ciri ciri orang selingkuh

Perselingkuhan tidak dapat didefinisikan secara tepat karena hubungan yang berbeda menetapkan batas yang berbeda dengan definisi kesetiaan yang berbeda pula. Selingkuh dapat terjadi di mana dan dalam bentuk apa saja. Yuk simak ciri-ciri orang selingkuh berikut ini.

Ciri-ciri orang selingkuh, misalnya berbalas chat dengan seseorang saat di telepon, bertemu seseorang melalui internet atau di tempat kerja, dan menjaga hubungan emosional yang erat dengan orang lain selain pasangan. Jadi, selama pasanganmu tidak tahu atau tidak merestui hubungan itu, kamu sudah berselingkuh.

Jika di zaman dulu lebih umum bagi pria untuk terlibat dalam perselingkuhan, pria dan wanita di zaman sekarang terlibat dalam perselingkuhan dengan tingkat yang hampir sama. Dalam sebuah penelitian, 2-4% pasangan mengaku berselingkuh dalam satu tahun terakhir.

Kenapa orang selingkuh?

Salah satu hasil riset di Amerika melakukan survei pada 495 orang untuk mengetahui jawaban pertanyaan ini. Para peserta mengaku selingkuh dalam hubungan mereka dan menjawab pertanyaan yang menjadi akar misteri: Mengapa Anda melakukannya?

Sebuah analisis mengungkapkan delapan alasan utama:

  1. kemarahan
  2. harga diri
  3. kurangnya cinta
  4. komitmen rendah
  5. kebutuhan akan variasi hubungan
  6. diabaikan pasangan
  7. hasrat seksual, dan
  8. situasi atau keadaan.

Motivasi-motivasi ini tidak hanya memengaruhi mengapa orang berselingkuh tetapi berapa lama mereka melakukannya, kenikmatan seksual mereka, investasi emosional mereka dalam perselingkuhan, dan apakah hubungan utama mereka berakhir sebagai akibatnya.

5 ciri-ciri orang selingkuh

Sulit untuk mengetahui bukti yang jelas dari orang yang selingkuh. Namun, banyak orang yang berselingkuh menunjukkan satu atau lebih perilaku berikut:

Perubahan perlakuan terhadap pasangan

Orang yang selingkuh sering mengubah cara mereka memperlakukan pasangannya karena rasa bersalah atau frustrasi. Perubahan dapat terjadi dalam beberapa bentuk yang berbeda. Seperti menunjukkan sikap apatis terhadap minat dan kebutuhan seksual pasangannya.

Mereka dapat memberikan kompensasi yang berlebihan dengan menunjukkan kasih sayang dan agresi seksual, atau menjadi semakin argumentatif dan cepat marah.

Kecemasan dan menghindar

Pasangan yang tidak setia mungkin sangat menyesal atau tidak dapat menatap mata orang lain. Mereka juga mungkin enggan menghabiskan waktu bersama.

Kerahasiaan juga merupakan pertanda buruk. Jika pasangan memberi kesan menyembunyikan sesuatu dari kamu atau tidak mau membicarakan sesuatu, hadapi dia dan bicarakan dengan baik.

Menunjukkan ketidakpuasan

Mereka mungkin mengeluh kebosanan dengan segala hal yang kamu lakukan. Mereka menunjukkannya melalui ekspresi, tingkah laku, atau bahkan menolak secara terang-terangan. Ketidakpuasan juga bisa dari sikap menarik diri dari hubungan, dating ke acara penting atau menolak mengungkapkan cinta mereka.

Tanda-tanda ekonomi atau fisik

Jika kamu menemukan ‘cupang’ di tubuh mereka, jangan takut untuk bertanya tentang hal itu. Demikian pula, jika uang tiba-tiba menghilang atau kartu kredit memiliki tagihan yang aneh, mereka mungkin terlibat dalam kegiatan rahasia.

Yang paling berbahaya, mereka bisa terkena infeksi dan menularkannya kepadamu. Jika kamu tiba-tiba mendapati penyakit menular seksual dan hanya tidur dengan pasangan yang sehat, mereka mungkin selingkuh.

Perilaku aneh terhadap pihak ketiga

Pasanganmu mungkin bertingkah aneh ketika nama tertentu muncul, atau orang mungkin memberitahumu bahwa mereka telah melihat keduanya menghabiskan banyak waktu bersama. Mereka mungkin juga menghabiskan jumlah waktu atau energi yang tidak proporsional untuk terlibat dengan satu orang lain.

Cara menghadapi pasangan yang selingkuh

cara mengatasi keluar darah saat berhubungan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan pada pasanganmu yang selingkuh.

1. Ketahuilah bahwa kamu bukan pengecualian

Ini mungkin terdengar kasar, tetapi ketika kamu ditipu, kau harus menerima kenyataan.Orang-orang yang paling mungkin untuk menipu adalah mereka yang telah melakukannya sebelumnya. Jika pasangan telah berselingkuh di masa lalu pada orang lain atau dirimu sendiri, kemungkinan dia melakukannya lagi sangat tinggi.

Sangat jarang ada kasus di mana pasangan dapat berubah dan setia untuk kebaikan. Jadi jangan berpikir bahwa kamu akan menjadi orang yang mengubah dia dari cara berbohong dan selingkuh.

2. Kamu bukan penyebab dia berselingkuh

Jangan pernah berpikir bahwa itu salahmu. Meskipun kamu mungkin memiliki kekurangan atau masalah dalam hubungan, perselingkuhan tidak dapat dimaafkan. Pasanganmu bertanggung jawab atas tindakan dan keputusannya sendiri. Kamu hanya bisa bertanggung jawab atas dirimu sendiri.

