manfaat physical touch untuk kesehatan

Dalam membangun hubungan yang harmonis, kamu perlu mengetahui love language pasangan kamu. Secara sederhana, love language menjelaskan bagaimana seseorang memberi, menerima, dan merasakan cinta.

Ada lima jenis love language, yaitu physical touch, words of affirmation, acts of service, gifts, dan quality time. Jika pasanganmu memiliki love language berupa physical touch, kamu pasti ingin tahu apa bahasa cinta tersebut, contoh, dan manfaatnya untuk kesehatan. Jadi, simak sampai akhir, ya!

Apa itu physical touch?

Physical touch adalah love language yang berkaitan dengan sentuhan. Orang dengan love language umumnya memberi dan menerima cinta dengan menyentuh atau kontak fisik, seperti berpegangan tangan, memeluk, dan sebagainya.

Mereka akan lebih menyukai sentuhan daripada pujian verbal (words of affirmation)  maupun hadiah. Ketika menerima sentuhan, seseorang bisa melepaskan hormon tertentu seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin. Hormon ini membuatnya merasa baik.

Baca juga: Apa itu Act of Service? Ini Ciri-Ciri dan Cara Menghadapinya!

Bentuk contoh physical touch dalam kehidupan sehari-hari

physical touch manfaat berpelukan

Ada beberapa cara untuk menunjukkan cinta melalui sentuhan. Kamu bisa melakukan cara yang nyaman untuk dilakukan. Berikut ini beberapa contohnya.

  • Memeluk sebagai salam atau ucapan selamat tinggal
  • Menyentuh bahu atau lengan
  • Duduk dekat dengan seseorang
  • Menyandarkan kepala pada bahu seseorang
  • Memijat bahu atau tangan
  • Membelai
  • Berpegangan tangan
  • Menyentuh wajah
  • Mengusap punggung
  • Duduk berdampingan
  • Merapikan rambut

Baca juga: Manfaat Berpelukan, Ternyata Bisa Buat Sehat dan Bahagia!

Tanda-tanda physical touch

Jika kamu merasakan beberapa hal di bawah ini, berarti love language kamu adalah sentuhan fisik.

  • Kamu selalu menantikan pelukan setiap saat
  • Kamu dapat menunjukkan kasih sayang di hadapan publik dengan santai
  • Kamu menyukai pijatan
  • Kamu dikenal sebagai orang yang sensitif
  • Kamu merasa istimewa ketika pasangan memegang tanganmu

Manfaat physical touch untuk kesehatan

Cara meningkatkan kuliatas hubungan suami istri

Sentuhan fisik ini dapat memberikan efek positif bagi kesehatan mental maupun fisik. Berikut ini adalah beberapa manfaat physical touch untuk kesehatan.

1. Mengurangi kecemasan dan stres 

Sentuhan fisik ini meningkatkan kadar dopamin dan serotonin yang membantu mengatur suasana hati, menghilangkan stres, dan kecemasan. Dopamin juga diketahui mengatur pusat kesenangan di otak yang dapat mengimbangi perasaan cemas.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat sentuhan fisik juga dapat meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh serta mencegah penyakit yang berkaitan dengan jantung dan darah.

Sebuah studi menemukan bahwa menerima pelukan dari pasangan bisa membuat tekanan darah lebih rendah.

3. Membangun kepercayaan

Physical touch dapat membangun kepercayaan dan kerja sama. Hal ini tidak hanya berlaku bagi pasangan saja.

Sebuah studi menemukan bahwa para pemain basket yang melakukan banyak interaksi fisik, seperti melakukan tos dan sebagainya akan tampil lebih baik di pertandingan.

Baca juga: Bikin Kagum, Ini Manfaat Percaya Diri pada Wanita!

4. Meningkatkan suasana hati

Memeluk dapat menjadi dukungan untuk mengurangi stres. Memeluk juga bisa mencegah gejolak batin setelah mengalami konflik.

Orang-orang yang menerima pelukan di hari terjadinya konflik biasanya akan memiliki suasana hati yang lebih baik setelahnya.

5. Menghilangkan keraguan

Manfaat lain dari sentuhan fisik dalam hubungan adalah membantu orang yang memiliki self esteem rendah untuk menghilangkan keraguan terhadap dirinya sendiri.

Baca juga:

6. Sebagai obat penghilang rasa sakit

Physical touch efektif untuk menghilangkan rasa sakit. Pijatan bisa menjadi cara yang bagus untuk meredakan semua jenis rasa sakit, mulai dari sakit kepala hingga sakit punggung.

7. Meningkatkan kualitas tidur

Sentuhan fisik dalam bentuk pijatan juga dapat meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala depresi. Sehingga, tubuh terasa lebih rileks.

8. Menjaga kesehatan mental

Tidak hanya menjaga kesehatan fisik, physical touch juga memberikan dampak positif bagi kesehatan mental. Physical touch bisa menjaga kesehatan mental.

Baca juga: Manfaat Menikah untuk Kesehatan Mental dan Tubuh

9. Meningkatkan pertumbuhan

Love language berupa sentuhan fisiki ini tidak hanya memberi dampak positif bagi orang dewasa saja, namun juga bagi anak-anak.

Physical touch tidak hanya berdampak positif terhadap perkembangan jangka pendek selama masa kanak-kanak, tetapi juga memiliki efek jangka panjang hingga dewasa.

Jadi, seorang anak memerlukan physical touch agar bisa tumbuh secara maksimal.

10. Meningkatkan kecerdasan emosional

Jika seorang anak tidak diperkenalkan dengan sentuhan yang positif sejak dini, hal ini dapat mengakibatkan masalah emosional dan kurang berkembangnya rasa empati pada diri mereka.

Memberikan perhatian dan physical touch kepada mereka bisa membantu mereka mengembangkan rasa empati.

Orang-orang yang love language-nya adalah physical touch akan merasa senang ketika pasangannya mengungkapkan kasih sayang melalui sentuhan, misalnya cuddle bersama pasangan. Mereka merasa hal ini lebih penting daripada hadiah, kata-kata, dan sebagainya.

Share artikel ini
Reference