Manfaat chia seed untuk kesehatan

Chia seed merupakan biji-bijian kecil yang mengandung banyak manfaat besar, sehingga sering disebut sebagai makanan super. Banyak supermarket dan berbagai toko makanan sehat yang menjual chia seed untuk dikonsumsi menjadi olahan makanan.

Kamu pun juga bisa mencoba untuk mengonsumsinya. Nah, apa saja manfaat chia seed untuk kesehatan dan bagaimana cara mengolah chia seed yang benar dapat kamu ketahui dari ulasan berikut ini.

Mengenal apa itu chia seed

Chia seed adalah biji-bijian dengan bentuk kecil yang berasal dari tanaman Salvia Hispanica. Tanaman tersebut merupakan salah satu tanaman mint yang mempunyai variasi warna hitam, abu, hingga memiliki bercak putih. Ukuran chia seed ini sangat mini sekitar 1-2 mm.

Jenis biji ini disebut sebagai superfood karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Termasuk dapat bermanfaat untuk diet. Kira-kira apa saja kandungan yang dapat ditemukan dalam chia seed sehingga disebut sebagai super food dengan manfaat yang besar?

Baca juga: Ingin Diet Keto? Ini Manfaat dan Efek Sampingnya!

Kandungan chia seed

Chia seed mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi, antioksidan dan mineral. Dalam 28 gram atau 2 sendok makan chia seed mempunyai kandungan berupa:

  • 138 kkal kalori
  • 4,7 g protein
  • 8,7 g lemak
  • 5 g asam alfa-linolenat
  • 11,9 g karbohidrat
  • 9,8 g serat
  • 14% kalsium nilai harian
  • 12% besi nilai harian
  • 23% magnesium nilai harian
  • 20% fosfor nilai harian
  • 12% seng nilai harian
  • 12% vitamin b1 nilai harian
  • 16% vitamin b3 nilai harian

Nutrisi tinggi ini didapat dari segenggam kecil chia seed sehingga tidak heran biji ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. Apa saja manfaatnya?

Manfaat chia seed untuk kesehatan

cara menjaga kesehatan payudara

Kandungan yang gizi yang tinggi memberikan manfaat chia seed yang besar untuk kesehatan, antara lain:

1. Cegah kerusakan sel

Chia seed mengandung antioksidan tinggi yang melawan produksi radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan percepatan penuaan dan kerusakan molekul sel sehingga perlu nutrisi yang dapat melawannya.

Manfaat chia seed untuk kesehatan dapat melawan kerusakan sel akibat radikal bebas. Radikal bebas dapat memicu kanker sehingga mengonsumsi chia seed dapat menjadi salah satu cara agar sel dapat sehat dan mencegah berbagai risiko penyakit lain.

2. Menjaga berat badan ideal

Chia seed sangat baik untuk diet dan menurunkan berat badan sehingga tetap ideal. Kandungan protein yang melimpah dapat menunjang program diet sehingga dapat berhasil.

Protein dapat mengurangi nafsu makan dan mencegah keinginan makan di luar jam yang ditentukan. Chia seed juga dapat membuat kamu kenyang lebih lama.

3. Turunkan risiko penyakit jantung

Sebuah penelitian yang berjudul Plant Food for Human Nutrition menyebut bahwa chia seed dapat membantu menurunkan tekanan darah. Seperti diketahui, darah tinggi dapat memicu hipertensi dan menyebabkan banyak penyakit lain seperti jantung.

Dengan mengonsumsi chia seed, kamu dapat menstabilkan darah dan mencegah berbagai penyakit. Manfaat chia seed untuk kesehatan jantung ini juga telah melalui banyak penelitian sehingga bisa kamu manfaatkan.

Baca juga: Ciri-Ciri Penyakit Jantung pada Wanita, Apa Bedanya dengan Pria?

4. Tingkatkan kesehatan tulang

Kandungan kalsium, magnesium, protein, dan fosfor sangat baik untuk kesehatan tulang. Kalsium dalam chia seed lebih tinggi dari produk olahan susu sehingga bisa menjadi alternatif makanan bergizi untuk kamu konsumsi.

