cara menghilangkan trauma sakit hati

Tak banyak yang tahu jika hubungan yang buruk bisa membuat trauma berkepanjangan. Namun, ada cara menghilangkan trauma sakit hati bagi kamu yang memerlukan, loh.

Saat jatuh cinta, saat mengalami hal-hal baik, otak akan memproduksi bahan kimia yang membuat kita merasa baik dan bahagia.

Namun, ketika putus cinta atau terpisah dengan seseorang yang kita cintai karena kematian, otak akan berhenti memproduksi bahan kimia tersebut dan memunculkan perasaan menderita. Ini sebabnya, patah hati terasa begitu menyiksa dan sulit untuk dilalui. 

Bagi kamu yang sedang di fase sakit hati, berikut beberapa cara menghilangkan trauma sakit hati. 

Penyebab orang trauma sakit hati

sakit hati adalah pengalaman universal yang datang dengan kesedihan dan tekanan emosional yang intens. Ada beberapa penyebab mengapa seseorang merasakan trauma Berikut beberapa contoh penyebab orang dapat mengalami trauma:

1. Kejadian yang terjadi hanya satu kali

Meskipun hanya terjadi satu kali dalam seumur hidup, namun kejadian tertentu dapat meninggalkan trauma yang mendalam. Contohnya, serangan teroris, kecelakaan dan lain sebagainya. Berbagai kejadian ini dapat berpotensi menyebabkan trauma, apalagi jika terjadi secara tiba-tiba. 

2. Kejadian yang terjadi terus-menerus

Kejadian buruk yang terjadi terus menerus juga dapat menyebabkan efek traumatis bagi seseorang. Misalnya, saat mengalami bullying, pelecehan seksual, kekerasan dalam rumah tangga bisa menyebabkan trauma sakit hati yang mendalam. 

3. Kejadian yang sering dianggap remeh

Trauma juga bisa datang dari sesuatu yang dianggap remeh bagi orang lain namun ternyata meninggalkan luka dan efek traumatis yang besar bagi yang merasakannya. Contohnya adalah kematian mendadak dari orang yang berarti, putus cinta, dan pengalaman mengecewakan serta memalukan. 

14 cara menghilangkan trauma sakit hati

cara menghilangakn depresi

Berikut beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi trauma sakit hati:

1. Beri waktu untuk bersedih pada diri sendiri

Tidak ada salahnya untuk merasa bersedih, semua manusia memiliki emosi kesedihan dan kekecewaan. Izinkan diri sendiri untuk merasakan semua emosi kesedihan, rasa marah dan kesepian. Dengan memberikan waktu pada diri sendiri untuk bersedih, semua emosi itu akan dikeluarkan dan perlahan akan membaik. 

2. Buat jurnal 

Beberapa orang mungkin merasa sulit untuk menceritakan perasaannya pada orang lain, kamu bisa menuliskan perasaan kamu secara jujur di buku catatan atau jurnal. Selain menuliskan apa yang kamu rasakan, kamu juga bisa menuliskan hal-hal yang kamu butuhkan untuk membantu mengatasi emosi negatif dan kesedihan yang kamu rasakan. Misalnya, menonton film, belanja, atau melakukan hobi kamu. 

3. Beri tahu orang lain apa yang kamu butuhkan

Setiap orang dapat memiliki cara tersendiri untuk mengatasi trauma sakit hati. Ketahui, apakah kamu lebih nyaman untuk mengatasi sakit hati tersebut seorang diri atau membutuhkan dukungan orang lain. 

Jika, kamu membutuhkan kehadiran orang lain untuk membantu mengatasi sakit hati yang kamu rasakan, jangan ragu untuk meminta bantuan. Orang terdekat akan dapat memberikan bantuan sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. 

4. Tetap menjaga diri sendiri

Meskipun kamu sedang sakit hati dan merasa terpuruk pastikan kamu tetap memiliki kendali atas dirimu. Sehingga, kamu bisa tetap mengurus semua kebutuhan pribadi kamu dengan baik. Sakit hati bukan hanya melelahkan secara emosional namun juga secara fisik. 

