garam masala

Seasoning, cooking. Various powder spices

Pernah dengar garam masala? Ini adalah campuran rempah-rempah yang digunakan secara luas dalam masakan India. Garam masala biasanya dipanggang untuk mengeluarkan lebih banyak rasa dan aroma. Kata masala berarti “rempah-rempah,” dan garam berarti “pedas”. Namun, garam masala tidak selalu merupakan campuran yang sangat pedas.

Ini bukanlah bumbu yang terdiri dari satu jenis rempah dengan rasa tunggal. Berdasarkan daerah asalnya, garam ini justru memiliki beragam komposisi yang membuat rasanya semakin meriah. Hm, jadi makin penasaran, kan?

Manfaat garam masala untuk kesehatan

Karena jenis dan komposisi yang berbeda-beda, tentunya manfaat spesifik akan sangat bergantung pada komposisi garam masalanya sendiri. Namun, secara umum dan yang pasti bumbu dari rempah-rempah mengandung berbagai manfaat utama berikut.

1. Membantu proses pencernaan

Manfaat utama menambahkan garam masala ke makanan kamu adalah merangsang nafsu makan dan membantu proses pencernaan dengan mendorong pelepasan cairan lambung di perut. Cengkeh dan jintan dalam garam masala mencegah gangguan pencernaan dan cengkeh juga membantu mencegah keasaman. Menambahkan lada dan kapulaga ke garam masala kamu juga dapat membantu pencernaan.

2. Membantu proses metabolisme

Bahan-bahan garam masala kaya akan fitonutrien, yang membantu meningkatkan metabolisme. Lada sangat baik dalam memberikan dorongan untuk metabolisme tubuh. Bahan-bahan ini juga kaya akan mineral, yang membantu meningkatkan fungsi berbagai organ tubuh.

3. Penuh antioksidan

Garam masala penuh dengan antioksidan yang membantu mencegah masalah kulit dan juga membantu melawan peradangan. Hanya setengah sendok teh garam masala sudah cukup untuk membumbui seluruh hidangan.

4. Mengatasi kembung 

Garam ini memiliki sifat karminatif dan selain meningkatkan pencernaan, juga membantu melawan kembung, perut kembung, dan bahkan mual. Bahan-bahan dalam campuran rempah-rempah juga membantu menjaga saluran pencernaan tetap sehat.

5. Melawan bau mulut

Kehadiran cengkeh dan kapulaga dalam garam masala juga membuatnya bagus untuk melawan bau mulut.

 

masakan garam masala

6. Baik untuk penderita diabetes

Diabetes adalah penyakit utama lain yang banyak diderita orang. Seperti kanker, diabetes paling sering disebabkan oleh faktor gaya hidup.

Salah satu risiko utama adalah, tentu saja, kelebihan berat badan. Dengan mengonsumsinya, maka sistem pencernaan dan metabolisme tetap terjaga, membuat berat badan kamu tetap ideal.

Selain itu, penelitian telah menemukan bahwa banyak rempah-rempah dapat melindungi terhadap diabetes.

7. Melindungi sistem saraf

Rempah-rempah ini bisa berguna untuk mencegah Alzheimer dan penyakit saraf lainnya. Seperti disebutkan, semua bumbu yang biasa digunakan dalam bahan ini mengandung antioksidan tinggi.

Ini penting, karena antioksidan alami telah terbukti melindungi terhadap gangguan neurodegeneratif.

Cara membuat garam masala

Kamu bisa membuat sendiri dengan bahan-bahan berikut. Resep ini cukup untuk membuat setengah cangkir garam masala.

  • 12 lembar daun salam kering
  • 8 cengkeh utuh
  • 4 polong adas manis bintang utuh
  • 3 batang kayu manis sepanjang 3 inci
  • 3 buah kapulaga hitam
  • 1 buah pala utuh
  • 2 sdm. biji ketumbar utuh
  • 1 sdt merica hitam
  • 2 sdm. gada
  • 1 sdt biji jintan
  • 1 sdt biji poppy putih

Langkah 1

Aduk bahan-bahan berikut dalam mangkuk kecil untuk digabungkan: 12 lembar daun salam kering, 8 cengkeh utuh, 4 polong adas bintang utuh, tiga batang kayu manis, 3 polong kapulaga hitam, 1 buah pala utuh, 2 sdm biji ketumbar, 2 sdm fuli (bukan ditumbuk), 1 sdm biji jintan, 1 sdt merica hitam, dan 1 sdt biji poppy putih.

Langkah 2

Panaskan wajan di atas api kecil sampai panas. Tambahkan campuran bumbu dan panggang sampai sedikit harum, sekitar 45 detik. Pindahkan kembali ke mangkuk dan biarkan dingin.

Langkah 3

Pindahkan pala ke lesung dan alu dan tumbuk menjadi potongan-potongan kecil. Robek daun salam menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Pindahkan semua bumbu ke gilingan bumbu dan giling menjadi bubuk halus. Pindahkan ke wadah kedap udara (jangan ditutup) dan biarkan dingin sepenuhnya.

Cara pakai garam masala untuk memasak

Bahan masakan ini menambahkan kehangatan, rasa manis, aroma bunga, dan sentuhan pedas dari lada hitam. Secara tradisional, bahan ini digunakan dalam kari, sup, dan daging panggang. Sangat direkomendasikan agar garam masala menjadi tambahan untuk semur dan sup.

Campuran rempah-rempah dapat ditambahkan ke minyak saat menumis bawang dan bahan lainnya sebagai dasar masakanmu, atau dapat ditaburkan di bagian akhir. Selain sebagai campuran saat dimasak rempah-rempah ini juga enak digunakan sebagai bumbu tabur. Ini bukan karena rasa originalnya saja yang enak, tapi juga karena warnanya yang cantik.

Share artikel ini
Reference