manfaat tepung maizena
Hidup Sehat

Manfaat Tepung Maizena: Dari Dapur hingga Masker Wajah

dr. Wisniaty Condro | Januari 11, 2022
Share

Ditemukan sejak tahun 1840 dan digunakan sebagai bahan dasar dalam memasak, kamu mungkin sudah tidak asing dengan tepung maizena. Sebenarnya, manfaat tepung maizena tidak hanya untuk keperluan dapur melainkan juga di bidang olahraga.

Belum lagi, tepung maizena juga dinilai bermanfaat untuk kulit dan kecantikan wajah, lho. Penasaran apa saja manfaat tepung maizena? Mari telusuri artikel ini dari awal sampai akhir.

Tepung maizena

Tepung maizena adalah salah satu tepung berwarna putih dengan tekstur halus seperti sutra. Tepung maizena atau sering disebut sebagai tepung jagung terbuat dari pati atau biji jagung.

Biasanya, orang-orang menggunakan tepung maizena sebagai bahan pengental makanan seperti sup, semur, saus, hingga makanan penutup. Namun, terlepas dari manfaat tepung maizena sebagai bahan pokok dapur, tepung jagung juga digunakan untuk kecantikan mulai dari rambut, kulit, hingga wajah.

Lalu, apa saja bahan dasar tepung maizena sehingga bubuk putih yang satu ini bisa sangat bermanfaat?

Bahan dasar tepung maizena

Dengan warna putih dan teksturnya yang halus seperti sutra, tepung maizena terbuat dari inti atau pati tanaman jagung. Setelah itu, pati dari endosperma biji jagung akan digiling menjadi bubuk yang halus.

Karena bahan dasar tepung maizena hanya dari jagung, maka tepung ini hanya mengandung karbohidrat dan tidak memiliki sedikitpun protein. Coba simak dulu kandungan tepung maizena di bawah ini.

Kandungan dalam tepung maizena

Berbahan dasar jagung, tepung maizena mengandung kalori dan karbohidrat yang tinggi. Benar seperti yang dikatakan sebelumnya, tepung jagung bukanlah bahan yang kaya vitamin dan mineral melainkan rendah nutrisi (termasuk protein dan serat). Berikut adalah beberapa kandungan dalam tepung maizena:

  • Karbohidrat
  • Serat
  • Tembaga
  • Selenium
  • Mangan
  • Fosfor
  • Leusin
  • Sodium
  • Potassium
  • Magnesium
  • Valin
  • Zat besi

Dengan tingkat kalori dan karbohidrat yang tinggi, tepung maizena bisa digunakan untuk mereka yang ingin meningkatkan kalori dan membutuhkan sumber energi. Beberapa diantaranya bahkan memanfaatkan kandungan tepung maizena untuk mencegah gula darah rendah pada penderita hipoglikemia nokturnal.

Apakah tepung maizena gluten free?

Sebagian besar tepung maizena adalah murni produk gluten free atau bebas gluten.
Namun, terkadang tepung jagung dapat mengalami kontaminasi silang dengan produksi bahan lain yang mengandung gluten. Oleh karena itu, pastikan kamu memeriksa label standarisasi pada kemasan sebelum membeli tepung jagung, ya.

Kalori tepung maizena

Satu sendok teh atau setara dengan 8 gram tepung maizena dikatakan mengandung 30 kalori. Berikut adalah jumlah kandungan lain dalam 8 gram tepung maizena:

  • Mengandung sodium sebesar 0,7 mg
  • Mengandung potasium sebesar 0,2 mg
  • Memiliki karbohidrat sebanyak 7,3 gram
  • Memiliki zat besi sebanyak 0,2%

Sementara,kandungan segelas tepung maizena atau setara dengan 128 gram tepung memiliki 488 kalori. Berikut kandungan nutrisi satu cangkir tepung maizena dan persentase kalori hariannya atau daily value (DV):

  • Mengandung 117 gram karbohidrat
  • Memiliki 1 gram serat
  • Tembaga: 7%
  • Selenium: 7%
  • Zat besi: 3%
  • Mangan: 3%

Di samping beberapa kalori tersebut, tepung maizena juga memiliki kandungan fosfor sebanyak 17 mg, leusin 0,046 gram, magnesium sebanyak 4 mg, serta valin sebesar 0,018 gram.

