cara mengatasi overthinking

cara mengatasi overthinking

Pernahkah kamu merasa takut untuk memulai sesuatu yang baru? Misalnya, besok adalah hari pertama kamu bekerja di perusahaan yang baru.

Namun, beberapa hari sebelumnya kamu sudah gelisah dan berpikir takut jika melakukan kesalahan. Nah, kondisi tersebut bernama overthinking, lho.

Secara sederhana, overthinking adalah pola pikir yang berlebihan terhadap sesuatu. Efeknya, tentu tidak baik ke kesehatan mental seseorang.

Maka dari itu, cara mengatasi overthinking pun perlu dilakukan agar kesehatan mental tetap terjaga.

Jadi, overthinking adalah?

Melansir dari Great Minds Clinic, overthinking adalah berpikir terlalu banyak mengenai suatu hal yang sama secara berulang, lalu menganalisis peristiwa tersebut secara terus menerus.

Cara berpikir seperti itu akan membuat otak menjadi lemah sehingga tidak bisa memikirkan hal positif kembali.

Akibatnya, seseorang yang memikirkan suatu hal berlebih akan menjadi lebih stres dan cemas terhadap sesuatu yang sudah atau belum dihadapi.

Apa saja ciri-ciri overthinking?

Lantas, apa saja yang termasuk ke ciri-ciri overthinking? Menurut Verywell Mind, keempat hal di bawah ini bisa menjadi tanda jika kamu termasuk ke seseorang yang berpikir terlalu banyak.

overthinking
overthinking

1. Tidak berfokus pada solusi 

Seseorang yang overthinking kerap tidak berfokus pada solusi saat memiliki masalah. Contohnya, kamu memiliki masalah dengan A.

Namun, kamu hanya berpikir bahwa masalah yang dihadapi sangatlah berat sehingga tidak sanggup menjalaninya. Nah, pola pikir seperti itulah yang hanya berfokus pada masalah saja, bukan solusi.

2. Memikirkan hal yang sama berulang kali

Memikirkan hal yang sama secara berulang kali, apalagi hal buruk, bisa meningkatkan risiko seseorang memiliki masalah dengan kesehatan mentalnya.

3. Bergadang

Apakah kamu termasuk ke seseorang yang sulit tidur karena memikirkan banyak hal di malam hari? Jika iya, bisa jadi kamu termasuk ke seseorang yang mudah overthinking, lho.

Soalnya, saat kita berpikir terlalu banyak, otak akan kesulitan untuk beristirahat. Akibatnya, hal tersebut bisa mengganggu pola tidur seseorang.

4. Sulit membuat keputusan

Di saat seseorang yang mudah overthinking dihadapkan dengan dua situasi berbeda, ia akan merasa bingung dan membutuhkan waktu yang lama untuk memutuskan sesuatu.

Hal tersebut dikarenakan ia ingin menilai keputusannya dari sudut pandang yang berbeda-beda.

Bahkan setelah memutuskan sesuatu, ia akan selalu mempertanyakan apakah keputusannya tersebut adalah yang terbaik atau bukan.

Cara mengatasi overthinking

Jika kamu menjalani hari dengan ciri-ciri seperti di atas, mungkin kamu termasuk ke seseorang yang memiliki pola pikir terlalu berlebihan. Namun, kamu bisa mengatasinya dengan mudah, lho. 

Mengutip dari Healthline, berikut ini cara mengatasi overthinking yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

mengatasi overthinking
mengatasi overthinking

1. Mencari distraksi

Saat otak mulai berpikir jauh, cobalah untuk mencari distraksi secepat mungkin. Contohnya, kamu bisa melakukan hobimu saja seperti, membaca buku, menonton film, atau mengobrol bersama teman. Dengan begitu, otak tidak akan kelelahan karena harus berpikir panjang.

2. Tarik napas yang panjang

Ketika seseorang mulai mengalami overthinking, cara mengatasi yang tergolong sangat mudah adalah dengan menarik napas yang panjang dan dalam.

Dengan begitu, irama jantung pun akan ikut menyesuaikan sehingga rasa gelisah yang dirasakan pun akan berkurang.

3. Meditasi

Cara mengatasi overthinking lainnya adalah dengan rutin melakukan meditasi setidaknya selama 5 menit di tempat yang sepi. Sebab, meditasi terbukti mampu menjernihkan pola pikir seseorang.

4. Melakukan sesuatu yang baik

Daripada kamu memikirkan berbagai hal di kepala, alangkah baiknya untuk mengalokasikan waktu tersebut untuk menolong orang lain.

Hal ini terbilang baik dilakukan karena bisa mencegah adanya pikiran negatif yang datang.

5. Mengenali pola pikir yang negatif

Latihlah diri kamu untuk mengenali pola pikir yang negatif. Jika pemikiran tersebut mulai datang, tulis semua pikiran tersebut di sebuah buku catatan.

Kemudian, evaluasi satu per satu sehingga kamu bisa menemukan jawaban atau solusi atas pemikiran tersebut dan mengatasi overthinking.

6. Puji diri sendiri

Tidak ada salahnya untuk memuji diri sendiri sebagai bentuk apresiasi, lho.

Sebab, hal tersebut bisa memberikan bukti bahwa kamu sudah bekerja keras dan tidak perlu memikirkan hal-hal buruk.

Soalnya, memuji diri sendiri menjadi salah satu cara mengatasi overthinking yang cukup mudah.

7. Sadari keadaan sekitar

Usahakan untuk selalu sadar akan keadaan di sekitar.

Contohnya, jika kamu sedang berada bersama keluarga, pikirkan bahwa momen tersebut lebih penting daripada pemikiran negatif yang muncul. Sehingga, kamu akan lebih menghargai momen yang sedang berlangsung.

8. Rangkul rasa ketakutan tersebut

Tentu, beberapa hal memang akan selalu berada di luar kendali kita. Maka dari itu, kamu perlu menerimanya dengan merangkul perasaan apapun yang dialami termasuk takut.

Sebab, perasaan menerima emosi yang positif maupun negatif bisa ikut membantu meningkatkan kesehatan psikologis.

9. Konsultasi

Jika kamu sudah melakukan berbagai hal di atas, tetapi masih merasa overthinking, cara mengatasinya yang terakhir ialah dengan berkonsultasi kepada psikolog.

Tujuannya, agar psikolog bisa membantu kamu untuk membangun pola pikir yang positif.

Nah, itu dia pengertian, ciri-ciri, hingga cara mengatasi overthinking yang kerap kamu rasakan.

Jika kamu termasuk ke salah satu yang sering merasakannya, coba latih diri untuk selalu berpikir positif dengan mencari distraksi, ya.

Share artikel ini
Reference