manfaat prp wajah
Hidup Sehat Style & Makeup

Kulit Mulus Dan Sehat Dengan Manfaat PRP Wajah

Imelda Rahmawati | Maret 14, 2022
Share

Kamu yang suka update hal-hal seputar perawatan wajah, mungkin sudah mengenal PRP atau platelet rich plasma. Manfaat PRP wajah biasanya cukup instan dan cocok buat kamu yang ingin menyelesaikan masalah kulit wajah dengan cepat.

Perawatan PRP wajah biasanya disandingkan dengan dengan perawatan microneedling dan keduanya biasa ditawarkan dalam satu paket. Yuk, kenali lebih lanjut perawatan satu ini.

Mengenal PRP wajah

PRP adalah platelet rich plasma atau zat yang dianggap meningkatkan penyembuhan kulit wajah. Plasma adalah komponen darah kamu yang mengandung faktor khusus, atau protein yang mendukung pertumbuhan sel. Para peneliti menghasilkan PRP dengan mengisolasi plasma dari darah hingga menjadi zat konsentrasi khusus.

Biasanya PRP juga merupakan prosedur untuk meningkatkan penyembuhan dan mengurangi durasi kemerahan dan pembengkakan yang terlihat setelah microneedling.

Manfaat utama dari microneedling adalah memperbaiki tekstur kulit. Ini dilakukan dengan merangsang kolagen, yang sangat bagus untuk meremajakan kulit. Hasilnya, kamu dapat memperbaiki sejumlah masalah kulit seperti bekas luka.

Teknik ini juga sering disebut sebagai vampir facial karena menggunakan material dari tubuh sendiri, biasanya darah dari pelanggan. Karena proses perangsangan tersebut membuat kulit memerah dan bengkak untuk waktu yang cukup lama, PRP menjadi solusi agar kamu bisa segera mendapatkan wajah normal. Selain untuk wajah, kedua prosedur ini dapat digunakan untuk bagian kulit tubuh lainnya.

Manfaat PRP wajah

1. Mengatasi photodamage

Photodamage disebabkan oleh UV yang mengakibatkan munculnya flek hitam di wajah sebagai akibat menurunnya jumlah kolagen. Dengan PRP, pasokan kolagen akan diisi ulang untuk menambah kekebalan kulit terhadap UV.

2. Menghilangkan bekas jerawat

PRP akan mendorong regenerasi sel kulit baru yang akan menyamarkan bekas jerawat. Lambat laun, kulit akan kembali normal dan bekas jerawat akan hilang.

3. Mengurangi kerutan pada kulit

Injeksi plasma darah ke dalam tubuh akan menstimulasi pertumbuhan kolagen dan elastin yang berperan dalam kesehatan kulit wajah. Semakin bertambah usia, jumlah aliran darah akan berkurang dan terjadinya kerusakan kolagen. Keduanya dapat diminimalkan dengan PRP.

4. Mengecilkan pori-pori

Darah memiliki kolagen yang berfungsi sebagai perisai kulit. Kolagen inilah yang akan mengatur ukuran pori-pori. Semakin cukup kolagen dalam tubuh, ukuran pori-pori akan semakin kecil.

Prosedur PRP wajah

Saat ini cukup umum menggunakannya bersama dengan microneedling. Jarum suntik darah akan diambil, biasanya dari lengan kamu, sementara wajah mati rasa. Bahan PRP kemudian dipijat ke area perawatan, biasanya setelah microneedling. Perawatan microneedling menciptakan tusukan mikro terkontrol kecil di kulit, memungkinkan penetrasi PRP.

Solusi PRP kemudian dipijat ke area perawatan, biasanya setelah microneedling. Perawatan microneedling menciptakan tusukan mikro terkontrol kecil di kulit, memungkinkan penetrasi PRP.

Setelah prosedur PRP masuk ke kulit, dokter akan mengoleskan serum atau balsem untuk membantu meredakan kemerahan dan iritasi. Dokter akan meminta kamu untuk diam sementara guna melihat reaksi setelah perawatan. Bila tidak ada efek samping seperti alergi atau gatal-gatal, kamu bisa segera pulang dengan nyaman.

Pantangan setelah melakukan perawatan PRP

Untuk mendapatkan hasil maksimal manfaat PRP wajah, kamu biasanya mempunyai beberapa pantangan setelah perawatan. Sebenarnya, kamu dapat kembali ke bekerja keesokan harinya jika kamu mau. Mungkin masih ada beberapa kemerahan dan tanda-tanda iritasi ringan, tetapi kamu harus menghindari mengoleskan terlalu banyak produk skincare ke kulit.

Cukup bersihkan sekali sehari dan gunakan pelembap sesuai kebutuhan. Jika masih kurang, kamu bisa menggunakan alas bedak ringan untuk meminimalkan kemerahan. Dokter kamu mungkin juga merekomendasikan atau menyediakan produk tersendiri untuk membantu pemulihan kulit kamu.

Kamu sebaiknya menghindari produk berbasis alkohol dan exfoliant selama tahap pemulihan. Perlindungan matahari yang tepat juga sangat penting. Sampai kulit kamu benar-benar sembuh, hindari aktivitas berat yang dapat menyebabkan keringat berlebih dan produksi panas. Contohnya seperti berlari dan olahraga berat.

Berkeringat dapat menyebabkan iritasi tambahan, dan aktivitas berat dapat meningkatkan risiko pembengkakan atau memar. Ini biasanya harus dihindari setidaknya 72 jam setelah perawatan PRP.

Tips perawatan setelah PRP

1. Gunakan tabir surya

Selalu gunakan tabir surya selama 2 minggu pertama setelah microneedling dan PRP. Pastikan untuk mengoleskan tabir surya setiap kali kamu pergi ke luar pada hari-hari setelah perawatan kamu. Jangan menghabiskan waktu lama di bawah sinar matahari selama minggu pertama, karena kamu akan lebih rentan terhadap kerusakan akibat sinar matahari daripada biasanya.

2. Hindari penyebab infeksi

Gunakan krim antibiotik topikal yang diresepkan dokter untuk menghindari infeksi. Cuci tangan sebelum menyentuh wajah. Untuk melindungi kulit kamu, kamu juga harus menghindari kolam renang, sauna, dan situasi di mana kamu mungkin berkeringat banyak, termasuk olahraga intensif di gym.

3. Hindari skincare eksfoliasi

Hindari produk perawatan kulit yang mengandung bahan kimia keras yang dimaksudkan untuk mengelupas kulit mati di wajah. Jangan gunakan produk yang memiliki parfum dan juga zat pengelupasan seperti AHA. Retinol dan serum vitamin C harus dihindari setidaknya selama 48 jam pertama setelah microneedling.

Setelah 2 hingga 3 hari pasca microneedling dan PRP, kamu dapat berangsur menggunakan produk skincare seperti biasa. Jika kulit kamu terasa kering, gunakan pelembap dengan hidrasi tinggi untuk mengunci kelembapan dan menghidrasi wajah kamu setelah microneedling. Beberapa klinik kecantikan juga memberikan pelembap yang sudah disesuaikan untuk prosedur perawatan setelah PRP.

Photo by karelys Ruiz/Unsplash

Reference
Share