minum air kelapa saat haid

Apakah kamu penggemar air kelapa? Pohon kelapa umumnya tumbuh di iklim tropis. Air kelapa biasanya ditemukan dari kelapa mudah yang umurnya sekitar 6 sampai 7 bulan. Setiap kelapa umumnya bisa menyediakan sekitar setengah atau satu gelas.

Sampai sekarang banyak orang yang senang mengonsumsi karena memiliki banyak manfaat. Bahkan, di daerah tropis, air kelapa sudah lama dikonsumsi untuk mendukung diet dan merawat kesehatan tubuh. Namun, kamu mungkin bertanya-tanya apakah minum air kelapa saat haid juga bermanfaat? Simak informasi lengkapnya pada artikel di bawah ini ya.

Apakah boleh minum air kelapa saat haid?

Kamu boleh minum air kelapa saat haid karena air kelapa tidak memberi efek buruk apapun terhadap haid yang sedang dialami. Pasalnya, air kelapa justru mengandung banyak mineral penting yang bisa meredakan berbagai gejala haid, yaitu magnesium dan potasium. Dilansir dari Woman Junction, magnesium bisa membantu mengatasi gejala PMS yang mencakup kram perut, kelelahan, dan lekas marah.

Selain itu, kadar kalium pada air kelapa membantu mengurangi kram haid, meredakan kembung, dan nyeri pada payudara. Mengonsumsi air kelapa memiliki banyak manfaat dibandingkan dengan suplemen. Manfaat air kelapa saat haid juga banyak. Karena kandungannya yang seimbang, air kelapa sering dianggap sebagai minuman yang potensial sebagai obat.

Kandungan dalam air kelapa

Selain rasanya yang manis dan bisa menghidrasi tubuh secara alami, air kelapa ternyata juga mengandung beberapa nutrisi, seperti:

  • Vitamin B1, B2, B3
  • Vitamin C
  • Folat
  • Kalium
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Potasium
  • Vitamin
  • Mineral
  • Air
  • Kalori
  • Karbohidrat
  • Asam amino
  • Fosfor

Manfaat minum air kelapa

Air kelapa memiliki berbagai khasiat berkat beragam kandungan nutrisinya. Beberapa manfaat minum air, yaitu:

1. Mengurangi pendarahan selama haid

Manfaat minum air kelapa saat haid adalah bisa menangani haid yang terasa berat. Kandungan vitamin C dan zat besi pada air kelapa bisa membantu mengurangi pendarahan selama haid. Selain itu, vitamin C juga bisa membantu tubuh menyerap zat besi serta melindunginya dari oksidasi. Sehingga, dapat dikatakan bahwa vitamin C bisa mencegah kekurangan zat besi.

2. Mengatasi nyeri haid

Selain itu, kandungan seng ini bisa meredakan kram haid sehingga memungkinkan wanita untuk menjalankan rutinitas harian dengan baik tanpa perlu menahan rasa sakit akibat kram. Namun, air kelapa tidak hanya bisa mengurangi rasa nyeri saat haid, namun juga saat PMS. Kandungan magnesium yang terdapat di dalamnya bisa meredakan nyeri dismenore dan gejala PMS.

3. Mengatur siklus haid

Banyak orang menganggap bahwa minum air kelapa bisa menghentikan atau memperpanjang haid. Namun, anggapan seperti ini sebenarnya tidak tepat. Kandungan fitoestrogen di dalamnya bisa mengatur siklus haid agar lebih teratur.

4. Mencegah anemia defisiensi besi

Selain itu, minum air kelapa ketika haid sebenarnya bisa membantu untuk mencegah anemia defisiensi besi. Anemia ini umumnya terjadi ketika wanita mengalami haid yang berlebihan sehingga kehilangan banyak darah. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini yaitu dengan memenuhi asupan zat besi. Air kelapa memiliki kandungan zat besi dan vitamin C yang bisa mendukung proses penyerapan zat besi di dalam tubuh.

5. Mengatasi masalah pencernaan

Ketika haid, wanita akan cenderung mengalami masalah pencernaan seperti sembelit atau diare. Hal ini dapat terjadi akibat perubahan kadar hormon dalam tubuh. Kamu dapat mengatasi hal ini dengan minum air kelapa. Air kelapa mengandung serat yang bisa mengatasi masalah pencernaan dan juga mengandung elektrolit yang menghidrasi tubuh ketika kehilangan banyak cairan akibat diare.

