cara merapatkan miss v
Seks & Relationship Sex Style

Mitos Atau Fakta? Ini Cara Merapatkan Miss V Agar Tetap Kencang

Imelda Rahmawati | Maret 21, 2022
Share

Banyak wanita mencari cara merapatkan Miss V karena merasa area intim mereka terlalu kendur. Kondisi ini biasanya dialami oleh wanita setelah melahirkan atau menopause.

Loh, apa ini artinya Miss V bisa longgar? Ya, kerapatan vagina ditentukan oleh otot sekitar panggul yang bersifat elastis. Artinya otot ini dapat mengencang dan mengendur kapan saja.

Meskipun bukan pertanda sebuah penyakit, Miss V yang kendur dapat menurunkan rasa percaya diri wanita saat berhubungan seksual. Agar otot area Miss v tetap rapat dan elastis, yuk simak penjelasan lengkapnya!

Apakah Miss V dapat dirapatkan kembali?

Pada dasarnya, otot area vagina berada pada posisi yang kencang dan rapat. Sifatnya yang elastis sangat memungkinkan vagina longgar dan kembali rapat. Nah, elastisitas ini akan menurun seiring bertambahnya usia dan setelah melahirkan.

Fluktuasi hormonal dan ketegangan atau stres pada area vagina juga dapat menyebabkan melemahnya otot di area tersebut. Namun, kamu bisa bisa mengatasi kondisi ini dengan melatih kekuatan otot dasar panggul, agar kondisinya dapat kembali ke bentuk semula. Kondisi dasar panggul yang sehat juga dapat mencegah prolaps dan inkontinensia.

Mitos dan fakta merapatkan Miss V

Kamu mungkin pernah mendengar mitos-mitos yang beredar seputar kelonggaran area intim wanita. Terkadang mitos yang belum tentu benar ini membuat kamu ketakutan. Agar tidak salah paham dalam memahaminya, simak mitos dan fakta berikut ini:

1. Vagina longgar karena banyak berhubungan seks

Banyak orang percaya bahwa terlalu banyak melakukan seks dapat melonggarkan vagina. Anggapan ini tidak benar, karena pada dasarnya otot-otot vagina sangat elastis. Artinya vagina dapat mempertahankan bentuk dan ukuran normalnya setelah berhubungan seks.

Selama otot-otot masih kuat, kamu tidak akan kehilangan elastisitasnya, tidak peduli seberapa sering kamu melakukan hubungan seksual.

2. Vagina longgar karena terlalu banyak pasangan seks

Anggapan ini sebenarnya sangat negatif dan sepenuhnya mitos. Vagina yang longgar sama sekali tidak terkait dengan jumlah pasangan seks. Seperti yang kamu tahu, vagina bersifat sangat elastis. Otot Miss V akan rileks hanya ketika kamu terangsang dan akan menyusut kembali seperti sebelumnya.

3. Menstrual cup dan tampon membuat vagina longgar

Penggunaan menstrual cup dan tampon dengan cara dimasukkan ke dalam vagina, menuai asumsi bahwa vagina akan menjadi longgar. Hal ini tentu menjadi anggapan yang kurang tepat. Meskipun kamu memasukkan benda tersebut dan membiarkannya berjam-jam, otot Miss V akan tetap kencang.

Bagaimana cara merapatkan Miss V secara alami

Jika kamu merasa otot vagina sudah tidak kencang pasca melahirkan atau karena faktor usia, kamu bisa mengembalikan elastisitasnya dengan melakukan senam kegel. Latihan otot ini sangat populer dan dianggap cara paling efektif untuk mengembalikan kekencangan otot di area panggul. Yuk, coba!

  • Kencangkan otot panggul bawah, caranya seperti saat kamu menahan buang air kecil.
  • Tahan selama tiga detik lalu lemaskan lagi.
  • Jangan tahan nafas selama otot dikencangkan.
  • Pastikan otot perut, paha, dan pantat tidak ikut mengencang.
  • Ulangi lagi latihan otot ini hingga 10 kali.

Tips menjaga elastisitas Miss V

Menjaga elastisitas area intim sedini mungkin akan memberikan banyak keuntungan. Kamu tidak perlu lagi mengkhawatirkan masalah Miss V kendur di masa depan. Simak beberapa tips berikut ini, ya.

  1. Diet. Pertahankan berat badan ideal dan cegah sembelit dengan makanan berserat tinggi. Berat badan dan sembelit akan mempengaruhi lemahnya otot, terutama otot area panggul dan vagina.
  2. Kendalikan stres. Otot dasar panggul dapat dipertahankan dengan mengendalikan stres dan membatasi ketegangan. Hindari mengangkat beban berat dan terlalu lama berjongkok saat buang air besar, terutama saat kamu sedang sembelit. Kondisi-kondisi tersebut akan mempengaruhi kekuatan otot.
  3. Yoga. Kamu akan mendapat efek relaksasi dari latihan yoga. Lakukan pose yang fokus pada penguatan panggul. Cara ini bisa jadi alternatif saat kamu sedang malas melakukan latihan kegel.
  4. Aktif secara seksual. Hubungan seksual akan melatih elastisitas Miss V. Otot panggul dasar akan terbiasa untuk rileks dan meregang, sehingga akan mudah untuk mengembalikan kekencangan ototnya.

Beberapa cara merapatkan Miss V tersebut cocok dilakukan untuk kamu yang masih muda dan kuat. Sementara untuk wanita yang sudah berusia 40-an, sebaiknya lakukan konsultasi bersama dokter, karena beberapa latihan otot panggul mungkin akan terlalu berat dijalani.

Reference
Share