Strawberry adalah salah satu buah yang populer dan banyak disukai orang. Buah ini memiliki rasa manis yang segar dan juga banyak mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan. 

Strawberry juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga bisa membantu membuatmu kenyang lebih lama dan menurunkan kadar gula darah. Kamu bisa mengonsumsinya sebagai camilan atau dibuat ke dalam minuman tertentu. 

Nah, jika kamu sedang menjalani diet, kamu mungkin penasaran dengan berapa kalori strawberry, bukan? Yuk baca detailnya di sini!

Kalori strawberry dan informasi gizinya

Strawberry dikenal sebagai makanan sumber vitamin C yang baik untuk kesehatan. Bukan hanya itu, strawberry juga memiliki kandungan gizi lain yang penting untuk tubuh. Satu porsi strawberry seberat 100 gram mengandung sekitar:

  • 32 kalori
  • 7,7 gram karbohidrat
  • 1 gram protein
  • 0,5 gram lemak
  • 2 gram serat
  • 89% vitamin C dari kebutuhan harian
  • 2% kalsium dari kebutuhan harian
  • 2% besi dari kebutuhan harian

Strawberry juga mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh seperti flavonoid, antosianin, dan catechin yang membantu menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. Buah ini juga memiliki kandungan folat yang baik untuk kesehatan janin saat hamil.

Manfaat strawberry untuk kesehatan

Bukan hanya lezat, kandungan nutrisi yang ada dalam strawberry membuat buah yang satu ini memiliki sejuta manfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Menjaga kesehatan mata dan rambut

Kalori strawberry kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat membantu melawan radikal bebas sehingga masalah seperti mata kering, degenerasi makula, dan katarak dapat dihindari.

Selain itu, kandungan potasium pada stroberi dinilai efektif untuk memperbaiki masalah tekanan intraokular yang dapat mengganggu penglihatan.

Tidak hanya itu, antioksidan dalam buah ini juga dapat membantu menjaga kesehatan rambut.

2. Meningkatkan imun 

Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa minum jus strawberry secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Hal itu karena, kalori strawberry kaya akan vitamin C yang bisa melindungi kamu dari berbagai penyakit yang disebabkan oleh virus dan infeksi bakteri.

Selain itu, seperti yang telah dijelaskan, vitamin C dalam strawberry bertindak sebagai antioksidan yang membantu menetralkan radikal bebas berbahaya.

3. Mencegah tekanan darah tinggi

Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya antosianin, seperti strawberry, dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi.

Antosianin yang terkandung dalam strawberry dapat melancarkan sirkulasi darah. Efek ini terutama terlihat pada orang yang berusia di bawah 60 tahun.

13 Makanan untuk Penderita Darah Tinggi, Penderita Hipertensi Wajib Coba!

4. Mengurangi risiko serangan jantung

Fungsi antosianin yang terdapat pada strawberry lainnya adalah untuk mencegah serangan jantung.

Sebuah penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang sering makan strawberry dan buah beri lainnya memiliki risiko serangan jantung yang lebih rendah.

5. Mengontrol gula darah

Para ahli menjelaskan bahwa berbagai senyawa dalam strawberry, termasuk antioksidan dan fitokimia, antosianin dan ellagitannin, dapat membantu mengontrol kadar gula darah.

Selain itu, strawberry memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

6. Membantu program diet

Orang yang ingin menurunkan berat badan sebaiknya memasukkan kalori strawberry ke dalam daftar menu diet buah dan jenis nutrisi harian lainnya.

Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada buah ini. Sejumlah studi juga membuktikan bahwa serat memiliki peran penting dalam menjaga metabolisme, terutama untuk orang yang mengalami obesitas.

7. Menjaga kesehatan pencernaan

Selain membantu dalam proses penurunan berat badan, serat pada strawberry juga membantu menjaga pencernaan tetap sehat.

Serat makanan mengikat lemak dan kotoran di usus serta mencegah berbagai penyakit seperti sembelit dan wasir. Serat makanan juga membantu usus untuk mencerna makanan dengan lebih baik.

11 Makanan Untuk Penderita Wasir, Harus Konsumsi Serat!

8. Membantu mengatasi jerawat

Selain melindungi tubuh dari berbagai penyakit berbahaya, kandungan kalori strawberry juga bisa melawan jerawat. Hal ini disebabkan zat anti inflamasi yang terkandung di dalam strawberry. Zat tersebut dapat mencegah iritasi kulit yang menyebabkan jerawat.

Nah, itu dia beberapa informasi yang wajib kamu tahu tentang kalori strawberry dan manfaat buah ini bagi kesehatan. Siap-siap serbu strawberry di supermarket, ya!

Share artikel ini
Reference