6. Mencegah dan mengatasi dehidrasi

Sekitar 95 persen air kelapa merupakan air. Minum air kelapa bisa meningkatkan hidrasi. Menjaga hidrasi tubuh menurunkan risiko kamu untuk terkena sakit kepala. Sering kali saat haid, salah satu gejala yang dirasakan wanita, yaitu sakit kepala. Dengan minum air kelapa dan tetap terhidrasi, gejala haid yang satu ini dapat diatasi.

7. Menjaga kesehatan jantung

Air kelapa membantu meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan kalium pada air kelapa bisa mengurangi tekanan darah. Selain itu, dilansir dari Medical News Today, ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa air kelapa bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

8. Mengatasi stres oksidatif

Air kelapa mengandung antioksidan yang bisa membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Air kelapa bisa membantu memodifikasi agar radikal bebas tidak membahayakan lagi. Namun, hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

9. Mengontrol kadar gula darah

Minum air kelapa tanpa pemanis bisa dijadikan alternatif minuman manis. Sehingga, air kelapa bisa membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah mereka. Namun, mengonsumsi air kelapa juga perlu dibatasi asupannya karena mengandung gula alami.

10. Membantu fungsi ginjal dan kontraksi otot

Minum air kelapa secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Sebuah studi tahun 2018 menunjukkan bahwa air kelapa bisa mencegah penyakit batu ginjal. Studi tahun 2021 juga menemukan bahwa air kelapa bisa membantu meringankan kerusakan ginjal yang diakibatkan oleh diabetes.

11. Melembapkan kulit

Minum air kelapa juga bisa melembapkan kulit. Sebuah studi tahun 2015 menyatakan bahwa mengonsumsi air kelapa membantu mencegah kerusakan radikal bebas. Selain itu, air kelapa juga dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan, namun manfaat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

12. Mengobati jerawat

Saat haid, biasanya wajah rentan dengan munculnya jerawat. Para ilmuwan menemukan bahwa air kelapa mempunyai efek antimikroba. Sehingga, air kelapa bisa digunakan untuk mengobati jerawat. Jadi, manfaat minum air kelapa saat haid adalah mengobati jerawat yang muncul pada wajah.

13. Mengendalikan berat badan

Jika kamu mengalami kenaikan berat badan, air kelapa bisa bermanfaat untuk mendukung penurunan berat badan. Air kelapa mengandung 45 kalori, sehingga bisa menjadi alternatif sehat untuk minuman manis.

Apakah minum air kelapa saat haid membuat darah haid lebih lancar?

Banyak orang yang percaya bahwa minum air kelapa bisa melancarkan haid akibatnya aliran darahnya semakin deras. Namun, anggapan seperti itu merupakan hoaks. Sebenarnya, tidak ada hubungan antara minum kelapa dengan penyebab aliran darah haid menjadi deras.

Sampai saat ini, belum ada penelitian yang menemukan bahwa minum air kelapa bisa membuat darah haid lebih lancar. Kuantitas darah yang keluar saat haid sebenarnya dipengaruhi oleh perubahan hormon.

Efek samping minum air kelapa saat haid

Air kelapa mengandung mineral, vitamin yang beragam, bebas lemak dan kolesterol, serta rendah kalori dan gula. Maka dari itu, tidak heran jika air kelapa sering kali disebut sebagai minuman sehat. Oleh karena itu, air kelapa sangat aman untuk dikonsumsi kapanpun, termasuk saat mengalami haid.

Umumnya, tidak ada efek samping yang dirasakan setelah meminumnya. Efek samping minum air kelapa bisa timbul jika kamu mengonsumsinya secara berlebihan. Pasalnya, minum air kelapa secara berlebihan dapat mengakibatkan kelebihan kalium dalam darah atau yang disebut hiperkalemia. Kondisi seperti ini dapat terjadi karena air kelapa mengandung kalium dalam jumlah yang cukup tinggi.

Hal yang harus diperhatikan jika minum air kelapa saat haid

Ada dua hal yang perlu kamu perhatikan saat mengonsumsi air kelapa, yaitu:

  • Sama seperti obat herbal lainnya, kamu tidak boleh mengonsumsi air kelapa secara berlebihan.
  • Sebaiknya minumlah tanpa menambahkan gula karena air kelapa sendiri sudah mengandung gula alami.

Air kelapa merupakan sumber elektrolit dan nutrisi alami. Mengonsumsinya bisa menjaga tubuh kamu tetap terhidrasi, serta menjaga kesehatan jantung dan ginjal kamu. Namun, kamu perlu ingat untuk mengonsumsi secukupnya saja, ya.

Share artikel ini
Reference