fakta-fakta mengenai non binary

Apakah kamu saat ini familiar dengan istilah non binary? Baru-baru ini, istilah non binary mencuat di lini media sosial dan bahkan hingga kehidupan nyata. Banyak orang yang kemudian ingin tahu apa maksud dari non binary.

Identitasg gender seseorangnya biasanya dapat diidentifikasi berdasarkan jenis kelamin. Orang dengan jenis kelamin laki-laki akan berperan sebagai laki-laki dan begitu juga dengan perempuan. Lalu apa yang dimaksud dengan non binary? Yuk simak dalam ulasan ini.

Non binary adalah

Non binary adalah seseorang atau individu yang tidak ingin mengidentifikasikan dirinya dalam gender tertentu, tidak laki-laki atau perempuan. Banyak orang yang menganggap ini sama dengan transgender. Padalah, gender ini berbeda dengan transgender. 

Melansir dari Trans Equality, tidak semua orang cocok dengan definisi atau kategori pria dan wanita, sehingga muncul istilah non binary.

Identitas non binary atau non biner sebetulnya sudah ada dan diperkirakan sejak 400 tahun lalu sebelum masehi. Dalam teks Hindu kuno, terdapat kaum di India yang menganggap diri mereka bukanlah pria atau wanita. Kaum ini bernama dengan Hijra.  

Gender sendiri dialihbahasakan sebagai jenis kelamin. Padahal, dalam bahasa inggris, jenis kelamin dan gender merupakan 2 hal yang berbeda.

Gender merupakan sesuatu yang dirasakan oleh diri sendiri. Gender akan membuat seseorang merasakan apakah dia pria atau wanita terlepas dari jenis kelamin yang dia punya.

Identitas gender ini terkadang merasakan gabungan antara pria dan wanita, namun ada juga yang merasakan tidak hanya sekedar menjadi pria atau wanita saja.

Umumnya kata ganti untuk individu yang menganggap diri mereka non binary adalah ‘mereka (they/them)’, dan bukan sebagai ‘dia (he/him, she/her)’ yang hanya merujuk pada pria atau wanita saja.

Baca Juga: Mengenal Toxic Femininity Stigma dan Cara Menyikapinya

Tipe- tipe gender non binary

non binary adalah

Non binary adalah gender yang juga disebut dengan genderqueer, sering kali disingkat dengan ‘NB’ atau ‘enby’. Gender ini banyak disebut sebagai gender neutral, gender nonconformist, atau androgynous.

Gender non binary terbagi dalam beberapa tipe, yaitu:

  • Agender, yaitu gender yang netral, individu tidak memiliki identitas gender yang spesifik. Tipe ini terkadang juga menyebut diri mereka genderless atau tanpa gender.
  • Bigender, yaitu dua identitas dapat diperankan bersamaan atau bergantian.
  • Genderfluid, yaitu individu yang mengganti identitas gendernya secara berkala, terkadang dalam dua atau lebih identitas gender

Selain itu ada juga jenis gender lain dalam non binary, yaitu:

  • Boi
  • Butch
  • Off the binary
  • Androginus
  • Caterosexual

Kesadaran akan orientasi seksual seseorang dapat muncul pada usia berapa pun. Beberapa merasakan dirinya berbeda dengan orang lain sejak dini, namun ada juga orang yang merasakan perbedaan gender dengan pandangan masyarakat umum ini setelah dewasa. 

Apa saja fakta tentang non binary yang perlu kamu ketahui?

Baca juga: Fakta Tentang Gangguan Kepribadian Disosiatif: Penyebab, Gejala, dan Jenisnya! 

Fakta-fakta tentang non binary

non binary adalah

Meskipun baru-baru ini istilahnya mencuat, gender ini adalah suatu pembahasan yang perlu kamu ketahui, apa saja faktanya?

1. Non binary adalah bukan hal baru

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, gender ini bukanlah suatu hal yang baru. Mereka yang menyebut dirinya non binary bukan bingung dengan identitas gender mereka atau hanya sekedar mengikuti tren saja.

Istilah ini telah dikenal selama ratusan tahun oleh beragam budaya dan masyarakat dari seluruh dunia.

2. Beberapa melakukan perubahan jenis kelamin

Ada beberapa individu gender ini yang mengubah jenis kelamin yang lebih cocok dengan gender yang mereka miliki. Namun tidak semua gender ini membutuhkan perawatan medis hingga operasi kelamin untuk memperkuat identifikasi diri mereka.

3. Non binary berbeda dengan intersex

Intersex merupakan individu dengan variasi karakteristik pada seks yang tidak cocok dengan pandangan masyarakat umum karena faktor tertentu seperti hormon, organ genital, kelenjar kelamin, dan kromosom. 

Gender ini lahir dengan tubuh yang dapat diidentifikasi sebagai gender umum baik pria atau wanita, namun mereka menganggap diri mereka tidak cocok dengan kedua kategori ini.

4. Kebanyakan transgender bukanlah nonbiner

Ada beberapa transgender yang menganggap diri mereka non biner, namun lebih banyak transgender yang dapat mengidentifikasikan diri sebagai pria atau wanita saja.

Perbedaan non binary dan transgender

Banyak sekali pendapat umum yang menyatakan bahwa gender ini sama dengan transgender, padahal konsep keduanya sangat berbeda. Penting untuk memahami perbedaan gender dan seks atau jenis kelamin. 

Jenis kelamin sendiri merupakan aspek dari biologis seseorang yang sudah ada sejak lahir, aspek ini dapat berupa kromosom atau alat kelamin.

Sedangkan gender merupakan peran atau sikap yang dibentuk secara kultur, budata, sosial dan melibatkan cara pandang atau perasaan seseorang terhadap dirinya sendiri. Gender dapat terlihat dari cara berpakaian, sikap, dan perilaku.

Masyarakat memilih identitas gender berdasarkan jenis kelamin yang dimilikinya. Gender yang dimiliki akan menuntun seseorang bersikap sesuai dengan jenis kelamin yang dimiliki. Kelompok ini disebut dengan cisgender atau cis.

Berbeda dengan cisgender, transgender akan bersikap berbeda dengan gender dan jenis kelaminnya, namun akan dapat memilih identitas gender apa yang spesifik, pria atau wanita.

Bedanya dengan gender ini adalah mereka tidak memiliki gender sesuai jenis kelaminnya, dan tidak ingin gendernya dikategorikan pada salah satu gender saja. Gender ini dapat memiliki 2 gender atau tidak memilih keduanya sama sekali.

Share artikel ini
Reference