penyebab keputihan warna putih susu

penyebab keputihan warna putih susu

Terbilang normal dialami oleh seluruh wanita, keputihan adalah kondisi alami di mana keluarnya cairan dari dalam vagina dan rahim.

Biasanya, keputihan yang normal berwarna bening dan tidak mengandung bau menusuk. Namun, banyak juga wanita yang mengalami keputihan warna putih susu.

Apakah hal tersebut bisa dikatakan normal juga? Atau justru pertanda adanya masalah di dalam rahim? Agar tidak salah paham lagi, cari tahu informasinya di artikel ini, ya!

Keputihan warna putih susu, apakah normal?

Pada dasarnya, keputihan merupakan tanda kesehatan dari vaginamu. Tujuannya sendiri untuk menjaga sel dan jaringan vagina agar tetap lembab.

Salah satu penyebabnya tentu dikarenakan oleh hormon reproduksi wanita yang berubah-ubah sepanjang siklus menstruasi dan kehamilan.

Selain itu, keputihan juga menandakan bahwa vaginamu terjaga keseimbangan pH-nya. Namun, keputihan juga bisa menjadi pertanda bahwa ada masalah di area vagina, lho.

Kok, bisa? Sebab, keputihan yang normal seharusnya berwarna jernih. Sedangkan, banyak wanita yang mengalami keputihan warna putih susu.

Jadi, apakah keputihan warna putih susu bisa dibilang normal? Dikenal menyerupai putih susu atau putih telur, keputihan berjenis ini sebenarnya terbilang cukup normal, lho.

Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat mengalami keputihan warna putih susu, ya.

Penyebab keputihan warna putih susu

Nah, jika tubuhmu mengalami keputihan dengan tekstur kental dan berwarna putih susu, tandanya tubuhmu siap mengalami ovulasi atau indung telur berhasil melepaskan sel telur yang sudah matang.

Selain ovulasi, keputihan warna putih susu juga bisa mengartikan kalau kamu sedang dalam masa kehamilan. Biasanya, cairan tersebut berwarna putih susu tanpa ada bau sama sekali.

Jadi, penyebab keputihan warna putih susu merupakan tubuh yang siap mengalami ovulasi atau sedang masa kehamilan. Maka dari itu, kamu tidak perlu khawatir jika menghasilkan cairan tersebut, ya.

Kalau kamu mengalami keputihan warna putih susu diikuti dengan bau menyengat dan rasa gatal di area vagina, hal itu yang perlu segera diatasi.

Beberapa penyebab yang memungkinkan kamu mengalami keputihan warna putih susu dengan bau menyengat serta rasa tidak nyaman adalah:

1. Infeksi jamur vagina

Infeksi jamur vagina adalah kondisi di mana jamur berjenis Candida tumbuh di lapisan vagina. Adanya jamur yang bertumbuh ini membuat tubuh wanita memproduksi keputihan warna putih susu yang diikuti rasa gatal dan nyeri.

2. Vaginosis bakterialis

Vaginosis bakterialis adalah tumbuhnya banyak bakteri berjenis Gardnerella vaginalis di area vagina. Meningkatnya bakteri tersebut bisa menghasilkan keputihan warna putih susu yang diikuti bau tidak sedap.

3. Kolpitis

Sedangkan kolpitis adalah radang yang terjadi di area vagina dan leher rahim dikarenakan adanya jamur atau bakteri. Oleh sebab itu, penderita kolpitis akan mendapatkan cairan keputihan warna putih susu yang berbusa dan memiliki bau tidak sedap.

Itulah beberapa alasan di balik keputihan putih susu yang menyengat dari segi baunya. Tetapi, jika cairan keputihanmu hanya berwarna putih susu tanpa mengandung bau, hal tersebut menandakan kenormalan, ya.

Cara mengatasi keputihan warna putih susu

Memang terbilang normal, keputihan warna putih susu biasanya menjadi salah satu tanda dari siklus menstruasi wanita. Meskipun normal, kamu tetap perlu menjaga kesehatan supaya cairan tersebut tidak mengandung wewangian yang menandakan masalah vagina.

Cara mengatasi keputihan warna putih susu yang tidak normal sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter sesegera mungkin. Namun, jika kamu ingin memiliki keputihan warna putih susu dengan kondisi normal, berikut beberapa cara yang bisa dicoba:

  • Hindari pemakaian celana dalam yang lembab atau basah
  • Utamakan memakai pakaian dalam yang berbahan katun
  • Hindari penggunaan celana jins yang ketat, pakailah celana yang agak lebar agar bagian vagina tidak terhimpit celana
  • Hindari mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung karbohidrat tinggi (makanan manis)
  • Hindari douching (membersihkan vagina bagian dalam menggunakan air dan campuran cairan pembersih)

Kapan keputihan harus diperiksakan ke dokter?

Jika keputihan warna putih susu terbilang normal dialami wanita, lalu kapan keputihan harus diperiksakan ke dokter?

Jika keputihan yang kamu alami diikuti dengan beberapa gejala seperti:

  • Gatal
  • Sakit
  • Berdarah
  • Bau menusuk
  • Ruam atau luka di bagian area vagina
  • Sensasi panas seperti terbakar

Maka, kamu harus segera memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu alasan lebih lanjutnya. Jika keputihan yang kamu alami tidak diikuti beberapa gejala lainnya seperti yang disebutkan di atas, maka kondisi tubuhmu bisa terbilang normal.

Jadi, pastikan kamu memerhatikan tekstur dan kondisi keputihan tubuhmu, ya.

Share artikel ini
Reference