Cara Menghilangkan Rasa Cemburu pada Pasangan

Semua orang bisa mengalami rasa cemburu. Perasaan ini bisa muncul kapan saja dalam sebuah hubungan. Perasaan ini merupakan perasaan yang kompleks, sehingga banyak orang bingung ketika merasakannya.

Agar kamu tidak bingung, penting untuk memahami dari mana perasaan cemburu itu berasal dan mempelajari bagaimana cara mengatasinya. Simak informasi lengkapnya dalam artikel ini, ya.

Apa itu cemburu?

Cemburu adalah salah satu jenis perasaan yang bisa memicu berbagai emosi, seperti takut, marah, curiga, dan malu. Walaupun sering dikaitkan dengan hubungan yang romantis, rasa cemburu bisa muncul setiap kali kamu khawatir kehilangan seseorang atau sesuatu yang penting.

Rasa cemburu berbeda dengan iri hati yang merupakan keinginan untuk memiliki sesuatu yang dimiliki orang lain. Rasa cemburu dapat menyebabkan perasaan marah, dendam, atau sedih.

Sebagai contoh, rasa cemburu bisa timbul, misalnya orang yang kamu sukai dekat dengan orang lain. Contoh lainnya misalnya, ketika pasangan kamu menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman baru. Kamu mungkin merasa tidak suka dengan kehadiran orang lain tersebut dan takut akan kehilangan pasangan kamu.

Penyebab rasa cemburu pada pasangan

Kecemburuan bisa berasal dari rasa tidak aman, ketakutan, hubungan di masa lalu, dan hal-hal lainnya. Mengetahui penyebabnya bisa membantu kamu untuk menghadapinya. Jika penyebabnya adalah pasangan kamu, berbicaralah dengan pasangan mengenai perasaan kamu sesegera mungkin. Beberapa penyebab timbulnya rasa cemburu pada pasangan adalah:

  • Memiliki self esteem yang rendah.
  • Ketika pasangan melanggar kepercayaan.
  • Iri dengan kesuksesan yang dicapai oleh pasangan.
  • Memiliki emosi yang masih labil sehingga cenderung merasa cemas
  • Mempunyai ketergantungan dengan pasangan.
  • Merasa diri tidak layak untuk menjalani hubungan tersebut.
  • Memiliki rasa takut yang berlebihan bahwa pasangan akan meninggalkannya.

Ciri-ciri rasa cemburu pada pasangan

Saat perasaan cemburu muncul, setiap orang mengekspresikannya dengan cara yang berbeda-beda. Ada yang hanya diam saja, ada pula yang ekspresif. Beberapa ciri rasa cemburu pada pasangan adalah:

  • Timbulnya perasaan sedih ketika memikirkan pasangan, teman, dan saudara
  • Memiliki rasa tidak suka dengan orang baru yang masuk dalam kehidupan kamu
  • Munculnya perasaan marah ketika ada orang yang berinteraksi dengan pasangan
  • Munculnya perasaan marah ketika pasangan tidak bisa menyediakan banyak waktu untuk kamu

Cara menghilangkan rasa cemburu pada pasangan

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa cemburu pada pasangan.

Bicarakan perasaan kamu kepada pasangan

Gunakan kesempatan untuk membicarakan batasan dalam hubungan kalian. Diskusikan dengan pasangan cara-cara untuk menjaga agar hubungan kalian tetap kuat. Jika kamu ragu dengan hubungan ini karena pengalaman di masa lalu, coba temukan beberapa cara untuk memperbaiki situasi ini.

Bicarakan dengan teman yang kamu percayai

Terkadang, membicarakan perasaan kamu kepada pihak ketiga bisa membuat situasinya menjadi tidak terlalu menakutkan. Selain itu, kamu bisa memperoleh perspektif.

Bersyukur atas apa yang kamu miliki

Bersyukur atas semua hal yang kamu miliki sekarang tidak hanya mengurangi stres, tapi juga bisa mengurangi rasa cemburu. Jika pasangan kamu menghabiskan banyak waktu dengan teman-temannya, pertimbangkan manfaat memiliki pasangan yang menghargai nilai persahabatan.

Jangan terlalu overthinking

Mengalihkan perhatian dari perasaan ini dapat mencegah kamu bertindak berdasarkan perasaan dan mencegah kamu melakukan sesuatu yang merusak hubungan. Kamu bisa mengalihkan perhatian dengan jalan-jalan atau menyisihkan waktu untuk melakukan sesuatu yang kamu senangi.

Ingat value yang kamu miliki

Ketika rasa cemburu mendorong kamu membandingkan diri dengan orang lain, kamu pasti merasa terpukul. Kecemburuan dapat membuat kamu merasa bahwa apa yang kamu miliki sekarang tidak cukup. Oleh karena itu, ingat hal-hal baik yang telah kamu lakukan. Ingat juga hal-hal baik yang pasanganmu miliki.

Bicarakan dengan terapis

Jika kamu merasa kesulitan dalam mengatasi rasa cemburu, coba bicarakan dengan terapis. Biasanya, mereka akan mendengarkan dengan baik. Mereka tahu dengan lebih baik bahwa rasa cemburu merupakan perasaan normal yang bisa dirasakan setiap orang.

Cemburu merupakan perasaan kompleks yang bisa dirasakan oleh siapa saja. Jika perasaan ini muncul pada kadar yang cukup, perasaan ini bisa menjadi alat untuk mengintropeksi sebuah hubungan pacaran yang sehat. Sebaliknya, rasa cemburu yang berlebihan dapat merusak sebuah hubungan.

Share artikel ini