cara minta maaf ke mantan

Pernah punya kesalahan kepada mantan yang belum selesai hingga sekarang? Hal tersebut mungkin masih kerap menghantui karena perasaan bersalah yang terus menyiksa. Namun kesalahan di masa lalu memang tak bisa diperbaiki selain meminta maaf tulus kepadanya. 

Adakah cara minta maaf ke mantan yang bisa kamu lakukan? Yuk coba ikuti tips kali ini. Dengan rasa tulus dan penuh penyesalan, percayalah bahwa mantan akan tetap dapat memaafkan.

Cara minta maaf ke mantan

cara balikan dengan mantan

Ada beberapa orang yang merasa gengsi untuk minta maaf ke mantan. Padahal sebagai orang dewasa, sikap ini harus kamu miliki sebagai pribadi yang punya tanggung jawab akan kesalahan yang telah berlalu.

Untuk membantumu, coba ikuti tips dan trik cara minta maaf ke mantan berikut ini:

1. Pahami alasan minta maaf

Memahami alasan minta maaf adalah satu Langkah yang harus kamu sadari terlebih dahulu. Pahami bahwa setiap orang memang punya kesalahan atau menyakiti orang lain tanpa sengaja sehingga menyebabkan perpecahan. 

Minta maaf memang tak memperbaiki kesalahan, namun dapat menunjukkan bahwa kamu menyesal, ingin menjadi lebih baik dna berharap tak mengulangi kesalahan yang sama di masa depan.

2. Tahu waktu yang tepat

Untuk minta maaf ke mantan, cobalah cari waktu yang tepat. Waktu yang tepat akan membuat suasana juga tepat untuk mengakui kesalahan dan meminta ketulusan mantan untuk saling memperbaiki keadaan.

Cari waktu yang tepat dna minta maaf secara tulus tanpa dibarengi dengan maksud apapun.

12 Cara Balikan Sama Mantan yang Sudah Lama Berpisah

3. Rencanakan bertemu atau tatap muka

Minta maaf ke mantan memang bisa lewat apa saja baik itu chat pesan, telpon atau tatap muka.

Rencanakan dan tanyakan apakah mantan bisa bertemu denganmu, namun jangan paksa bila mantan tak ingin bertemu.

Katakan dengan jelas bahwa kamu ingin meminta maaf dan tidak berniat untuk membuka luka lamanya.

4. Tanggung jawab atas kesalahan

Kesalahan di masa lalu merupakan suatu hal yang harus diselesaikan sebagai sebuah tanggung jawab. Jika kamu pernah menyakiti mantan, sadari, dan minta maaf secara tulus.

Bertanggung jawab atas perasaan luka yang kurasakan dan hindari melibatkan mantan sebagai alasan kesalahan di masa lalu.

5. Tunjukan penyesalan

cara minta maaf ke mantan dengan tulus

Tujukan penyesalan dan pilih kata-kata yang tidak menyakiti diri sendiri atau pasangan.

Ungkapkan secara tulus rasa bersalah yang selama ini kamu pendam dan berharap bahwa mantan bisa memaafkan kesalahanmu sampai tuntas.

6. Usaha perbaiki kesalahan

Jika memang ada hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki kesalahan di masa lalu, maka coba lakukanlah dan diskusikan dengan mantan.

Ciptakan suasana yang mendukung dan membuat mantan lebih baik dengan melupakan sakit hatinya di masa lalu.

Susah Menerima Kekurangan Pasangan? Atasi Segera dengan Cara Ini!

7. Fokus pada kesalahan yang kamu lakukan

Tanggung jawab dan fokus pada kesalahan yang kamu lakukan dan tidak serta merta mengklaim bahwa apapun yang terjadi pada hubungan kamu adalah kesalahanmu.

Minta maaf sesuai dengan batasan yang kamu miliki dan jangan memaksa mantan untuk segera memaafkan. Biarkan ia berpikir dan mempunyai waktu untuk menyerap semua itu.

8. Minta maaf dengan alasan yang tepat

Minta maaflah dengan alasan yang tepat dan bukan dengan alasan yang dibuat-buat.

Meminta maaf juga tidak membuat harga dirimu jatuh di depan mantan, namun sebagai upaya agar kamu dapat hidup dengan lebih baik dengan perasaan lega.

Minta maaf juga sebagai cara untuk memperbaiki kesalahan dengan bersikap lebih dewasa.

9. Biarkan mantan berbicara

Jangan biarkan permintaan maafmu sia-sia dengan berbagai alasan yang kamu berikan untuk mentoleransi kesalahan.

Dengarkan dan biarkan mantan berbicara dari sudut pandangnya. Berikan waktu untuk mantan mengungkapkan isi hatinya dan fokus pada cara minta maaf terbaik yang bisa kamu lakukan.

Sudah Punya Suami Tapi Merasa Sendiri? Inilah Beberapa Alasannya

10. Hindari saling menyalahkan

hindari menyalahkan pasangan

Terkadang pada saat minta maaf, ada rasa ingin menyalahkan mantan merupakan penyebab dari kamu menyakitinya.

Sebisa mungkin hindari saling menyalahkan dan fokus pada permintaaan maaf akan kesalahanmu di masa lalu.

Dengan begini, kamu bisa meyakinkan mantan jika kamu hanya ingin minta maaf tanpa membahas kesalahan dan siapa yang salah. Berikan pengertian dengan baik dan setulus tulusnya.

11. Sadari bahwa kamu sudah minta maaf

Sadari bahwa kamu sudah minta maaf kepada mantan dan tidak perlu memikirkan terlalu jauh apakah mantan sudah memaafkan atau tidak.

Hal yang paling penting adalah membebaskan rasa bersalah dengan permintaan maaf yang tulus. Perbaiki kesalahan dan jadikan pembelajaran ini untuk hubungan yang lebih baik di masa depan.

So, kamu sudah minta maaf ke mantan? Jangan tunda dan segera lepaskan beban di masa lalu dengan minta maaf secara tulus, ya!


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference