lelah setelah mudik

Perjalanan mudik terkadang tidak hanya membuat lelah secara fisik, tetapi juga secara mental. Lalu, bagaimana mengatasi lelah setelah mudik dan cara menjaga stamina saat mudik? Yuk, simak artikel ini, Yoonies!

Cara menjaga stamina saat mudik

Sebelum mengetahui cara mengatasi lelah setelah mudik, kamu perlu mengenali cara menjaga stamina saat mudik. Stamina penting agar selama perjalanan kamu dapat selalu berkonsentrasi sehingga terhindar dari hal-hal buruk.

1. Cek kesehatan tubuh

Beberapa hari sebelum mudik, penting untuk mengetahui kondisi kesehatanmu. Untuk mencegah lelah saat mudik, kamu tentu tubuh kamu harus fit.

2. Buat rencana yang matang 

Sebelum tiba ke kampung halaman, pastikan kamu riset terlebih dahulu mengenai tingkat keramaian, kemacetan hingga medan jalan yang akan dilewati, apalagi kalau kamu melakukan mudik melalui perjalanan darat.

3. Usahakan untuk banyak istirahat

Saat kamu membuat rencana perjalanan mudik, apalagi yang membutuhkan waktu panjang, pastikan untuk banyak istirahat. Istirahat sejenak setiap hari akan membantu kamu menghindari dari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan atau bahkan musibah di jalan. 

4. Bawa banyak air minum

Dengan membawa banyak air untuk diminum dapat mengurangi rasa lelah saat kamu pergi dari satu tempat ke tempat lain. Apalagi ketika kamu terjebak di mobil, kereta, kapal, atau kendaraan lainnya yang tidak menyediakan air minum kemasan.

5. Siapkan makanan kaya protein

Jika kamu berpuasa, usahakan untuk mengonsumsi makanan kaya protein untuk membuatmu kenyang lebih lama dan mencegah kamu cepat lapar.

Haid saat Mudik? Jangan Panik, Ini Cara Menjaga Vagina Tetap Bersih!

Cara mengatasi lelah setelah mudik

cara mengatasi lelah setelah mudik

Jika kamu berencana mudik dalam jangka waktu yang lama, pastikan kamu tidur dan beristirahat yang cukup sebelumnya agar tak merasa lelah setelah mudik. Lalu, bagaimana jika sudah merasa lelah setelah mudik? Berikut cara mengatasinya!

1. Beristirahat di rest area saat perjalanan pulang

Perjalanan pulang bisa sangat melelahkan. Oleh karena itu, pastikan kamu beristirahat di rest area untuk meregangkan badan dan beristirahat. Cara mengatasi lelah setelah mudik ini bisa kamu lakukan jika kamu melakukan perjalanan darat.

2. Mampir di tempat yang menyediakan layanan pijat

Berjalan atau duduk berjam-jam, harus berhimpitan dengan banyak orang akan membuat otot tegang dan rasa lelah yang luar biasa. Jika memungkinkan, cobalah gunakan atau mampir ke tempat yang menyediakan layanan pijat.

3. Istirahat total setelah mudik

Jangan memaksakan diri untuk melakukan aktivitas lain setelah mudik. Pastikan kamu tidur dan istirahat total setelah mudik sehingga kamu memberikan tubuh waktu untuk pulih kembali.

Tips Mudik Sehat agar Tetap Bugar dan Terhindar dari Masalah Kesehatan

Itulah cara menjaga stamina saat mudik dan mengatasi lelah setelah mudik. Semoga bisa membantu ya, Yoonies!


Penulis: Sabrina Mulia Rhamadanty

Share artikel ini
Reference