3. Buat keputusan

Setelah mengetahui bahwa pasangan selingkuh, inilah saatnya untuk membuat keputusan: pergi atau tetap tinggal? Pasangan mungkin meminta maaf, tetapi kamu harus melihat apakah dia benar-benar menyesal atau hanya menyesal karena ketahuan.

Di saat-saat seperti ini, yang terbaik adalah mendengarkan naluri dan mengutamakan diri sendiri. Rasa sakit yang kamu hadapi dapat membuatmu sulit untuk mengucapkan selamat tinggal. Tetapi apakah risiko lebih banyak rasa sakit sepadan?

Ingat: kamu layak berada dalam hubungan yang sehat di mana kamu merasa istimewa dan dicintai.

4. Terimalah dan lepaskan

Terima kenyataan bahwa terkadang, kamu hanya perlu melepaskan. Kamu mungkin masih ingin membuat alasan untuk mempertahankannya. Namun, belajar menerima bahwa dia memutuskan untuk selingkuh itu penting. Kamu pantas mendapatkan lebih dari seseorang yang akan mengkhianatimu seperti ini.

Kamu layak untuk dicintai oleh seseorang yang akan tetap setia padamu dan bahwa seseorang ada di luar sana, di suatu tempat, menunggu waktu yang tepat untuk datang ke dalam hidupmu.

5. Maafkan tapi jangan lupa

Dikhianati memang menyakitkan. Dan meski sulit, yang bisa kamu lakukan adalah memaafkan. Ini bukan demi dia, tapi demi dirimu. Memberi maaf memungkinkanmu untuk membebaskan diri dari kemarahan, rasa sakit, dan dendam. Karenanya, memaafkan adalah bantuan yang kamu berikan kepada diri untuk bisa move on.

6. Berduka

Tidak apa-apa untuk menangis. Sangat wajar dan dapat dimengerti untuk menangis. Beri diri waktu untuk berduka dan biarkan emosi membanjirimu. Kamu juga bisa meluapkan rasa sedih dengan bercerita pada orang terpercaya, sahabat atau keluarga. Ini akan mengurangi beban-beban yang sudah menumpuk di hatimu.

7. Jangan membalas dendam

Mencoba membalas dendam dengan melakukan hal yang sama kepada pacar, terlepas dari apakah kamu memutuskan untuk kembali bersama atau tidak, adalah buang-buang waktu dan energi.

Kamu mungkin menyebarkan desas-desus tentang mantan atau selingkuhannya dan ini mungkin terasa menyenangkan untuk sementara waktu — tetapi pada akhirnya, kamu masih berada di pihak yang kalah.

Berkencan dengan temannya atau orang lain hanya untuk membalasnya juga tidak akan berhasil. Semua ini dilakukan karena marah dan tidak akan mengisi lubang di hatimu. Itu hanya akan membuatmu merasa lebih buruk pada akhirnya.

8. Jangan lakukan rebound

Bahkan jika kamu ingin pengalih perhatian, dan berkencan dengan orang yang baru kamu temui? Tidak tidak tidak! Terjun ke hubungan lain bukanlah jawabannya.

Menemukan pasangan baru, bahkan sebagai rebound, mungkin membuatmu merasa menarik lagi atau percaya diri untuk sementara waktu, tetapi sebenarnya bukan itu yang kamu butuhkan. Kekosongan apa pun yang ingin kamu isi dengan orang baru tidak akan pernah terisi kecuali kamu memberi diri waktu untuk menyendiri.

9. Jangan mencari di tempat yang salah

Jika kamu bertemu dengan mantan pasanganmu dulu di bar, maka sekarang carilah di tempat lain. Jika dulu kamu menemukannya di klub sepak bola, maka cobalah cari di tempat yang lebih santai seperti perpustakaan.

Naikkan kriteria pasanganmu dengan belajar dari masa lalu. Jangan dan jangan pernah masuk ke lubang yang sama dan membiarkan masa lalumu terbuang sia-sia.

10. Fokus pada diri sendiri

Menjadi single setelah putus dengan pacar yang selingkuh sebenarnya adalah peluang bagus untuk terhubung kembali dengan diri sendiri. Gunakan waktu ini untuk melakukan apa yang kamu inginkan dan nikmati hidup.

Nikmati kehidupanmu dan fokus pada peningkatan diri, baik dengan menaiki tangga karier, membuat diri sehat, meningkatkan gaya hidup, lebih sering bepergian, atau berinvestasi dalam pengalaman yang lebih berharga.

11. Jangan goyah

Apapun keputusan yang sudah kamu buat, patuhi itu. Ini bisa sulit, terutama jika dia mencoba memenangkan hatimu kembali dengan bunga dan puisi manis. Itu terlihat bagus, tetapi jika kamu tidak bisa mempercayainya, itu tidak akan pernah berhasil.

Kamu akan kembali ke rutinitas. Hal-hal akan baik untuk sementara waktu, dan kemudian akan kembali seperti semula, dan kamu akan terluka lagi.

Bagaimana jika ternyata dia benar-benar berubah? Ya, ini bisa saja terjadi dan tentu sangat disayangkan. Itulah mengapa memaafkan diri sendiri dan mengakhiri hubungan dengan baik menjadi sangat penting.

Kamu sudah introspeksi diri, mengetahui kesalahan diri sendiri, dan menyadari dirinya juga salah karena sudah berselingkuh (ingat bahwa selingkuh adalah salah apa pun penyebabnya). Maka sekarang kamu akan dapat melihat dengan jernih mengapa kalian tak dapat bersama sebagai pasangan.

Share artikel ini
Reference