manfaat ulat sagu

Protein hewani ternyata bukan hanya didapatkan pada daging sapi, burung atau daging ayam. Namun, kandungan nutrisi yang satu ini juga terdapat dalam ulat sagu.

Meskipun bagi sebagian orang mengkonsumsi ulat sagu masih dianggap tabu, namun ada banyak sekali manfaat ulat sagu untuk kesehatan karena nutrisinya yang tinggi. Berikut ulasannya. 

Apa itu ulat sagu?

Ulat sagu merupakan larva yang berasal dari Rhynchophorus ferrugineus atau kumbang merah kelapa. Kumbang yang satu ini menjadikan bagian pucuk pohon sagu yang tidak digunakan dalam proses pengolahan sagu sebagai tempat bertelur. 

Bagi masyarakat Maluku dan papua, mengkonsumsi ulat sagu cukup lazim dan menjadi salah satu sumber protein. Biasanya, masyarakat mengkonsumsi ulat sagu secara mentah maupun diolah terlebih dahulu. 

Kandungan nutrisi ulat sagu

Meskipun di beberapa daerah di Indonesia, ulat sagu lazim dikonsumsi namun ulat yang satu ini lebih banyak dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak dan umpan ikan. Padahal, kandungan nutrisi yang terdapat dalam ulat sagu terbilang tinggi. 

Salah satu nutrisi utama yang terkandung di dalam ulat sagu adalah protein. Bahkan, mencapai 9,34 persen. Bukan hanya itu, ulat sagu juga memiliki kandungan nutrisi penting lain seperti asam amino, asam aspartat, asam glutamat, tirosin, lisin, hingga metionin. 

Manfaat ulat sagu untuk kesehatan

Dengan berbagai kandungan nutrisi yang disebutkan di atas, ulat sagu memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Mencegah berbagai penyakit

Dalam riset yang diterbitkan Asia Pacific journal of clinical nutrition (2017) ulat sagu diperkaya dengan kandungan karbohidrat, protein, asam lemak omega 9, omega 6, omega 3 serta asam amino. 

Kandungan asam lemak omega 9, omega 3, dan omega 6 ini dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan pada tubuh sehingga dapat menurunkan risiko penyakit depresi, Alzheimer, asma, serta rematik. Selain itu, asam lemak juga kerap dimanfaatkan menjadi suplemen untuk menurunkan kadar trigliserida tinggi yang dapat menjadi penyebab penyakit jantung. 

2. Membangun otot

Kandungan protein yang tinggi pada ulat sagu dapat membantu membangun otot. Pasalnya, protein sendiri merupakan salah satu komponen penting untuk membangun dan memperbaiki sel serta jaringan tubuh seperti kulit, tulang, dan otot. 

Bukan hanya itu, protein juga dapat membantu proses pembentukan hormon, enzim, dan senyawa kimia lain dalam tubuh. Mengkonsumsi ulat sagu juga dapat membantu memenuhi kebutuhan protein harian. 

3. Menurunkan kadar kolesterol

Manfaat ulat sagu selanjutnya adalah dapat menurunkan kadar kolesterol. Ulat sagu memiliki kandungan tokoferol yang berguna untuk memelihara kesehatan kulit, mata, sel darah, otak hingga dapat kesuburan organ reproduksi. 

Kandungan tokoferol dalam ulat sagu memiliki sifat antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas serta menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada di dalam darah. 

Kadar kolesterol jahat yang rendah dalam darah juga dapat menurunkan risiko gangguan penyakit kronis seperti tekanan darah tinggi hingga penyakit jantung.

4. Meningkatkan suasana hati

Ulat sagu mengandung berbagai jenis asam amino, seperti isoleucine, histidine, leucine  dan phenylalanine. Berbagai asam amino ini berperan dalam produksi serotonin yang merupakan zat kimia pada otak untuk memperbaiki siklus tidur dan suasana hati. 

Selain itu, asam lemak juga berfungsi untuk membantu memulihkan otot yang rusak dengan lebih cepat dan membantu mengurangi nyeri otot setelah melakukan olahraga. 

5. Mencegah tekanan darah tinggi

Ulat sagu juga memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Mengkonsumsi ulat sagu sebanyak 100 gram sudah dapat memenuhi sekitar 5 persen kebutuhan kalium harian orang dewasa. 

Kalium sendiri adalah salah satu jenis elektrolit yang diperlukan tubuh untuk memelihara fungsi pembuluh darah dan jantung. Mencukupi kebutuhan kalium harian dapat membantu membuat tekanan darah lebih terjaga. Sehingga, tubuh dapat mengeluarkan kadar garam berlebih melalui urin dengan lebih lancar. 

6. Meningkatkan imunitas tubuh

Manfaat ulat sagu selanjutnya adalah membantu meningkatkan imunitas tubuh. Ulat yang satu ini mengandung seng yang berguna untuk memperkuat sistem imunitas tubuh. Mineral ini dapat mendukung pembentukan sel imun yang baru. Imum yang baik dapat melawan patogen seperti bakteri, jamur dan virus penyebab penyakit dengan lebih baik. 

Share artikel ini
Reference