Pasangan agar Tidak Bosan dalam Menjalani Hubungan

6. Menurunkan harga diri

Hubungan backstreet bisa memicu perasaan rendah diri terhadap kedua orang yang menjalani atau salah satunya. Pertanyaan akan hubungan akan terus ada tanpa berkembang karena hubungan yang tidak tahu kemana arah dan tujuannya.

7. Perasaan negatif yang lebih besar

Perasaan negatif akan terus muncul saat menjalani hubunganbackstreet sehingga berpengaruh pada kesehatan mental seperti merasa dicurigai, merasa gugup saat ditanya orang lain, merasa bersalah karena terus berbohong dan sebagainya.

Hubungan backstreet akan memiliki kualitas yang lebih rendah dibandingkan dengan hubungan yang terbuka dan setidaknya diketahui oleh orang lain.

Meskipun hubungan terbuka juga akan mengalami kesulitan atau kendala, namun backstreet dapat menekan jiwa bahkan kesejahteraan fisik dan mental bagi pasangan yang menjalaninya.

Cara akhiri hubungan backstreet

Seseorang mungkin merasa hubungan backstreet merupakan pengalaman pacaran yang seru, menegangkan dan membuat adrenalin terpacu untuk tidak ketahuan, namun apakah hubungan seperti ini akan berakhir memuaskan?

Pada akhirnya banyak pasangan backstreet yang menanggalkan hubungan karena merasa lelah dengan hubungan tanpa tahu tujuan mereka sebenarnya.

Bagi kamu yang masih terjebak dalam hubungan backstreet namun belum tahu bagaimana cara mengakhirinya, yuk coba beberapa cara berikut ini.

  • Jika kamu bertekad untuk mengakhirinya, maka segera diskusikan dengan pasangan mengenai keinginan berpisah karena hubungan yang tanpa arah.
  • Jika ternyata kamu dan pasangan masih ingin tetap bersama, maka terbukalah!
  • Berkata jujur dan sampaikan kepada orang terdekat bahwa kamu tengah berada dalam hubungan istimewa dengan seseorang.Cobalah cari solusi jika memang penolakan dan persetujuan ada di depan mata.

Hal terpenting dalam hubungan adalah jujur dan terbuka. Cara ini cukup menurunkan risiko terkena dampak pacaran backstreet yang mungkin bisa kamu rasa.

Share artikel ini
Reference