minum sprite saat haid

Minuman bersoda termasuk sprite merupakan salah satu minuman yang sering diidamkan wanita menjelang atau saat menstruasi. Apalagi, beredar kabar bahwa minum soda bisa membantu melancarkan haid. Namun itu hanyalah mitos yang tidak perlu kamu percayai mulai sekarang.

Padahal, minum sprite saat haid memiliki efek tertentu. Kondisi ini terjadi karena minuman bersoda banyak mengandung gula dan kafein yang berdampak buruk saat menstruasi.

Penelitian dari Journal of Taibah University Medical Sciences, bahaya minum soda saat haid bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Penyempitan pembuluh darah ini bisa terjadi di rahim, yang kemudian menyebabkan kram perut saat menstruasi yang parah.

Lantas, bolehkah minum sprite saat haid? Yuk ketahui informasi selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui faktanya!

Apakah minum sprite memperparah PMS?

cara mengatasi pms

Penyebab utamanya adalah kandungan kafein yang tinggi pada soda atau minuman bersoda dapat memperparah gejala menstruasi, seperti kram perut, perut kembung, sakit kepala yang kamu alami.

Menurut sejumlah pakar kesehatan, minum soda saat haid ternyata bisa menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah atau dikenal dalam dunia medis sebagai vasokonstriksi. Akibatnya, dapat meningkatkan nyeri perut yang kamu alami selama menstruasi.

Minuman soda juga mengandung gula yang tinggi. Konsumsi gula yang tinggi dapat menahan air dan natrium dalam tubuh, yang semakin memperparah gejala perut kembung saat menstruasi.

Kandungan gula yang tinggi pada minuman bersoda dapat menyebabkan peradangan. Ini karena gula diketahui memiliki sifat inflamasi. Terlebih, kelebihan gula juga bisa menimbulkan peradangan kronis pada tubuh dan memicu diabetes, alergi dan penyakit jantung.

Minum Soda saat Haid: Apa Dampaknya?

Demikian pula, kandungan kafein yang tinggi pada minum sprite saat haid dapat memperparah gejala menstruasi. Gejalanya antara lain nyeri haid, kram perut, perut kembung, nyeri pada otot dan persendian, payudara menjadi sensitif, sakit kepala, dan gejala lainnya.

Selain itu, minum soda untuk memperlancar haid juga bisa menyebabkan kamu lebih moody atau mengalami mood swing yang fluktuatif saat haid.

Alih-alih melancarkan haid, minum soda justru bisa meningkatkan tekanan darah dan detak jantung sehingga menimbulkan kecemasan dan ketegangan. Akibatnya, kamu merasa lebih tidak nyaman saat menstruasi.

Minum soda bisa mempercepat haid

minum soda saat haid apa dampaknya
minum soda saat haid apa dampaknya

Kebanyakan wanita memiliki jadwal atau siklus menstruasi yang berbeda setiap bulannya.
Women’s Health menyebutkan bahwa rata-rata wanita mengeluarkan 2-3 sendok makan darah saat menstruasi. Aliran darah yang keluar juga mungkin lebih ringan atau bahkan lebih deras.

Tak sedikit wanita yang menganggap minum sprite saat haid bisa memperlancar darah yang keluar sehingga haid lebih cepat selesai.

Oleh karena itu, tidak jarang para wanita mencoba melancarkan haidnya dengan meminum soda agar darah yang keluar lebih banyak sehingga tidak perlu berlama-lama.

Padahal, hingga saat ini belum ada penelitian medis yang membuktikan kebenaran hal tersebut.

Hal inilah yang membuat wanita harus lebih berhati-hati jika sudah terbiasa melakukannya karena belum diketahui efek jangka panjangnya.

Pengaruh lain minum soda saat haid

minuman isotonik
Asian young woman drink lemonade soda at the outdoors cafe and smiles

Umumnya minuman bersoda tergolong tidak baik untuk kesehatan karena mengandung gula yang cukup tinggi. Hal inilah mengapa minum soda saat haid juga sebaiknya kamu hindari.

Tidak hanya saat menstruasi saja, terlalu banyak mengonsumsi soda juga bisa menyebabkan kamu mengalami obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Pada wanita, terlalu banyak minum soda juga bisa memengaruhi kesuburan, termasuk bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan.

Minuman soda memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang dikaitkan dengan penurunan kesuburan pria dan wanita.

Selain itu, Healthcare University of Utah, kemungkinan juga minum soda dapat memengaruhi kadar estrogen wanita.

Minum Alkohol Saat Haid, Apakah Aman?

Peningkatan kadar hormon estrogen dapat menyebabkan perubahan hormonal, menghentikan ovulasi, dan efek jangka panjang lainnya yang masih perlu dipelajari lagi.

Kemudian, kandungan kafein yang cukup tinggi kemungkinan juga akan membuat kamu merasakan efek minum soda saat haid seperti kram perut, kembung, dan sakit kepala.

Menghilangkan atau mengurangi kebiasaan minum soda dapat bermanfaat bagi kesehatan secara umum dan dapat mengurangi rasa tidak nyaman saat menstruasi.

Anggapan bahwa minum sprite saat haid dapat mempersingkat siklus haid hanyalah mitos belaka. Untuk bisa melancarkan haid, sebaiknya lakukan olahraga teratur, jaga berat badan, dan makan makanan bergizi yang kaya vitamin B dan D.

Share artikel ini
Reference