tujuan pacaran serius

Saat mendengar istilah ‘tujuan pacaran serius’, hal yang terpikirkan di kepalamu mungkin adalah pernikahan.

Anggapan ini memang tidak salah, tapi menurut Dr. Teresa K. Edward, seorang terapis pernikahan, pacaran yang serius lebih dari itu loh. Yuk, cari tahu selengkapnya!

Tujuan pacaran serius

tujuan pacaran

Dilansir dari berbagai sumber, tujuan pacaran bukan hanya untuk menemukan teman hidup. Tapi menjadi kesempatan untuk tumbuh dan berkembang menjadi orang yang sehat secara mental dan emosional.

Tujuan pacaran serius meliputi tiga poin berikut:

1. Mengenal diri sendiri dan orang lain

Pacaran memberi kamu kesempatan untuk belajar tentang diri sendiri, orang lain, dan hubungan. Hal ini memungkinkan kamu untuk mengetahui apa yang kamu sukai dan tidak sukai, dan apa yang bersedia kamu hadapi atau tidak. 

2. Membangun keterampilan hubungan

Hubungan pacaran menantang kamu untuk membangun keterampilan hubungan yang diperluka,  untuk mempertahankan hubungan jangka panjang yang sehat. Seperti keterampilan bernegosiasi, keterampilan resolusi konflik, dan keterampilan komunikasi dasar. 

Berkencan juga memberi kesempatan untuk membangun karakter melalui pengembangan kualitas seperti kesabaran, empati, kejujuran, dan pengendalian diri.

9 Ciri-Ciri Pacaran Sehat dan Cara Membangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

3. Mempraktikkan batasan

Mengenal apa yang menjadi tanggung jawab dan apa yang bukan tanggung jawab. Menetapkan batasan dalam hubungan pacaran bisa jadi lebih sulit daripada menetapkan batasan dalam pertemanan. Batasan mendefinisikan siapa dan apa yang kamu inginkan. Menerapkan batasan dengan tegas akan membuat hubungan lebih awet dan berkualitas.

Ciri-ciri hubungan serius

ciri-ciri hubungan serius

Tidak semua hubungan serius itu sehat atau layak untuk dilanjutkan, kenali ciri-ciri hubungan serius yang baik berikut ini:

1. Tidak terlalu terobsesi

Menurut sebuah studi tahun 2016 yang menghubungkan romansa dan penyalahgunaan zat, orang jatuh cinta akan memikirkan pasangan mereka lebih dari 85% sepanjang hari. Namun tahap ini akan pudar seiring berjalannya waktu dan memasuki tahap hubungan yang lebih serius.

2. Saling menjangkau satu sama lain

Menunjukkan kesetaraan minat dalam hubungan atau saling menjangkau satu sama lain, menjadi tanda bahwa hubungan kamu serius. Hal ini juga akan membuat pasangan merasa dicintai. Jika kamu merasa berusaha sendiri dalam hubungan, mungkin keseriusan pasangan kamu harus dipertanyakan lagi?

3. Tidak tertarik pada orang lain

Ketika kamu mulai merasa terikat dan serius menjalani hubungan, ketertarikan pada orang lain akan berkurang. Hal ini menjadi tanda bahwa langkah awal membangun hubungan serius telah berhasil.

Apa Itu Pacaran Virtual? Yuk Kenali Jenis Hubungan yang Satu Ini!

4. Kamu bebas berbicara tentang apa saja

Kamu mungkin merasa sulit untuk terbuka sepenuhnya di awal masa pacaran. Tapi ketika hubungan menjadi lebih serius, kamu akan merasa nyaman berbicara tentang apapun. Dia akan menjadi pendengar yang baik untuk segala topik pembicaraan.

5. Bisa bersama tanpa berhubungan seks

Hal ini mungkin tergantung pada dorongan seksual pribadi, seks yang konstan mungkin merupakan sesuatu yang kamu butuhkan dari pasangan. Tapi dalam hubungan yang berkomitmen, pasangan seharusnya tetap ingin bersama terlepas dari berhubungan seksual.

6. Mengingat hal kecil

Apakah dia ingat hari ulang tahun kamu? Apakah dia ingat tanggal kencan pertama? Jika dia melakukan hal-hal yang penuh perhatian seperti itu, berarti dia cukup serius dengan menjalin hubungan denganmu.

Hati-Hati, Ini 7 Dampak Pacaran Backstreet Bagi Kesehatan Mental

Bagaimana mengetahui apakah pacar serius

Jika kamu sedang berada dalam hubungan dan ingin tahu apakah pacar kamu serius atau tidak, berikut tanda-tandanya:

1. Dia selalu mendengarkanmu

Jika seorang dia serius, dia akan benar-benar mendengarkan dan dia tidak akan menganggap remeh apa pun yang kamu katakan. Kamu seharusnya dapat dengan mudah mengetahui apakah dia benar-benar mendengarkan. 

2. Dia membuat rencana masa depan

Jika kamu melihat dia membuat rencana masa depan denganmu, itu adalah pertanda yang sangat bagus. Semakin jauh rencananya, maka semakin baik. Artinya, dia mengharapkan hubungan terjalin dengan baik hingga masa depan.

3. Dia selalu mengecek kabar

Jika pasangan sudah lama tidak mendengar kabar dari kamu, dia seharusnya mengirim pesan atau menelepon meski hanya untuk menanyakan kabar. Hal ini menjadi tanda bahwa dia mungkin mulai merasa sedikit khawatir jika perasaanmu berkurang kepadanya.

4. Selalu membantu dalam masalah apapun

Pria suka memperbaiki sesuatu, dan sering kali ini adalah cara mereka untuk menunjukkan bahwa mereka peduli. Jika kamu bercerita tentang masalah yang dialami dan dia menawarkan solusi, itu adalah caranya untuk menunjukkan bahwa dia peduli dan serius dengan hubungan ini. 

5. Menjadikan kamu sebagai prioritas

Hal ini sebenarnya bisa kamu rasakan sendiri, apakah dia selalu menjadikan kamu yang utama atau tidak. Jika dia selalu membatalkan janji denganmu, bisa jadi kamu masih belum menjadi prioritasnya.  

6. Mengenalkan kepada temannya

Ketika dia memperkenalkan kamu kepada teman-temannya, itu adalah langkah yang cukup serius baginya. Dia tidak akan memperkenalkan kamu jika dia memiliki keraguan, atau jika dia berpikir mereka tidak akan menyukaimu. 

Tanda-tanda seseorang memiliki tujuan pacaran serius sebenarnya bisa kamu rasakan sendiri. Tapi mungkin kamu perlu adanya validasi atau panduan untuk meyakinkan dirimu. Semoga tips ini membantu membantu!

________

Penulis: Afifa

Share artikel ini
Reference