cara merawat rambut rontok

Kerontokan rambut sering terjadi baik pada pria maupun wanita. Masalah kerontokan rambut sebenarnya tidak hanya terjadi di area rambut kepala saja. Namun, masalah rambut kepala inilah yang sering menjadi perhatian karena dapat mempengaruhi penampilan seseorang.

Normalnya kamu akan kehilangan 50 hingga 100 helai rambut setiap hari. Namun jumlah ini tidak terlalu signifikan karena terdapat lebih dari 100 ribu helai rambut di kepala. Rambut baru biasanya akan tumbuh menggantikan rambut yang telah lepas dari akarnya.

Entah karena faktor keturunan atau hormon, tidak sedikit orang yang mengalami rambut rontok parah dan tidak tumbuh rambut baru. Akibatnya, terjadi kebotakan, baik sementara maupun permanen.

Lantas, bagaimana cara merawat rambut rontok? dan apa penyebab rambut rontok terus? Yuk, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

10 cara merawat dan cegah rambut rontok

Untuk bisa mengatasi kerontokan rambut, perlu ada langkah khusus. Mulai dari peningkatan asupan nutrisi hingga terapi khusus untuk rambut. Berikut berbagai cara merawat rambut yang rontok yang bisa kamu coba segera:

1. Gunakan vitamin

Vitamin A, B, C, D, zat besi, selenium, dan zinc merupakan jenis vitamin rambut rontok yang berperan dalam pertumbuhan rambut.

Untuk membantu menjaga pertumbuhan rambut yang optimal, kamu dapat membeli suplemen yang mengandung vitamin tersebut di apotik.

2. Cuci rambut dengan rajin

Mencuci kulit kepala akan membuatnya tetap sehat dan bersih. Sehingga dapat meminimalisir berbagai kerusakan rambut seperti kerontokan.

Cara merawat rambut rontok harus dengan hati-hati terhadap pemilihan shampo. Pasalnya, shampo dengan kandungan atau senyawa kimia yang keras juga bisa membuat rambut cepat kering. Akibatnya, rambut menjadi mudah patah dan memicu kerontokan rambut.

3. Terapi laser

Cara ini cocok untuk orang yang mengalami kerontokan rambut karena faktor genetik atau kemoterapi kanker. Paparan laser tingkat rendah terbukti mampu mengembalikan ketebalan rambut.

Terapi laser ini bekerja dengan merangsang sel induk epidermis yang berperan dalam pertumbuhan rambut. Saat ini sudah banyak produk yang menawarkan terapi laser untuk dilakukan di rumah.

Ketahui 11 Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok di Bawah Ini!

4. Konsumsi obat-obatan medis

Obat yang biasa digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut adalah Minoxidil, Finasteride, dan Phenylephrine. Obat tersebut bisa mempercepat siklus tumbuhnya rambut kamu dengan baik.

Phenylephrine sendiri lebih cocok untuk kamu yang mengalami kerontokan rambut akibat penataan rambut yang berlebihan.

5. Ubah pola makan

Untuk menjaga kesehatan rambut, pastikan kamu mengonsumsi makanan yang tinggi zat besi, seng, dan vitamin B12.

Kandungan ini bisa kamu dapatkan dari makanan seperti kacang-kacangan, ikan, sayuran hijau, dan daging. Selain itu, folikel rambut juga sebagian besar terdiri dari protein.

6. Kelola stres dengan baik

Stres dapat memperlambat pertumbuhan rambut baru dan menyebabkan kebotakan. Cara merawat rambut rontok yang mungkin jarang disadari oleh banyak orang adalah mengelola stres dengan baik.

Pasalnya saat kamu mengalami stres, tubuh akan mengeluarkan hormon yang dapat merusak siklus pertumbuhan rambut. Hal ini menyebabkan pertumbuhan rambut lambat atau bahkan berhenti tumbuh.

20 Cara Menenangkan Pikiran Dari Stres Berkelanjutan

7. Rawat rambut dengan baik

Saat akan melakukan penataan rambut, ada baiknya hindari tindakan yang dapat merusak akar rambut.

Seperti terlalu banyak menggunakan setrika, pengering rambut, mengikat rambut menjadi ekor kuda, mengepang rambut dengan kencang, dan lain sebagainya.