5. Menurunkan kadar gula darah

Lonjakan gula darah dapat menjadi faktor timbulnya risiko diabetes tipe 2. Hal ini bisa diatasi dengan konsumsi chia seed yang dapat mengontrol gula darah. Menjaga kestabilan gula darah dapat membantu mengatasi berbagai risiko penyakit serius lainnya.

Begitu banyak manfaat chia seed bukan? Namun ternyata ibu hamil juga dapat merasakan manfaat khusus dari chia seed ini. Apa saja efeknya untuk ibu hamil?

Chia seed untuk ibu hamil

manfaat bengkoang untuk ibu hamil

Manfaat chia seed untuk kesehatan ibu hamil dapat kamu ketahui sebagai berikut:

  • Kandungan omega-3 dengan jenis asam alfa linolenat dapat mendukung pertumbuhan otak janin.
  • Masalah pencernaan yang rawan terjadi pada ibu hamil dapat dibatasi dengan chia seed yang mengandung serat sebanyak 32% dari kebutuhan harian.
  • Suplai sel darah merah untuk ibu hamil agar terhindar dari anemia defisiensi besi dapat diatasi dengan chia seed yang mengandung zat besi tinggi.
  • Chia seed mengandung mineral dan kalsium yang dapat membantu memperkuat gigi dan tulang janin.
  • Chia seed dapat membantu meningkatkan stamina ibu hamil dan mencegah kelelahan akibat menopang badan dengan berat yang terus meningkat

Untuk mendapatkan manfaat chia seed untuk kesehatan, kamu juga harus tau bagaimana cara mengolahnya dengan benar.

Cara konsumsi chia seed

Kamu dapat makan chia seed mentah atau menambahkannya ke berbagai makanan. Cara mengonsumsi chia seed dapat kamu temukan dalam beberapa tips berikut ini:

  • Tambahan chia seed untuk makanan seperti sereal, yogurt, smoothie dan topping salad.
  • Rendam chia seed agar berubah menjadi gel untuk digunakan sebagai pengental makanan penutup atau dijadikan puding chia seed.
  • Chia seed dapat dimanfaat untuk campurkan berbagai minuman.

Cara minum chia seed juga bisa dilakukan dengan digunakan sebagai salah satu alternatif olahan jus buah. Kamu dapat mencampur chia seed ke minuman, salad, bubur atau buah-buahan sesuai selera.

Bahaya chia seed

Selain memiliki manfaat chia seed untuk kesehatan, apakah ada bahaya jika chia seed dikonsumsi berlebihan? Biji ini tergolong sebagai makanan sehat dengan tinggi nutrisi dan manfaat lain, namun jika dikonsumsi berlebihan chia seed dapat memicu berbagai keluhan berikut ini:

  • Diare. Untuk menghindarinya, cukup konsumsi 1-2 sendok makan saja agar tidak mengganggu pencernaan.
  • Mengganggu kerja obat. Konsultasi ke dokter jika kamu sedang mengonsumsi obat tertentu dan patuhi rekomendasi seberapa banyak chia seed dapat dikonsumsi.
  • Risiko tersedak. Chia seed dapat membesar dan menyerap air sehingga harus hati-hati apabila ingin dimasukkan dalam minuman. Dalam beberapa kasus, chia seed dapat membuat tersedak.
  • Alergi. Jika terasa alergi setelah mengonsumsi chia seed seperti kesemutan pada bibir dan lidah, segera konsultasi untuk segera mendapatkan penanganan.

Manfaat chia seed untuk kesehatan sangat banyak karena mengandung berbagai manfaat untuk tubuh. Manfaatnya yang besar juga didukung dengan berbagai makanan olahan yang bisa dimasak bersama chia seed. Namun tetap waspada dan konsumsi sewajarnya agar tidak menimbulkan efek negatif untuk kesehatan.

Share artikel ini
Reference