kalori fitbar

kalori fitbar

Fitbar adalah camilan yang mengandung australian oat, corn flakes, dan rice crispy. Berbagai komposisinya tersebut kaya akan serat sehingga fitbar terkenal sebagai camilan rendah kalori.

Bukan tanpa alasan, camilan ini juga bisa dijadikan pilihan kalau kamu ingin merasa kenyang lebih lama.

Sebab, ada kandungan granola atau sereal yang sering dijadikan sebagai menu sarapan. Menariknya lagi, camilan fitbar tak perlu kamu siapkan di sebuah mangkuk atau wadah tertentu.

Yap! Kamu bisa langsung mengonsumsinya dengan membuka bungkus plastiknya saja.

Nah, buat kamu yang belum tahu atau malah menyukai fitbar, artikel kali ini akan membahas tentang jumlah kalori, varian rasa, hingga resep granola sehat yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Yuk, simak!

Berapa kalori fitbar?

Kalau dilihat dari komposisinya, jumlah kalori fitbar memang tidak terlalu tinggi. Dalam sebungkus camilan tersebut, kamu bisa mendapatkan sekitar 104 kalori.

Dari total kalori, ada berbagai kandungan nutrisinya juga, seperti 4 gram lemak, 15 gram karbohidrat, 2 gram protein, 6 gram gula, dan 50 miligram sodium.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, fitbar memiliki karbohidrat yang cukup tinggi. Maka dari itu, tak heran kalau camilan ini bisa membuat kamu jadi lebih kenyang.

Varian rasa fitbar

Nah, dengan jumlah kalori yang rendah, kamu bisa menjadikan fitbar sebagai camilan yang bisa dibawa ke mana-mana.

Apalagi, fitbar juga tidak mengandung kolesterol dan lemak jahat untuk tubuh. Jadinya, ketika rasa lapar melanda, kamu bisa langsung memakan camilan ini saja.

Kalau kamu ingin mencoba fitbar, ada berbagai varian rasa yang bisa dipilih sesuai selera, seperti berikut ini.

Fitbar tiramisu

Pada dasarnya, tiramisu adalah makanan khas Italia rasa kopi. Hingga saat ini, tiramisu sudah menjadi resep yang telah diadaptasi menjadi banyak jenis kue dan makanan penutup lainnya, termasuk fitbar.

Kalau kamu penggemar kopi, maka varian fitbar rasa tiramisu bisa menjadi pilihan yang tepat. Tenang saja, jumlah kalori di dalam fitbar tiramisu hanya sekitar 90 kalori saja.

Fitbar cokelat

Hampir seluruh camilan atau makanan penutup selalu identik dengan rasa cokelat. Jangan salah, cokelat juga termasuk ke rasa yang paling digemari banyak orang. 

Bahkan, mengonsumsi cokelat bisa membuat suasana hati seseorang jadi lebih baik. Sama seperti tiramisu, di dalam sebatang fitbar cokelat, ada 90 kalori di dalamnya.

Fitbar buah

Kalau kamu tidak terlalu suka camilan atau makanan penutup yang manis, maka bisa pilih varian fitbar rasa buah-buahan.

Yap! Varian buah ini terbuat dari anggur asli yang bentuknya menyerupai kismis. Maka dari itu, kami bisa mendapatkan manfaat lebih untuk kesehatan mata dan tulang karena kandungan kismis di dalamnya.

Fitbar kacang

Selain rasa buah, kamu juga bisa menemukan varian rasa fitbar kacang di berbagai swalayan. Untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan, maka fitbar rasa kacang bisa menjadi pilihan terbaik.

Sebab, camilan ini terbuat dari kacang tanah asli dengan jumlah 90 kalori.

Resep granola tanpa dipanggang

Dengan berbagai manfaat baik tersebut, kamu tentu bisa menjadikan fitbar sebagai camilan.

Namun, kalau kamu mau mengonsumsi yang versi lebih sehatnya, maka bisa membuat granola sendiri tanpa dipanggang di rumah.

Tenang saja, resep ini mudah dibuat dan bisa kamu buat tanpa oven, lho. Akan tetapi, sebelum membuatnya, ini dia bahan-bahan untuk membuat granola yang perlu kamu siapkan.

  • 200 gram oatmeal
  • 80 gram kacang almond
  • 60 gram selai kacang
  • 150 gram kurma
  • 55 ml madu
  • Minyak kelapa
  • Kismis atau anggur kering

Kalau semua bahannya sudah terkumpul, kamu bisa membuat granola tanpa dipanggang dengan mengikuti resep di bawah ini.

  1. Goreng seluruh oatmeal dan kacang almond di wajan tanpa minyak. Gunakan api kecil dan sangrai kacang-kacangannya selama 20-30 menit sampai ada aroma wangi.
  2. Pisahkan seluruh kurma dari bijinya dan cacah kasar.
  3. Campur semua bahan kering ke dalam mangkuk.
  4. Tambahkan selai kacang dan madu, lalu aduk hingga adonan sudah diuleni dengan baik.
  5. Siapkan loyang yang dilapisi kertas roti dan oleskan dengan minyak kelapa.
  6. Ratakan adonan tersebut dan lapisi dengan kertas roti lagi.
  7. Masukkan adonannya ke dalam freezer kulkas selama 20 menit sampai teksturnya padat.
  8. Kalau sudah beku, potong adonannya dan granola siap kamu santap.

Itu dia resep granola tanpa oven yang bisa kamu jadikan sebagai pengganti fitbar. Selain mudah, camilan ini juga lezat dan membuat kita jadi kenyang saat mengonsumsinya. 

Share artikel ini
Reference