Saat kamu mengalami gejala kerontokan rambut, ada baiknya kamu mengurangi penggunaan bahan kimia seperti pewarna rambut. Karena hal ini justru dapat memperburuk kondisi rambut kamu.

8. Gunakan berbagai bahan alami

Kamu juga bisa menggunakan berbagai produk perawatan rambut rontok yang khusus ditujukan untuk pertumbuhan rambut. Kamu bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti:

Minyak zaitun

Penggunaan minyak zaitun secara rutin dapat melembabkan rambut dan melindunginya dari kerusakan seperti kerontokan rambut, termasuk yang disebabkan oleh faktor genetik.

Caranya tidak terlalu sulit. Cukup oleskan beberapa sendok makan minyak zaitun langsung ke rambut dan kulit kepala kamu, pijat, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

Minyak kelapa

Cara merawat rambut rontok juga bisa menggunakan minyak kelapa. Ada sebuah studi tahun 2018 yang diterbitkan dalam Journal of American College of Nutrition, minyak kelapa dapat membantu mencegah dan mengobati beberapa kerusakan rambut yang disebabkan oleh perawatan dan paparan sinar ultraviolet dari matahari.

6 Manfaat Minyak Kelapa untuk Wajah, Cerahkan Kulit

Kandungan asam laurat yang ada pada minyak kelapa dapat membantu mengikat protein pada rambut, melindunginya dari kerusakan akar dan helai rambut. Selain itu, memijat kepala yang telah diberi minyak kelapa juga dapat memperlancar aliran darah.

Aliran darah diperlukan untuk menjaga akar rambut tetap kuat, mencegah kerontokan, dan merangsang pertumbuhan rambut baru. Jika kamu tertarik mencobanya, gunakan minyak kelapa murni.

9. Transplantasi rambut

Transplantasi rambut direkomendasikan untuk rambut rontok permanen. Prosedur ini dapat dilakukan dengan memanfaatkan rambut pasien yang ada.

10. Imunoterapi

Imunoterapi juga bisa digunakan sebagai cara untuk mengatasi kerontokan rambut atau kebotakan.

Mengapa rambut rontok terus?

Cara mengatasi rambut rontok

Manusia umumnya kehilangan 50-100 helai rambut setiap harinya, dan seringkali tanpa disadari. Sebagian besar rambut rontok tidak perlu dikhawatirkan. Namun, rambut rontok atau kebotakan juga bisa menjadi pertanda penyakit tertentu, sehingga perlu diwaspadai.

Penyebab rambu rontok adalah helaian rambut yang tidak tumbuh kembali setelah rontok. Akibatnya, rambut terlihat tipis atau botak. Beberapa jenis kerontokan rambut bersifat permanen, seperti pola kebotakan pria dan wanita. Ada beberapa penyebab umum mengapa rambut kamu rontok, antara lain:

  • Kurangnya asupan nutrisi
  • Efek samping konsumsi obat
  • Pengaruh psikologis
  • Perubahan hormon

Sebuah studi tahun 2017 menemukan bahwa beberapa peserta penelitian yang mengalami kerontokan rambut memiliki asupan protein dan asam amino yang rendah.

Perlu kamu ketahui bahwa kurangnya nutrisi yang tepat juga dapat menyebabkan rambut menjadi rapuh dan mudah rontok. Makanan kaya protein ini bisa didapatkan dari makanan tertentu, seperti telur, ikan, dan daging.

Vitamin yang bagus untuk rambut rontok

Cara merawat rambut rontok juga bisa dengan menggunakan beberapa vitamin ampuh dalam membantu mencegah kerontokan rambut. Dermatologi dan Terapi telah meneliti peran berbagai vitamin dan mineral dalam mencegah kerontokan rambut.

Kekurangan vitamin bisa menjadi faktor risiko rambut rontok. Beberapa vitamin dan mineral yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut adalah:

  • Selenium
  • Vitamin B
  • Seng
  • Vitamin D
  • Besi
  • Vitamin A
  • Vitamin C
  • Vitamin E

Kerontokan sendiri bisa muncul di semua area tubuh tempat tumbuhnya rambut. Gejala yang muncul juga beragam. Tergantung lokasi jatuhnya hingga tingkat keparahannya.

Share artikel ini
Reference