Tidak ada salahnya untuk berolahraga dan melakukan meditasi untuk menenangkan diri kamu. Selain itu, pastikan untuk makan secara teratur. 

5. Jalan-jalan

Penelitian menunjukan menghabiskan waktu 2 jam di luar ruangan dapat membantu meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Kamu bisa pergi ke tempat dengan pemandangan yang indah, atau hanya sekedar jalan-jalan di sekitar lingkungan rumah. 

6. Cobalah aktivitas yang menyenangkan

Cobalah alihkan perasaan sedih, kecewa dan sakit hati kamu dengan melakukan kegiatan yang positif, misalnya bertemu dengan orang terdekat, berlibur, dan kegiatan lain yang dapat membantu kamu merasa lebih bahagia. 

7.  Cari kesibukan

Alihkan semua perasaan negatif, dengan kesibukan. Kamu bisa bekerja atau mencoba hal-hal baru untuk mengalihkan perasaan negatif tersebut. 

8. Percaya semua terjadi untuk pembelajaran

Apa yang kamu lalui tidaklah mudah dan bukan perkara mudah untuk bisa lepas dari perasaan negatif yang sedang kamu rasakan. Namun, ingatlah tidak ada penderitaan yang berlangsung selamanya. 

Orang yang trauma karena sakit hati dapat kembali merasakan kebahagiaan yang besar. Biarkan waktu berjalan dan membawa pelajaran hidup yang baru. sehingga semua kejadian pahit yang kamu rasakan tidak terulang kembali karena kamu telah menjadikannya sebagai pelajaran hidup yang berharga. 

9. Jangan menolak bantuan

Percayalah di luar sana ada banyak orang yang bisa membantu kamu lepas dari trauma sakit hati. Namun, terkadang orang yang trauma mungkin tidak meminta bantuan karena ia sudah terlalu fokus dengan perasaannya yang mendalam. 

Namun, ingatlah kamu tidak sendiri dan tidak harus menjalani semua hal menyakitkan sendirian. Jangan menolak bantuan orang sekitar karena bantuan ini dapat sangat berarti untuk kamu. 

10. Berhenti mengingat hal yang sedih

Cara menghilangkan trauma sakit hati selanjutnya adalah dengan berhenti memikirkan hal-hal yang membuat kamu sedih. Ingatlah, bahwa kamu juga bisa melewati semua ini dan berdamai dengan masa lalu. 

Kamu memiliki masa depan yang cerah dan berhak untuk merasa bahagia. Jadi, meskipun tidak mudah, mulailah untuk berhenti mengingat hal yang menyebabkan rasa sakit di hati. 

11. Istirahat cukup

cara tidur cepat 30 detik

Tidur yang cukup dapat membantu tubuh dan pikiran menjadi lebih baik. Selain itu, tidur yang cukup juga dapat membantu kamu melupakan hal-hal yang mengganggu perasaanmu. Memberi tubuh untuk istirahat dengan tidur yang cukup adalah hal penting yang harus kamu lakukan jika ingin menghilangkan trauma sakit hati. 

12. Konsumsi makanan sehat

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, menjaga kesehatan tubuh adalah hal yang penting. Jika perasaan dan fisikmu sakit, kamu dapat semakin terpuruk. Konsumsi makanan sehat seperti buah dan sayur dan pastikan kamu makan teratur dapat membantu tubuh untuk tetap menjalani hari dengan baik. 

13. Hindari konsumsi kafein

Kafein seperti kopi, teh, dan soda dapat memicu jantung berdetak lebih kencang. Selain itu, kafein juga dapat membuat kamu terjaga dan sulit untuk tidur. Alhasil, kamu justru dapat merasa semakin stres. 

14. Cari bantuan profesional

Cara menghilangkan trauma sakit hati selanjutnya adalah dengan mencari bantuan profesional. Jika kamu merasa perasaanmu semakin memburuk bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari, ini artinya kamu mungkin membutuhkan bantuan profesional. 

Seorang profesional kesehatan mental dapat membantu mengatasi emosi menyakitkan yang kamu rasakan. Jadi, jangan ragu untuk mencari bantuan profesional jika kondisi kesehatan mental kamu semakin memburuk. 

Share artikel ini
Reference