cara yang tepat menggunakan sheet mask

Saat ini ada banyak brand skincare yang telah memproduksi produk sheet mask, baik brand lokal maupun luar negeri. Sheet mask merupakan cara mudah untuk memberikan nutrisi dan kelembaban pada kulit wajah. Saat ini, ada banyak sheet mask yang dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda, mulai dari lidah buaya hingga green tea. Setiap jenis masker memberi manfaat yang berbeda.

Menggunakan sheet mask merupakan salah satu cara merawat wajah yang dapat dilakukan dari rumah. Namun, beberapa orang belum mengetahui cara menggunakan sheet mask. Jika kamu salah satunya, maka simak artikel berikut sampai selesai, ya!

Apa itu sheet mask?

Sheet mask adalah skincare berupa lembaran tipis dan berbentuk wajah yang terbuat dari kapas, serat, atau selulosa. Cara menggunakannya yaitu dengan mengeluarkannya dari kemasan dan meletakkannya pada wajah.

Komposisi sheet mask sebagian besar adalah air. Sheet mask berfungsi untuk memenuhi kebutuhan dasar kulit. Jika kulit kamu terasa kering atau membutuhkan hidrasi, sheet mask bisa menjadi solusi yang efektif. Sheet mask merupakan skincare sekali pakai. Jangan memakai kembali sheet mask yang sudah pernah dipakai.

Kandungan dalam sheet mask

Kandungan yang terdapat dalam sebagian besar sheet mask, yaitu:

  • Asam hialuronat
  • Ceramide
  • Antioksidan
  • Vitamin
  • Asam Amino
  • Mineral

Asam hialuronat mengunci kelembaban dan memperbaiki tekstur kulit. Sementara ceramide bekerja dengan menghambat faktor eksternal yang bisa mengganggu lapisan lipid pada kulit. Antioksidan membantu melindungi kulit dari radikal bebas penyebab kerusakan sel yang bisa mengakibatkan penuaan kulit.

Manfaat sheet mask untuk kesehatan kulit

Manfaat sheet mask tidak terbatas pada satu hal saja. Manfaatnya tergantung pada formula sheet mask yang kamu gunakan. Namun, beberapa manfaat yang umumnya diperoleh dari menggunakan sheet mask, yaitu:

  • Memberikan hidrasi pada kulit agar tetap terlihat sehat dan bercahaya
  • Menghaluskan kulit
  • Melembutkan kulit
  • Meratakan warna kulit

Melihat beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari memakai sheet mask, maka hal ini bisa menjawab pertanyaan apakah sheet mask efektif untuk kesehatan kulit. Ya, sheet mask efektif untuk kesehatan kulit, namun perlu diikuti juga dengan pembersihan wajah menggunakan produk face wash dan pelembab harian.

Cara menggunakan sheet mask yang tepat

Berikut ini adalah beberapa cara menggunakan sheet mask yang tepat.

1. Membersihkan wajah terlebih dahulu

Sebelum menggunakan sheet mask, sebaiknya kamu selalu membersihkan wajah terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk menghilangkan semua kotoran pada kulit sehingga siap untuk menyerap vitamin dan nutrisi lainnya yang terkandung dalam sheet mask. Saat membersihkan wajah, pakailah air hangat untuk membilas, dan keringkan menggunakan handuk dengan lembut.

2. Memakai toner

Toner bisa menyeimbangkan pH kulit sehingga membantu membuka pori-pori kulit. Dengan cara ini, kulit akan menjadi netral dan siap menerima nutrisi yang diberikan oleh sheet mask. Aplikasikan toner ke kulit dan tepuk-tepuk menggunakan tangan dengan lembut.

3. Gunakan sheet mask secara perlahan

Ketika menggunakan sheet mask, tempellah mulai dari dahi kemudian perlahan-lahan ke wajah. Tempelkan lubang bagian mata dengan hati-hati, kemudian tempelkan masker pada wajah, di atas mulut sampai ke dagu. Upayakan permukaannya halus, tidak ada tonjolan atau kerutan pada sheet mask, sehingga seluruh kulit bisa memperoleh manfaatnya dengan maksimal.

4. Memijat wajah

Agar serum yang terdapat di sheet mask terserap secara optimal, coba lakukan pemijatan pada wajah dengan lembut. Agar lebih gampang, kamu bisa menggunakan alat roller wajah. Alat ini bisa membantu agar serum terserap lebih merata. Jika tidak ada roller, kamu bisa memijat wajah menggunakan salah satu jari.

5. Jangan terlalu lama menggunakan sheet mask

Mungkin kamu berasumsi bahwa semakin lama kamu menggunakan sheet mask di wajah, maka semakin banyak manfaat yang diperoleh. Namun, hal ini tidak benar. Pakai sheet mask sekitar sesuai petunjuk yang ada di kemasan. Jika kamu membiarkannya terlalu lama, hal ini justru bisa merusak kulit.

6. Jangan membilas wajah setelah menggunakan sheet mask

Banyak orang beranggapan perlunya mencuci wajah setelah melepas sheet mask. Melakukan hal ini justru akan menghilangkan manfaat serum yang terdapat pada sheet mask. Jika ada kelebihan serum di wajah setelah kamu melepaskan sheet mask, sebaiknya tepuk-tepuk perlahan wajah agar manfaatnya bisa diperoleh secara optimal.

7. Gunakan pelembab dan eye cream

Setelah itu, kamu bisa memakai pelembab untuk menjaga agar nutrisi dan hidrasi yang diberikan sheet mask tersegel dalam sel-sel kulit kamu. Kamu juga bisa mengaplikasikan sedikit eye cream untuk mencegah terbentuknya garis mata dan kerutan di bawah mata. Selain itu, penggunaan eye cream bertujuan untuk mengurangi lingkaran mata dan menghaluskan area mata.

Apakah sheet mask aman digunakan secara rutin?

Tidak ada aturan yang ditetapkan mengenai seberapa sering kamu harus menggunakan sheet mask. Kamu bisa menggunakan sheet mask sesering yang kamu inginkan. Sheet mask aman dipakai secara rutin, misalnya pada setiap malam. Tujuannya agar warna kulit tetap rata dan teksturnya tetap halus. Pastikan kamu mengikuti petunjuk yang tertulis pada kemasannya.

Namun, jika kamu memiliki jerawat atau kulit yang sangat sensitif, sebaiknya jangan terlalu sering menggunakan sheet mask. Jika kamu melakukannya, bukan manfaat yang bisa kamu peroleh, justru akan timbul iritasi pada kulit.

Tips memilih sheet mask yang baik

Saat kamu berencana untuk memakai sheet mask, sebaiknya jangan salah memilih produk sheet mask. Coba ikuti beberapa tips memilih sheet mask yang baik berikut ini.

  • Pilihlah sheet mask yang tidak mengandung fragrance dan paraben. Jika sheet mask mengandung bahan kimia yang keras, kulit akan menjadi sensitif.
  • Pakai sheet mask yang sesuai dengan kebutuhan kulit. Contohnya, bila kamu memiliki kulit yang kering, sebaiknya pakai sheet mask yang mengandung hyaluronic acid.
  • Jika kamu mempunyai alergi terhadap bahan tertentu, kamu bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum mengaplikasikan sheet mask.

Dalam hal merawat kulit, membersihkan wajah serta menggunakan sunscreen dan pelembab merupakan prioritas. Tetapi, sheet mask bisa menjadi pelengkap rutinitas perawatan kulit yang baik.

Share artikel ini
Reference