Dari jumlah kalori yang tinggi dan nutrisi yang rendah, mungkin kamu bertanya apa saja manfaat yang diperoleh ketika menggunakan tepung maizena. Yuk, simak penjelasan di bawah.

Manfaat tepung maizena

Tepung maizena memang paling sering digunakan untuk keperluan masak memasak. Namun, tepung jagung yang satu ini bisa digunakan untuk keperluan lain seperti kebutuhan medis, keolahragaan, dan kecantikan. Berikut adalah manfaat tepung maizena:

Mengentalkan dan menambah cita rasa makanan

Manfaat tepung maizena yang pertama adalah sebagai bahan pengental makanan, pembuatan sirup jagung, dan gula bubuk. Kamu juga bisa menggunakan tepung jagung untuk membuat omelet, kue, dan kue kering menjadi lebih empuk.

Mengatasi masalah pada lambung

Tepung maizena dapat digunakan untuk mengatasi lambung yang bermasalah dengan memperlambat pengosongan isi perut. Selain itu, karena kaya akan karbohidrat, tepung jagung dapat berperan sebagai glukosa dalam tubuh.

Menjaga kadar gula darah

Tidak hanya mengatasi masalah lambung, penderita glycogen storage disease (GSD) dapat menggunakan tepung maizena sebagai bahan pemasok glukosa dalam tubuh. Saat glukosa dalam tubuh terpenuhi maka seseorang terhindar dari kadar gula darah rendah.

Mencegah kurap pada kaki

Tinea pedis atau dikenal dengan istilah athlete’s foot adalah kondisi di mana kaki beraroma tidak sedap akibat jamur yang tumbuh di lapisan kulit kaki. Penggunaan tepung maizena pada kaki dapat membantu mengurangi kelembaban dan mencegah jamur berkembang lebih lanjut.

Meringankan gatal akibat gigitan serangga

Manfaat tepung maizena yang berikutnya adalah menjaga daerah gigitan serangga tetap bersih, kering, dan mengurangi rasa gatal. Kamu bisa mengoleskan pasta tepung jagung yang telah dicampur dengan air dingin menggunakan kain kasa atau kapas.

Mengatasi iritasi kulit

Selain meredakan gatal, tepung maizena sering digunakan untuk mengatasi alergi dan iritasi kulit akibat sunburn atau sinar matahari yang terlalu terik. Kamu bisa mengombinasikan tepung maizena dengan air dingin, dan mengoleskannya dengan kain kasa ataupun kapas.

Meredakan ruam pada kulit

Sama halnya dengan mengatasi iritasi kulit, tepung jagung dapat bermanfaat dalam meredakan ruam pada kulit. Karena tepung ini termasuk alami, kamu bisa menggunakan tepung maizena berulang kali, termasuk pada bayi yang mengalami ruam akibat mengenakan popok.

Menyerap minyak berlebih pada wajah

Manfaat tepung maizena lainnya adalah sebagai masker wajah. Jika wajah kamu memproduksi banyak minyak, kamu bisa mengatasinya dengan mencampurkan tepung maizena, susu, dan putih telur, lalu mengoleskannya ke wajah selama 15 menit.

Deodoran alami

Meskipun belum ada penelitian yang membuktikan bahwa tepung maizena seefektif deodoran kemasan, tepung jagung dapat menyerap kelembaban dan mengurangi aroma pada ketiak. Biasanya tepung maizena akan dicampur bersama soda kue dan minyak kelapa.

Alternatif shampoo kering

Rambut lepek akibat minyak berlebih? Kamu bisa mengatasinya dengan menaburkan tepung jagung ke kulit kepala selama beberapa kali. Tepung maizena akan membantu menyerap minyak pada kulit kepala sehingga rambut bebas dari minyak.

Terlepas dari beberapa manfaat tersebut, tepung maizena juga bisa kamu gunakan saat kamu berolahraga. Beberapa peralatan olahraga mungkin terasa licin akibat keringat, dan kamu bisa mengatasinya dengan menaburkan tepung jagung maupun kanji ke tangan.

Reference
Share