vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes

Daripada demam biasa, demam tifoid atau dikenal juga dengan tipes membutuhkan perhatian khusus pada proses pemulihan demi memperkuat sistem kekebalan tubuh. Agar tubuh recovery dengan cepat, disarankan mengonsumsi makanan dan vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes. Apa sajakah itu?

FYI, menurut data dari WHO, pada 2019, diperkirakan 9 juta orang menderita penyakit tipes dan 110.000 orang meninggal karena penyakit ini setiap tahunnya. Tipes atau demam tifoid adalah infeksi yang mengancam jiwa yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi

Bakteri ini biasanya menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi. Bakteri Salmonella typhi yang tertelan akan berkembang biak dan menyebar ke aliran darah hingga menginfeksi usus kecil (usus) dan menyebabkan demam tinggi, sakit perut, dan gejala lainnya.

Penyebab sakit tipes pada orang dewasa

Faktanya, kasus penyakit demam tifoid atau tipes lebih sering terjadi di lokasi padat penduduk yang memiliki sanitasi buruk atau kurang memadai karena biasanya Salmonella typhi menyebar melalui jalur fekal-oral melalui  air yang terkontaminasi, makanan yang kurang matang, benda yang membawa infeksi bakteri, serta menular dari pasien yang terinfeksi.

Bahkan, setelah pemberian antibiotik, sejumlah kecil orang yang sembuh dari demam tifoid masih memiliki bakteri yang hidup di tubuhnya. Walau tidak lagi menunjukkan gejala, tetapi mereka tetap mengeluarkan bakteri di tinja dan menyebarkannya.

Selain itu, penyebab sakit tipes pada orang dewasa juga bisa karena faktor berikut:

  • Bekerja atau bepergian ke daerah yang sering terkena demam tifoid
  • Bekerja sebagai ahli mikrobiologi klinis yang menangani bakteri Salmonella enterica serotype typhi
  • Melakukan kontak dekat dengan seseorang yang sedang terjangkit atau baru saja terjangkit demam tifoid

12 Gejala Demam Tifoid, Apa Saja? Yuk Waspadai Segera!

Ciri sakit tipes

ciri sakit tipes dan vitamin pemulihan setelah sakit tipes

Gejala atau ciri sakit tipes demam tifoid sering kali muncul dalam waktu 1-2 minggu setelah terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Dengan terapi, gejala demam tifoid akan mulai mereda dalam waktu 3-5 hari. 

Demam tifoid yang tidak diobati sering kali memburuk dalam beberapa minggu dan dapat menyebabkan komplikasi yang fatal. Adapun ciri sakit tipes, yaitu:

  1. Peningkatan suhu tubuh hingga mencapai 39,5°C atau lebih tinggi 
  2. Panas dingin
  3. Berkeringat
  4. Kelelahan
  5. Batuk
  6. Sulit buang air besar (sembelit)
  7. Sakit badan
  8. Sakit kepala

Pada kondisi yang parah, gejalanya dapat berupa:

  • Sakit perut
  • Kotoran encer (diare)
  • Ruam kulit 
  • Kehilangan selera makan
  • Kebingungan
  • Sulit berkonsentrasi 
  • Kotoran berdarah
  • Lesu dan lemah

14 Makanan untuk Penderita Tipes, Bantu Tambah Energi!

Makanan dan vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes

Selain mengonsumsi antibiotik untuk pengobatan tipes, kamu juga bisa mengonsumsi makanan dan vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes seperti berikut ini:

1. Yoghurt

Menurut penelitian, yoghurt mengandung Bifidobacterium yang dapat memperbaiki kembung dan mengganggu pergerakan usus pada pasien tipes dalam waktu 3-6 minggu. Jika menderita tipus, mengonsumsi yoghurt dapat membantumu meringankan beberapa gejala seperti kelelahan. 

Yoghurt adalah salah satu makanan probiotik terbaik dan probiotik adalah bakteri baik yang meningkatkan kesehatan dan mampu mengatasi berbagai penyakit. Kamu bisa memasukkan susu atau yogurt ke dalam menu makanan pagimu.

2. Pisang

Pisang termasuk dalam makanan berkalori tinggi sehingga dapat bermanfaat bagi penderita tipes untuk menambah berat badan. Tak bisa dipungkiri bahwa pisang sangat bergizi, sehat dengan nutrisi penting, seperti potasium serta vitamin C dan akan memberimu lebih banyak energi dan banyak antioksidan yang memberikan kekuatan untuk mengatasi gejala tipes.

3. Kentang rebus

Makanan untuk pemulihan setelah tipes selanjutnya, yaitu kentang rebus. Pasalnya, memperbanyak asupan karbohidrat juga membantu mengatasi gejala tipes. Kentang rebus bisa sangat membantu penderita tipes untuk mengatasi penurunan berat badan secara tiba-tiba ini karena kentang memiliki nilai kalori yang tinggi. 

Tak hanya itu, kentang merupakan sumber zat besi, potasium, dan vitamin C yang baik dan dapat bermanfaat untuk kekebalan tubuh, sehingga mempercepat pemulihan dari penyakit tipes.

4. Vitamin C

Vitamin C merupakan salah satu vitamin untuk pemulihan setelah tipes. Pasalnya, vitamin C dikenal sebagai antioksidan kuat yang dapat melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem imun. Selain itu, vitamin C juga berperan dalam pembentukan kolagen, protein yang diperlukan untuk proses penyembuhan luka. 

Untuk mendapatkan vitamin C, kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, seperti jeruk, stroberi, dan kiwi dapat membantu memenuhi kebutuhan vitamin C.

5. Vitamin D

Vitamin D juga sangat bagus bagi pemulihan setelah tipes sehingga fungsi kekebalan tubuh yang optimal. Sinar matahari adalah sumber vitamin D yang baik, tetapi kamu juga dapat mengonsumsi suplemen jika mengalami defisiensi. Pastikan berkonsultasi dengan tenaga medis/kesehatan sebelum mengonsumsi suplemen.

6. Vitamin B

Terakhir, vitamin untuk pemulihan setelah sakit tipes, yaitu kelompok vitamin B, seperti B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B3 (niacin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B9 (asam folat), dan B12 (kobalamin), semua vitamin ini memiliki peran penting selama proses pemulihan.

Vitamin B dapat membantu tubuh menghasilkan energi, menjaga fungsi saraf yang sehat, dan mendukung sistem kekebalan tubuh.

Itulah beberapa makanan dan vitamin untuk pemulihan setelah tipes. Pastikan sebelum mengonsumsi makanan di atas, kamu telah terlebih dahulu konsultasi dengan dokter sebelum mengubah diet atau mengonsumsi suplemen, terutama jika ada kondisi lain.

Selain itu, sebaiknya hindari makanan yang sulit dicerna, pedas, berlemak, atau berminyak. Semoga informasi di artikel ini bermanfaat untukmu ya, Yoonies!


Penulis: Silvia Wardatul

Share artikel ini
Reference