bahaya pacaran saat menstruasi

Mungkin masih banyak yang belum paham bahaya pacaran saat menstruasi? Pacaran yang dimaksud adalah kegiatan seperti berhubungan seksual, yang bisa saja membuat wanita tidak nyaman. Sedangkan kegiatan pacaran lain yang tidak melibatkan aktivitas seksual, tentunya tidak berbahaya.

Seperti yang kita ketahui, wanita haid akan menjadi lebih sensitif baik secara emosi atau fisik. Wanita akan mengalami kram perut, sakit pinggul, sakit kepala, dan mudah lelah. Emosi yang naik turun pun menjadi salah satu pengaruh hormone menstruasi.

Apakah boleh berciuman saat haid

Gaya Ciuman

Mungkin kamu bertanya-tanya, sampai mana batas pacaran saat sedang menstruasi, lalu bolehkan berciuman saat haid? Tidak ada larangan khusus dalam medis untuk tidak berciuman saat haid. Kamu boleh saja melakukannya asalkan berdasarkan persetujuan dari pacarmu.

Bahkan menurut berbagai sumber, ada manfaat saat berciuman. Salah satunya yaitu mengurangi rasa sakit kram dan potensi sakit kepala. Setiap kali kamu mencium seseorang, tubuh akan mendapat gelombang hormon perasaan baik oksitosin, dopamin, dan serotonin di seluruh sistemnya.

Cek Dulu Mitos Dan Fakta Berhubungan Badan Saat PMS

Hormon-hormon tersebut dapat menyebabkan pembuluh darah melebar dan aliran darah meningkat yang dapat membuat rasa sakit dan tekanan kram jauh lebih sedikit. Tapi cara tersebut tidak menjamin 100%, karena setiap orang memiliki respon tubuh yang berbeda. 

Efek samping berhubungan saat menstruasi

frekuensi hubungan suami istri

Beberapa wanita mengalami dorongan seksual yang lebih tinggi saat menstruasi. Siklus naik turunnya hormon-hormon saat haid, secara signifikan mempengaruhi libido atau dorongan seks. Sehingga kamu mungkin tidak bisa menahan untuk melakukan hubungan romantis dan seks. 

Namun berhubungan saat menstruasi tentu berbeda dengan biasanya, akan ada beberapa efek samping sepert:

1. Darah berceceran

Hubungan intim selama haid akan selalu menjadi urusan yang merepotkan. Oleh karena itu, kamu harus selalu menyiapkan handuk dan tisu, menstrual cup untuk seks oral. Hal ini menjadi alasan umum kenapa orang tidak mau melakukan seks saat haid.

2. Waktu haid lebih pendek

Melakukan hubungan intim dapat membantu mempercepat proses pelepasan lapisan rahim dan keluarnya cairan menstruasi, yang berarti periode menstruasi kamu bisa lebih cepat selesai, bahkan kurang dari seminggu.

4. Risiko tertular IMS (Penyakit Menular Seksual)

Sangat mungkin untuk tertular IMS seperti infeksi klamidia, herpes genital, sifilis, dll., selama periode menstruasi. Sebaiknya kamu tidak mengambil risiko melakukan hubungan seksual tanpa kondom saat sedang haid.

5. Kemungkinan kehamilan

Banyak wanita membuat kesalahan dengan berasumsi bahwa mereka tidak bisa hamil selama menstruasi. Kamu tetap harus menggunakan pelindung atau kontrasepsi selama hubungan seksual untuk menghindari kehamilan, sekalipun sedang haid.

Tiru Gaya Berhubungan Harmonis Ini Supaya Langgeng

Pantangan saat pasangan menstruasi

Periode menstruasi terkadang menjadi hal yang berat untuk wanita, sehingga perlu mendapat perhatian khusus. Jika pasangan kamu sedang menstruasi, sebaiknya hindari melakukan hal-hal berikut ini:

Mengonfirmasi PMS

Hanya karena wanita tahu mereka menjadi sedikit stress ketika haid, bukan berarti kamu bisa menanyakannya secara langsung mengenai gejala PMS tersebut, “kamu lagi PMS, ya?”. Terkadang beberapa wanita tidak mau mengakuinya, tanpa alasan yang pasti. Jadi, cobalah untuk lebih memahami pasangan. 

Berdebat 

Debat yang sehat bukanlah hal yang buruk, tapi jika pasangan kamu mendekati periodenya, mungkin lebih baik untuk tidak membuatnya gusar tentang perdebatan. Sebaiknya hindari perdebatan sekecil apapun dan ganti dengan topic yang lebih ringan.

Memintanya melakukan sesuatu

Bukan berarti wanita harus diperlakukan seperti putri selama periode mereka. Tapi akan lebih baik jika kamu tidak memintanya melakukan sesuatu, meskipun hanya pekerjaan ringan.  Menstruasi bisa menghabiskan energi dan membuat tubuh mudah lelah.

Tidak menjadi pendengar yang baik

Mungkin terkadang kamu lupa beberapa perkataan pasanganmu, hal ini terdengar sepele tapi bisa membuat wanita sangat marah. Mereka akan merasa seperti tidak memiliki pendengar yang baik. Jadi sebaiknya, kamu perhatian setiap ucapan pasangan dengan teliti ya!

Memaksa untuk bersosialisasi

Periode dan gejala pramenstruasi membuat situasi sosial menjadi sangat sulit. Sulit bagi wanita untuk bersosialisasi karena itu akan menjadi hal yang melelahkan. Jika pasanganmu hanya ingin diam di kamar seharian penuh, biarkan saja dan jangan mengusiknya.

Periode menstruasi beserta gejalanya akan datang setiap bulan. Akan lebih baik jika kamu dan pasangan sudah paham bagaimana cara menghadapinya sesuai dengan kesepakatan bersama.

Share artikel ini
Reference