selena gomez

Siapa yang tidak kenal dengan Selena Gomez? Sosok penyanyi muda berbakat dengan jutaan penggemar di seluruh dunia. Penyanyi cantik ini ternyata didiagnosis menderita bipolar disorder. Masalah kesehatan mental yang ia derita nyatanya tidak membuatnya jatuh dalam lubang keterpurukan. Lantas bagaimana cara Gomez untuk mengatasi penyakit bipolar tersebut? Berikut ulasannya.

Selena Gomez mengalami penyakit bipolar

Selena merupakan salah satu pendiri dari platform kesehatan mental, yakni Wondermind. Platform yang satu ini tampaknya begitu personal untuk gadis kelahiran 1992 tersebut. Pasalnya, Selena diketahui mengalami bipolar, gangguan kecemasan serta depresi. 

Bipolar disorder sendiri merupakan kondisi yang membuat penderitanya mengalami perubahan suasana hati (mood) yang ekstrem dan tidak dapat diprediksi. Umumnya, orang dengan bipolar (OBD) mengalami peningkatan mood secara drastis (episode manik), serta penurunan mood berlebih (episode depresif).

Gomez telah menjalani berbagai terapi seperti terapi individu, kelompok, dan juga terapi menggunakan hewan. Ia secara rutin masih berkonsultasi pada psikolog dan berbagai hal lain yang membantu mengatasi penyakit bipolarnya tersebut. 

Cara menjaga kesehatan mental dari Selena Gomez

Tahu bahwa ia tidak sendirian mengalami gangguan kesehatan mental di dunia ini, Selena Gomez membagikan beberapa tips untuk menghadapi masalah kesehatan mental yang juga banyak dialami orang lain. 

Kalau kamu ingat, pelantun lagu Lose You To Love Me ini telah melalui banyak hal dalam beberapa tahun terakhir. Pada 2015 lalu, Selena didiagnosis menderita lupus yang merupakan kondisi autoimun inflamasi kronis yang menyerang jaringan serta organ tubuh. 

Selang dua tahun, ia mengatakan pada penggemarnya bahkan ia telah mendapatkan transplantasi ginjal karena lupus yang ia derita menyebabkan ginjalnya tidak berfungsi. Nah, pada tahun 2020, ia mengungkapkan bahwa dia didiagnosis menderita gangguan bipolar. 

selena gomez bipolar

Tak hanya itu saja, Selena juga mengalami depresi dan gangguan kecemasan. Bukan hanya terbuka soal apa yang ia alami, Selena juga membagikan beberapa cara menjaga kesehatan mental lewat akun Instagram Wondermind yang merupakan platform kesehatan mental, yang ia luncurkan pada Februari 2022.

Selena mengungkapkan, ia belajar tentang dirinya sendiri, memahami apa yang dapat mempengaruhi suasana hatinya. Ia berujar bahwa ia terus menggali pengetahuan tentang apa yang ia rasakan dan apa pemicu yang menyebabkan perasaan itu muncul. Ini adalah cara untuk memahami diri sendiri.

Selain itu, gadis berzodiak Cancer ini juga kerap menelpon seseorang untuk menceritakan apa yang ia rasakan. Ia juga mengungkapkan, berolahraga juga sangat penting untuk mengeluarkan energi dan rasa frustasinya. Salah satu olahraga yang ia ikuti adalah tinju. 

selena gomez

Selain beberapa cara yang ia bagikan lewat Instagram, Selena juga pernah berbagi cerita mengenai berbagai terapi yang ia jalani seperti terapi individu, kelompok, serta terapi kuda. 

Selena juga masih rutin menemui psikolog dan mengungkapkan bahwa terapi perilaku dialektis yang ia terima telah membawa perubahan positif dalam hidupnya. Ini adalah terapi yang kerap untuk mengobati kesehatan mental komplek atau jangka panjang. 

Meskipun berbagi tips lewat Instagram dan memiliki jumlat pengikut yang sangat banyak, Selena mengaku mulai membatasi pemakaian media sosial untuk lebih fokus pada kesehatan mentalnya. Melalui wawancara di majalah Vogue beberapa waktu lalu, Selena berujar jika ia menganggap media sosial merupakan racun yang buruk bagi mental. 

Cara lain untuk menjaga kesehatan mental 

Bagi kamu yang mungkin mengalami hal yang sama dengan Selena Gomez, ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental, seperti berkonsultasi dengan psikolog atau psikiater. Selain itu, ada beberapa cara lain yang dapat membantu menjaga kesehatan mental, yakni:

1. Olahraga rutin 

Olahraga bukan hanya menjaga kebugaran tubuh namun kesehatan mental. Dalam The Primary Care Companion to the Journal of Clinical Psychiatry mengungkapkan, bahwa olahraga seperti berenang, berjalan, jogging, menari dan bersepeda dapat membantu meningkatkan kesehatan mental. 

Olahraga juga dapat mengurangi masalah suasana hati, depresi, maupun kecemasan serta meningkatkan fungsi kognitif. 

2. Berkumpul bersama orang terdekat

Keluarga atau orang terdekat juga dapat membantu membagun berbagai hal positif. Hubungan sosial yang baik juga dapat memberikan dukungan yang dibutuhkan ketika merasa depresi. Kamu bisa berkumpul bersama keluarga, kekasih, atau teman dan mengungkapkan berbagai hal yang kamu rasakan. 

3. Mempraktikkan mindfulness

Mindfulness membantu kamu untuk berfokus pada keadaan atau kondisi saat ini termasuk perasaan, pikiran, tubuh, maupun lingkungan sekitar. Mindfulness akan membantu kamu untuk memahami diri sendiri dan menikmati hidup. 

4. Menghindari media sosial

Menghindari media sosial seperti yang Selena Gomez lakukan juga dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan mental. Media sosial juga kerap membuat kita membandingkan diri dengan orang lain. Bahkan, penelitian mengungkapkan bahwa media sosial dapat meningkatkan risiko cemas, depresi, dan perasaan terisolasi. 

5. Berbuat kebaikan

Melakukan berbagai kebaikan seperti berbagai dengan orang lain juga dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Tidak melulu soal uang, berbuat kebaikan juga dapat dilakukan lewat berbagai perbuatan kecil seperti berterima kasih. Ini akan menciptakan perasaan positif sekaligus menjaga hubungan yang baik dengan orang lain. 

6. Melakukan hal-hal baru

Melakukan berbagai kegiatan baru juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Kamu bisa belajar melukis atau memasak. Kegiatan seperti ini dapat membantu kamu terhubung dengan lebih banyak orang dan membangun kepercayaan diri.

Share artikel ini
Reference