hari perawat sedunia

Sebagai salah satu profesi, perawat memang sangat diandalkan dalam berbagai bidang kesehatan karena ilmu dan pengetahuannya.

Tidak heran jika setiap tahunnya, hari perawat sedunia akan digelar dan dirayakan dalam rangka mengingat jasa dan pengabdian para perawat dalam bidang kesehatan.

Kapan hari perawat sedunia? Yuk simak dan ikuti ulasan lengkap sejarah hari perawat agar kamu semakin menghargai jasa dan peran yang dilakukan oleh para perawat di seluruh dunia.

Kapan hari perawat sedunia?

peran perawat

Hari perawat sedunia atau International Nurses Day dirayakan setiap tanggal 12 Mei. Hari perawat diselenggarakan sebagai tanda untuk kontribusi perawat terhadap masyarakat. 

12 Mei dipilih sebagai tanggal hari perawat sedunia karena hari itu bertepatan dengan ulang tahun atau hari kelahiran Florence Nightingale, seorang pendiri keperawatan modern yang secara luas menyebarkan kontribusinya bagi dunia keperawatan. 

Tema yang dibawakan untuk hari perawat sedunia pada tahun ini adalah Our Nurses, Our Future.

Di mana tema ini dipilih sebagai kampanye gombal untuk menetapkan dunia keperawatan yang semakin baik untuk mengatasi berbagai tantangan di masa yang akan datang serta meningkatkan kesehatan global untuk semua.

Dari perayaan hari perawat sedunia ini juga dimanfaatkan sebagai momentum untuk belajar dari pandemi pada tahun sebelumnya dna menerjemahkan setiap tindakan pada masa yang akan datang.

Dewan Perawat Internasional berharap agar dalam perayaan ini, masyarakat dapat menunjukkan apa arti investasi bagi keperawatan dan perawatan kesehatan. Kampanye ini juga dapat menyinari masa depan perawat agar lebih cerah di masa depan.

Kapan Hari Asma Sedunia? Ini Sejarah Pentingnya!

Hari perawat nasional

hari perawat nasional

Di indonesia, hari perawat nasional diperingati setiap 17 Maret setiap tahunnya. Pada tahun ini perayaan di khususnya sebagai salah satu bukti keseriusan serta dukungan untuk pengabdian para perawat.

Tentunya perawat sangat berdedikasi dalam dunia kesehatan sehingga perayaan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai momen untuk mengingat jasanya.

Hari perawat nasional sendiri memang tak lepas dari PPNI atau Persatuan Perawat Nasional Indonesia yang mempunyai tanggal yang sama ketika terbentuk, yaitu 17 Maret. Kerap berganti nama, PPNI akhirnya meneguhkan nama menjadi PPNI.

Ketika dunia keperawatan masih kacau pada zaman penjajahan, berbagai pekerjaan medis kerap dilakukan oleh orang yang tak ahli dibidangnya.

Namun seiring dengan kemerdekaan indonesia yang diraih, seluruh aktivitas kesehatan pun semakin membaik dan ditangani oleh orang yang memang ahli pada bidangnya.

Tanda ketika dunia kesehatan semakin membaik di indonesia adalah ketika muncul organisasi keperawatan seperti Ikatan Perawat Indonesia atau IPI, Serikat Buruh Kesehatan, Persatuan Djuru Rawat Islam Indonesia atau PPI dan sebagainya.

Hingga akhirnya pada tanggal 17 Maret 1974, PPNI disetujui dan menjadi organisasi perawat yang dibentuk secara nasional serta menjadi semangat kesehatan yang paling penting bagi masyarakat indonesia.

Bagaimana Hari Perempuan Sedunia Tercipta, Apa Makna Perjuangan Kesetaraan?

Sejarah hari perawat sedunia

Latar belakang hari perawat sedunia bermula dari Dewan Perawat Internasional atau ICN.

Pada tahun 1953, seorang pejabat dari departemen kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan amerika serikat bernama Dorothy Sutherland mengusulkan hari perawatan, akan tetapi saat itu belum disetujui.

Pada januari tahun 1974, 12 Mei dipilih sebagai hari perawat internasional karena mengingat bahwa hari itu adalah hari kelahiran Florence Nightingale yang dianggap sebagai pendiri perawatn modern. 

Dewan perawat pun kemudian membagikan dan mendistribusikan kotak hari perawat internasional yang berisi informasi pendidikan dan public untuk perawat.

Hari Hipertensi Sedunia: Kenali Penyebab dan Faktor Risikonya

Namun pada tahun 1999, unison meminta kepada ICN untuk mengubah tanggal hari perawat sedunia karena Florence dianggap tidak mewakili sebagai tokoh keperawatan moden.

Tahun 1900, pda 8 mei ditetapkan sebagai hari keperawatan mahasiswa nasional dan selanjutnya tanggal 6 hingga 12 Mei dirayakan sebagai rangkaian hari untuk merayakan hari perawat sekolah nasional dan dunia.

Namun pada dasarnya, hari perawat sedunia memang dibuat untuk merayakan pengabdian dan sebagai salah satu cara untuk mengingat jasa para perawat.

Pada pandemi lalu, peran perawat menjadi salah satu tonggak dan pahlawan kesehatan yang membantu memulihkan kondisi pasien di tengah keterpurukan. 

Oleh karena itu, tema hari perawat sedunia pada tahun ini memang mengharapkan masa depan yang lebih cerah untuk para perawat di dunia.

Masa depan yang dapat diambil pelajarannya melalui tragedy pandemi yang telah berlalu dan diharapkan masa depan yang cerah dapat diraih oleh setiap perawat yang saat ini tengah mengabdi.


Penulis: Nur Azizah

Share artikel ini
Reference